Perbandingan karakteristik keramik dan lantai kayu

Lantai kayu atau lantai keramik ? yuk kita lihat perbandingannya

Penutup lantai merupakan sebuah material yang wajib ada dalam membangun sebuah bangunan, peran lantai pada sebuah ruangan sangat lah penting sebab jenis lantai yang kita pilih akan menentukan suatu ruangan menjadi lebih indah atau biasa-biasa saja.

Terkadang kita bingung ketika memilih jenis lantai yang akan kita gunakan sebagai penutup lantai di dalam rumah, bahan seperti apakah yang cocok untuk dijadikan lantai. Setidaknya ada dua jenis lantai yang secara penggunaannya kian meningkat dari tahun ke tahun, produk lantai tersebut antara lain yaitu lantai keramik dan lantai kayu.

perbandingan harga lantai kayu dan keramik

Lantai kayu dan lantai keramik memang menjadi jenis lantai yang sangat primadona untuk dijadikan bahan penutup lantai dirumah karena memiliki tingkat kualitas dari segi kekerasan, ketahanan dan keawetan yang cukup mirip. akan tetapi, yang manakah yang lebih baik lantai keramik atau lantai kayu? simak ulasannya di bawah ini:

Perbandingan lantai kayu dan lantai keramik

Lantai kayu

Harga jual lantai kayu

Lantai kayu atau yang lebih dikenal dengan sebutan flooring parket ini merupakan sebuah produk penutup lantai yang dominan di aplikasikan terhadap ruangan tertutup (indoor), jenis lantai ini terbuat dari kayu yang tergolong ke dalam jenis kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling, kayu mahoni dan lain sebagainya yang di kenal sebagai lantai kayu solid.

Tidak sembarangan jenis kayu bisa digunakan sebagai bahan pembuatan lantai kayu, harus terbuat dari jenis kayu yang sudah di jelaskan di atas. Hal ini bertujuan agar lantai kayu dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan perlu Anda ketahui bahwasanya jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan lantai kayu tahan terhadap serangan rayap, kutu kayu hingga jamur.

Lantai parket terbuat dari kayu utuh yang dikirim langsung ke produsen untuk di potong hingga berbentuk persegi atau lempengan, lalu di proses lebih lanjut hingga mendapatkan kadar MC (Moisture Content) atau syarat tertentu untuk di gunakan sebagai keperluan penutup lantai.

desain lantai kayu minimalis

Apakah Anda menyukai tampilan rumah yang eksklusif dan natural? jika iya, lantai kayu dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah serta bernilai seni tinggi dengan sentuhan alami. Lalu, apa saja kelebihan lantai kayu yang tidak dimiliki lantai keramik? simak ulasannya dibawah ini:

Kelebihan lantai kayu yang tidak dimiliki lantai keramik

Memiliki sifat yang empuk

Walaupun terbuat dari jenis kayu keras, tetapi lantai kayu yang sudah terpasang akan bersifat empuk bila kita pijak. Sifat empuk ini juga dapat meminimalisir cedera parah bila terjatuh ke bawah lantai, maka tak heran jika lantai kayu sering digunakan sebagai penutup lantai di sarana olahraga seperti lapangan basket dan lapangan badminton agar meminimalisir cedera fatal pada seorang atlet.

Memiliki kesan hangat

Lantai kayu dapat menyerap dan menyimpannya suhu panas pada waktu siang hari yang kemudian pada waktu malam hari suhu panas tersebut akan dikeluarkan oleh lantai kayu, Sehingga ruangan akan terasa hangat. Lantai kayu menjadi solusi sebagai penutup lantai untuk daerah rumah yang iklim cuacanya sering terkena hujan dan bersuhu dingin.

Baik untuk kesehatan

Penggunaan elemen kayu pada sebuah rumah dapat memberikan efek positif terutama pada kesehatan Anda dan keluarga, seperti yang dikatakan oleh para penitili akhir-kahir ini bahwasanya menggunakan material kayu di rumah dapat menurunkan tingkat stress dan meningkatkan produktivitas.

Terdapat juga jenis lantai kayu yang dapat memberikan dampak positif bagi pengunannya yaitu lantai kayu merbau, kayu merbau ini dapat mengeluarkan semacam senyawa ION negatif yang dimana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan.

Baca juga: Harga lantai kayu 2021

Memiliki warna yang khas

Warna khas yang dimiliki lantai kayu dapat membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan terlihat elegan, karena lantai kayu dapat menyesuaikan diri dengan ruangan. Solusi agar ruangan terlihat lebih enak di pandang, cobalah untuk mengkombinasikan antara warna ruangan dengan warna khas lantai kayu, dijamin ruangan yang akan Anda tinggali memiliki karakter tersendiri.

Dapat di perbaharui

Bila terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama lambat laun warna permukaan lantai kayu akan terlihat memudar dan kusam, diusahakan sebelum memasang lantai kayu pastikan ruangan tidak terdapat paparan cahaya matahari yang terlalu besar.

Bila warna permukaan lantai kayu sudah terlajur memudar, solusinya yaitu melakukan pembaharuan ulang lantai kayu atau yang lebih di kenal dengan sebutan coating ulang sehingga lantai kayu akan terlihat baru kembali.

Lantai kayu yang cocok untuk diaplikasikan terhadap area terbuka yaitu lantai kayu outdoor atau jenis produk tersebut lebih dikenal dengan sebutan decking kayu.

Dapat meningkatkan nilai jual properti/rumah

Kelebihan ini menjadi bonus dalam menggunakan sebuah produk lantai kayu di dalam rumah. pasalnya, lantai kayu dapat meningkatkan nilai jual rumah menjadi lebih mahal sehingga sangat cocok untuk di jadikan sebagai investasi.

Notes

Perlu diketahui, bahwasanya lantai kayu memerlukan perawatan yang cukup insentif. Cara merawat lantai kayu bisa Anda lakukan dalam tahap harian, mingguan dan tahunan, Langkah kecil yang bisa Anda lakukan dalam mencegah pelapukan terhadap permukaan lantai kayu yaitu dengan cara membersihkannya dari berbagai debu dan kotoran yang menempel.

Lantai keramik

lantai keramik

Lantai ubin atau lantai keramik merupakan sebuah jenis lantai yang cukup populer, hampir setiap rumah yang kita temui memakai lantai keramik sebagai bahan penutup lantainya. Seiring berjalannya waktu , penggunaan lantai keramik ini kian meningkat dari tahun ke tahun sama halnya dengan lantai kayu.

Lantai keramik ini terbuat dari tanah liat yang dipanaskan lalu di bentuk sedemikian rupa hingga berbentuk persegi, memang sudah idealnya jenis lantai ini berbentuk persegi. Akan tetapi, sebuah inovasi baru muncul yang dimana kini lantai keramik terdapat berbagai bentuk yang bervariasi.

Desain rumah minimalis lantai keramik

Alasan mengapa orang-orang memilih lantai keramik yaitu karena lantai keramik dapat di terapkan pada ruangan tertentu, tidak seperti lantai kayu yang memiliki dua jenis produk untuk di pasangkan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Inilah dia kelebihan lantai keramik yang tidak dimiliki lantai kayu, simak ulasanya di bawah ini:

Kelebihan lantai keramik yang tidak dimiliki lantai kayu

Memiliki sifat fleksibel

Salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri dari lantai keramik yaitu sifatnya yang fleksibel, lantai keramik dapat di aplikasikan terhadap ruangan-ruangan yang cukup sulit untuk di terapkan lantai kayu.

Memiliki bentuk yang beragam

Idealnya lantai keramik itu berbentuk persegi, tetapi seiring berjalannya waktu para produsen menemukan inovasi baru untuk membuat lantai keramik sesuai kebutuhan dan bervariasi. Tidak hanya bentuk, tetapi terdapat motif beragam seperti salah satu contohnya yaitu lantai keramik motif kayu.

Tidak mudah terbakar

Lantai keramik memang sulit untuk terbakar karena terbuat dari tanah liat, maka tak heran jika lantai keramik ini sering di terapkan pada aktivitas lingkungan yang berdekatan dengan api seperti contohnya dapur.

Mudah dicari

Hampir setiap toko yang menyediakan bahan material bangunan menyediakan lantai keramik, berbeda halnya dengan lantai kayu yang hanya dijual oleh toko-toko tertentu.

Mudah cara merawatnya

Merawat lantai keramik merupakan hal yang tidak terlalu sulit, Anda bisa melakukannya dengan cara menyapunya untuk membersihkan debu sedangkan untuk noda membandel anda bisa melakukan tindakan dengan cara mengepel lantai keramik.

Harganya murah

Selain mudah dicari di berbagai toko bangunan, lantai keramik pun memiliki harga jual yang cukup terjangkau oleh semua kalangan. Hal ini tak heran jika penggunaan lantai keramik semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Notes

Anda harus berhati-hati ketika memakai lantai keramik, karena lantai keramik memiliki sifat keras yang dimana hal tersebut dapat menimbulkan cedera fatal bila terjatuh ke bawah lantai. Tidak hanya itu, lantai keramik juga memiliki kesan yang dingin sehingga memakai lantai keramik akan rentan terkena penyakit seperti rematik.

Mudah retak jika terkena benturan dari berbagai furniture keras dan memerlukan tenaga kerja yang ahli ketika proses pemasangan karena harus tersusun rapih agar tidan berantakan, Sama halnya dengan lantai kayu.

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini seputar perbandingan antara lantai keramik dengan lantai kayu, semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang ingin memasang jenis lantai di dalam rumah. Terimakasih

Ingin memasang lantai kayu? kunjungi website kami untuk melihat-lihat terlebih dahulu produk lantai kayu berkualitas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *