pilih lantai vinyl atau keramik, mana yang lebih baik?

Lantai Vinyl atau Keramik. Mana Yang Lebih Baik?

Dalam sebuah hunian rumah minimalis, material lantai merupakan bahan yang amat sangat penting digunakan. sebab, selain berfungsi sebagai penutup lantai tetapi juga dapat memberikan keindahan akan sebuah tampilan hunian.

Kita sebagai pemilik rumah tentunya ingin yang terbaik dalam pemilihan elemen dekorasi yang akan di aplikasikan sebagai interior atau ekterior hunian, terutama pada lantainya.

perbandingan lantai vinyl dan keramik

Berbagai jenis lantai yang tersedia di pasaran dapat kita gunakan, untuk saat ini lantai keramik dan lantai vinyl merupakan produk pelapis lantai yang banyak peminatnya dan penggunaannya kian meningkat dari tahun ke tahun.

Perbandingan Lantai Vinyl Dan Keramik

Baik lantai vinyl maupun lantai keramik, kira-kira yang lebih bagus untuk di terapkan di dalam hunian yang mana? Cukup sulit memang menjawab pertanyaan tersebut. Akan tetapi kalian bisa menentukannya sendiri, di pembahasan berikut ini:

Lantai vinyl

Lantai vinyl atau yang lebih dikenal dengan sebutan lantai sintetis ini merupakan produk pelapis lantai yang terbuat dari bahan semacam kimia bernama Poli Vinyl Cloride (PVC) bahan tersebut sejenis plastik.

Lantai vinyl terbuat dari bahan PVC

Lantai pvc ini sekilas seperti lantai kayu, hal ini di karenakan lantai vinyl memiliki beragam motif yang dapat menyerupai jenis lantai pada umumnya contohnya seperti motif kayu, batu alam, keramik hingga granit. Yang pada intinya lantai ini hanyalah tiruan.

Keunikan dari lantai vinyl ini yaitu sangat elastis dan mudah di pasangkan, yang lebih menjadikannya lantai vinyl ini banyak di gemari oleh berbagai kalangan karena memiliki harga jual yang relatif terjangkau.

Apakah terdapat Kelebihan & kekurangan dari lantai vinyl? tentu saja ada, seperti halnya jenis lantai kebanyakan yang mempunyai plus minusnya.

Kelebihan lantai vinyl:

  • Beragam motif pilihan
  • Mudah di pasangkan
  • Tidak berpotensi licin
  • Dibekali fitur water resistance ( tahan terhadap air)
  • Dapat di aplikasikan di area outdoor maupun indoor
  • Mampu bertahan cukup lama dan tahan terhadap rayap
  • Memiliki banyak type atau jenis (tile, roll, plank , karpet dan lain sebagainya)
  • Harganya sangat murah
Kelebihan & kekurangan lantai vinyl

Kekurangan lantai vinyl:

  • Mudah tergores
  • Apabila rusak tidak bisa diperbaiki
  • Kurang baik bagi kesehatan karena terdapat kandungan VOC (Volatile Organic Compounds)

Baca Juga : Pilih lantai kayu atau lantai vinyl motif kayu?

Lantai keramik

Siapa sih yang tidak mengenal dengan lantai keramik, pastinya hampir setiap orang mengetahui jenis lantai yang satu ini. Pasalnya, kebanyakan rumah yang pernah kita kunjungi menggunakan lantai keramik.

penutup lantai keramik tile harga murah

Lantai keramik atau sebagian besar orang ada yang menyebutnya dengan sebutan ubin persolen ini merupakan produk penutup lantai yang terbuat dari tanah liat yang di campur dengan glazur, yang kemudian di beri tekanan panas (Hot Press) dengan suhu 10.000 C hingga 12.500 C. Lalu di proses lebih lanjut hingga di bentuk kotak persegi.

Fungsi galzur pada lantai keramik berperan cukup penting sebagai lapisan tipis untuk menutupi pori-pori keramik agar kedap air, berkesan higenis, dapat bertahan dari bahan kimia dan meningkatkan kekuatan mekanik. Dan alasan kenapa lantai keramik di beri tekanan panas yang cukup tinggi, hal itu dikarenakan agar lantai keramik tidak mudah pecah atau retak.

Kelebihan lantai keramik:

  • Mudah ditemukan karena hampir setiap toko bangunan menyediakannya
  • Mampu bertahan dari gesekan
  • Dapat bertahan lama
  • Mempunyai beragam motif, warna, ukuran dan bentuk
  • rendah daya serap air
  • Bisa dipasang di area indoor dan outdoor
  • Harganya murah
Plus minus lantai keramik

Kekurangan lantai keramik:

  • Mudah retak dan pecah
  • Berkesan dingin
  • Sifatnya keras ketika dipijak
  • Mudah memuai bila terkena suhu panas
  • Terdapat nat antara keramik yang dimana hal itu akan cukup sulit di bersihkan
  • Pemasangannya cukup sulit dan membutuhkan bahan serta alat yang banyak

Baca Juga : Perbandingan keramik dengan lantai kayu

Perbandingan Harga Lantai Keramik & Vinyl

Dari segi harga, baik lantai vinyl maupun keramik keduanya sama-sama di juluki jenis lantai yang memiliki harga yang terjangkau. Akan tetapi lebih murah mana, lantai keramik atau lantai vinyl? yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

Dimulai dari lantai keramik, harga lantai keramik platinum seperti merk teakwood dan freedo dengan ukuran 60 x 60cm yang di bandrol dengan harga sekitar Rp. 80.000 ( delapan puluh ribu ). Terdapat pula jenis lantai yang memiliki harga lebih murah yaitu lantai mulia ( putih polos ) yang memiliki ukuran 30 x 30 yang di bandrol dengan harga per meter perseginya sekitar Rp. 40.000 ( empat puluh ribu ).

Perbedaan segi harga lantai vinyl dengan keramik

Di sisi lain, harga lantai vinyl per box atau per meter perseginya Rp. 120.000 hingga mencapai Rp. 150.000. Akan tetapi, biasanya lantai vinyl di jual per box atau per dus yang isinya terdapat 19 hingga 30/pcs di dalamnya. Ketebalan ukuran dari lantai vinyl ini yaitu 0,3mm, sedangkan ukuran panjangnya bervariasi.

Informasi selengkapnya tentang : Harga Lantai Vinyl

Terdapat pula merk lantai vinyl yang memiliki kualitas bagus ( Good Quality ) yaitu merk golden crown dengan harga di bandrol sekitar Rp. 210.000 per meter persegi, type lantai vinyl ini yaitu tile.

Jadi Bagusan mana, antara lantai vinyl dengan keramik?

Baik lantai vinyl maupun keramik, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi kualitaspun tidak berbeda jauh, tetapi bagi kalian yang masih bingung ingin memilih lantai vinyl atau keramik, kita akan uraikan. Semoga membantu ya!

lantai vinyl atau keramik mana yang lebih baik?

Bila dilihat dari segi kenyamanan, lantai vinyl menjadi jenis lantai yang cukup nyaman ketika digunakan karena berkesan hangat dan tidak terkesa keras ketika di pijak. Meskipun kurang baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan VOC di dalamnya, akan tetapi akhir-akhir ini para produsen telah mengurangi kandungan yang membahayakan kesehatan tersebut.

Bila di lihat dari segi harga, jelas lantai keramiklah juaranya. Sebab lantai keramik dijual dengan harga yang relatif murah bahkan tidak lebih dari 100rb, Meskipun terkesan murahan tetapi bukan berarti tidak bisa di andalkan.

Pilihan ada di tangan kalian

Sudahkah menentukan dari kedua jenis lantai di atas, jenis lantai mana yang akan di gunakan? bagi kalian yang masih juga menentukan jenis material lantai mana yang akan di pakai, terdapat alternatif pilihan selain lantai keramik dan vinyl.

Jenis lantai tersebut yaitu: Lantai Kayu Laminated

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat. Tetap selalu jaga kesehatan di saat pandemi covid-19 ini, cukup sekian dan terimakasih.

Selamat menikmati hunian yang nyaman dan aman dengan pemilihan jenis lantai yang sesuai