perbedaan lantai vinyl dengan lantai parket laminate

Perbandingan Parket laminate & Vinyl PVC

Lantai vinyl dan lantai laminate merupakan produk penutup lantai yang saat ini penggunaanya kian berkembang dari tahun ke tahun, bahkan sampai saat ini pun sebagian besar orang telah beralih ke pada dua jenis lantai sintetis tersebut.

Terdapat berbagai alasan dan faktor pendukung yang menjadikan lantai laminasi dengan lantai vinyl sangat populer, terlebih lagi di kalangan orang yang berkecimpung di dunia dekorasi.

Satu hal yang pasti, yaitu lantai vinyl dan laminate merupakan sejenis lantai tempel yang menjadi alternatif pilihan pengganti lantai keramik dan lantai kayu solid, karena harganya yang cukup terjangkau dan mudah di pasangkan. Akan tetapi, kualitas dan karakteristik keduanya jauh berbeda.

Apa bedanya lantai vinyl dengan lantai parket laminated? Simak ulasannya di bawah ini:

Vinyl Flooring

Mendengar lantai vinyl tentunya, hampir sebagian besar orang mengenalinya. Bagaimana tidak? Karena produk penutup lantai tempel ini cukup populer dan banyak peminatnya. Hal ini juga di dukung dengan larisnya lantai vinyl di pasaran.

lantai vinyl motif kayu

Vinyl adalah produk pelapis lantai yang terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride) yang dimana bahan tersebut merupakan bahan kimia sejenis plastik, yang di olah menggunakan bantuan mesin canggih. Sehingga membuat lantai pvc ini cukup elastis.

Terdapat beberapa type atau jenis yang di miliki oleh lantai vinyl, diantaranya:

  • Vinyl click
  • Vinyl tile
  • Vinyl roll
  • Vinyl plank

Selain itu, lantai PVC juga mempunyai beragam motif pilihan yang terdapat pada bagian atas permukaanya. Contohnya seperti motif marmer, keramik, batu alam, kayu, hingga stiker choromo lantai vinyl. Akan tetapi, sebagian besar konsumen lebih tertarik dengan lantai vinyl motif kayu.

Informasi selengkapnya tentang : Pengertian lantai vinyl

Kelebihan lantai vinyl

Salah satu keunggulan lantai vinyl yang paling mencolok yaitu sifatnya yang elastis, tetapi terdapat juga beberapa kelebihan lainnya yang membuat vinyl flooring ini best seller di pasaran. Diantaranya:

  • Tidak sulit di pasangkan
  • Bisa di bongkar pasang
  • Tahan air
  • Memiliki motif yang bervariasi
  • Awet & tahan lama
  • Harganya sangat terjangkau

Hanya saja, lantai vinyl mudah terkena goresan yang di akibatkan oleh kaki-kaki furniture dan tidak baik untuk kesehatan karena terdapat kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) di dalamnya.

Baca juga : Perbandingan lantai kayu soli & lantai vinyl

Parket Laminated

Salah satu produk penutup lantai tempel yang hampir serupa dengan lantai vinyl yaitu parket laminate, jenis lantai yang satu ini cukup ramah lingkungan lho.

Lantai parket laminated

Lantai parket laminated atau lantai laminasi adalah jenis pelapis lantai yang terbuat dari serbuk kayu dan di campur dengan resin, pembuatan lantai laminasi ini menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama HDF (High Density Fiberboard) lalu di proses lebih lanjut hingga berbentuk menyerupai papan lembaran.

Dari segi kualitas, laminated parket ini terbilang cukup bagus baik dari segi ketahanan maupun dari segi keawetannya. Bahkan karakteristiknya jauh lebih baik di bandingkan dengan lantai vinyl.

Sama halnya dengan lantai vinyl pvc, lantai laminate juga mempunyai beragam motif kayu pilihan. Yang pastinya dapat kita tentukan sesuai kebutuhan dan menyesuikan dengan desain atau konsep hunian.

Selengkapnya mengenai : Apa itu lantai kayu laminate?

Kelebihan lantai laminate parket

  • Ramah lingkungan
  • Mudah di aplikasikan
  • Tahan terhadap air
  • Dapat di bongkar pasang
  • Motif kayu yang bervariasi
  • Mudah di rawat
  • Harganya relatif terjangkau

Sayangnya, parket laminate mudah mengelupas bila pada saat proses pemasangan berlangsung di lakukan secara tidak benar atau terburu-buru.

Baca juga : Lantai keramik vs parket

Lalu, apa bedanya lantai parket laminate dengan lantai vinyl?

Lantai Vinyl vs Lantai Kayu Laminated, Mana Yang Lebih Unggul?

Perbedaan antara lantai parket laminate dengan lantai vinyl yaitu terdapat pada segi bahan pembuatan, yang dimana lantai laminasi terbuat dari serbuk kayu yang di campur dengan resin, sedangkan lantai vinyl terbuat dari bahan kimia bernama PVC.

perbandingan lantai laminasi dengan lantai vinyl

Lantai kayu laminasi menjadi solusi bagi kita yang menginginkan hunian terlihat elegan dengan tampilan motif kayu yang hampir serupa dengan lantai kayu solid, tingkat kekerasannya juga cukup baik dan tentunya sangat nyaman pada saat di gunakan.

Akan tetapi, bila Anda lebih mengutamakan kemudahan dalam proses pemasangan dengan harga material yang jauh lebih terjangkau, maka solusinya menggunakan lantai vinyl.

Apakah lantai kayu laminate & lantai vinyl tahan air? tentu saja iya, karena parket laminate di bekali dengan lapisan film yang berfungsi sebagai pelindung. Sehingga dengan adanya lapisan film ini, parket laminate tidak hanya tahan air saja, tetapi tahan juga terhadap goresan. Sedangkan lantai vinyl sendiri di bekali layer anti scratch yang memiliki kemampuan water resistance.

Meskipun begitu, keduanya tidak lah cocok bila di jadikan sebagai lantai kamar mandi, karena lambat laun lem yang di gunakan untuk memasang lantai vinyl dan laminate akan mengelupas bila terkena air secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : Lantai vinyl vs keramik

Perbedaan harga lantai vinyl dengan harga parket laminate

Bila penasaran dengan harga dari kedua jenis material lantai di atas, inilah daftar harganya:

Harga lantai kayu laminated merk Kendo Rp. 240.000/M2 dengan ukuran 0,8 x 19 x 120cm

Harga lantai vinyl merk Golden Crown Rp. 210.000/M2 dengan ukuran tebal 3 mm x lebar 152,4 mm x 914,4 mm /psc

Notes : Harga di atas belum termasuk dengan biaya pemasangan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan detail produk, silahkan hubungi pihak marketing kami. (Konsultasi Gratis)

Kesimpulan

Baik itu lantai vinyl maupun lantai kayu laminate, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kita sendiri yang menentukan, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Baik, itulah dia pembahasan kita kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir

Selamat menikmati material lantai terbaik untuk menciptakan hunian impian keluarga