Apakah Itu Kayu kumea?

Kayu kumea– Kayu yang saat ini menjadi kayu yang banyak diperdagangkan untuk pasar internasional. kayu yang berasal dari pulau sulawesi ini memiliki bobot yang keras dan berat.

Para produsen lantai kayu sering menggunakan jenis kayu kumea untuk Decking (Lantai kayu outdoor) dan flooring (lantai kayu indoor). karena kayu kumea termasuk kayu yang kuat dan keras serta memiliki corak yang sangat indah, sehingga kayu ini dijadikan lantai kayu.

Kayu ini memang kurang familiar di telinga masyarakat awam, akan tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Ciri-ciri kayu kumea

Jika anda membeli olahan kayu kumea, anda harus tahu ciri-ciri kayu kumea seperti apa. ciri-cirinya kayu ini berwarna teras coklat kemerahan atau garis-garis hitam tak beraturan. tekstur halus dan permukaan kayu mengkilap

Kayu ini memiliki jenis berat yang hampir sama dengan berat kayu merbau,dengan penyusutan yang terbilang sangat tinggi . bahkan kayu kumea jika masuk ke tahap pengeringan dengan cara di oven harus benar-benar hati-hati karena kayu ini mudah retak.

Penggunaan kayu kumea

Kayu kumea bisa anda gunakan sebagai bahan bangunan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan hujan serta kelembapan yang tinggi. karena seperti yang saya katakan di atas kayu ini mudah retak dan penyusutannya yang tinggi.

Kayu kumea termasuk kayu kuat kelas II, oleh karena itu bisa anda gunakan untuk keperluan kontruksi bangunan yang berat, seperti kuda-kuda dan tiang bangunan. tak hanya untuk bahan bangunan kayu kumea bisa di olah untuk bahan mebel seperti kusri, meja, dan tempat tidur. bahkan kayu ini bisa anda olah untuk arang juga

Jenis kayu asal sulawesi ini sering digunakan untuk plafon kayu atau lumber ceiling. kelebihan kayu kumea untuk plafon karena mampu menyerap panas pada siang hari dan mengeluarkan suhu hangat pada malam hari sehingga sangat baik digunakan untuk menjaga ke setabilan suhu sebuah ruangan.

Plafon merupakan bangunan yang menutupi langi-langit, tujuannya agar cuaca panas dan cuaca dingin bisa tertahan oleh plafon yang terbuat dari kayu.

Berbagai jenis plafon yang terbuat dari kayu keruing dan agathis, namun plafon yang menggunakan kayu kumea terbilang sangat baik. melihat dari corak kayu tersebut membuat hunian menjadi lebih elegan.

perbandingan kayu kumea dengan kayu kempas, kayu rengas, dan kayu kamper

Kayu kempas

Kayu yang banyak tumbuh di sumatera, kalimantan, dan bangka belitung termasuk kayu yang keras. kayu ini mampu menahan beban kontruksi bangunan berat seperti bantalan rel kereta api dan tiang bangunan.

Kayu ini jarang digunakan untuk bahan mebel karena keawetannya sangat rendah. namun ketika di olah menjadi penutup lantai atau lantai kayu. kayu ini diawetkan terlebih dahulu.

Baca juga kayu kempas

Kayu rengas

Kayu rengas bisa dikatakan sebagai kayu yang multifungsi, bisa digunakan untuk beban kontruksi berat dan untuk keperluan furniture. kayu ini termasuk kayu keras dan kuat bahkan anti rayap.

mungkin anda pernah mendengar kayu jati sebagai kayu yang berkualitas tinggi, akan tetapi jika keuangan anda belum cukup anda bisa menggantinya dengan kayu rengas, kayu ini sebagai alternatif pengganti kayu jati melihat harga kayu jati yang sangat mahal.

Kayu rengas termasuk kayu kuat kelas II dan keawetannya kelas II pula. anda bisa menemukan olahan kayu ini di toko-toko furniture.

Kayu ini terkenal sangat berbahaya karena getahnya yang beracun apabila terkena kulit, namun semua hal itu bisa di atasi apabila kayu ini telah menjadi furniture dan lantai kayu parquet.

Baca lebih lengkap kayu rengas

Kayu kamper

Kayu yang berasal dari samarinda terkenal akan baunya yang bau kapur barus, namun jangan salah dengan kualitas kayu ini, kayu yang sangat kuat dan tahan hama.

Kelebihan dari kayu kamper sangat istimewa, memiliki serat yang indah, memiliki kekuatan dan keawetan, dan tahan rayap.

Tak ada salahnya jika kayu ini sebagai pengganti kayu kumea, karena kualitasnya hampir sama.

selengkapnya baca kayu kamper

Tiga jenis kayu di atas sudah terbukti kualitasnya, kayu-kayu tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda. jadi ketika anda membeli material yang menggunakan kayu gak usah ragu lagi menggunakan jenis kayu yang saya bahas di atas.

Karena di indonesia yang termasuk kayu berkualitas tinggi tak hanya kayu kumea saja, banyak jenis kayu berkualitas lainnya yang bisa anda bedakan melalui harga kayu tersebut.

Semoga artikel ini sangat membantu anda, karena saya tahu bahwa kayu kumea tidak begitu familiar. berbeda dengan kayu jati dan kayu merbau yang sudah sangat terkenal. kayu kumea sebenarnya memiliki kualitas yang baik dari segi kekuatan dan keawetan. makanya semua orang wajib tahu soal kualitas kayu kumea ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: