apa bedanya lantai spc dengan lantai wpc?

Menilai Perbandingan Flooring SPC & WPC Mulai Dari Harga, Ukuran & Kualitas

Saat ini banyak sekali yang menggunakan material lantai selain keramik yang di sinyalir lebih bagus dari segi tampilan maupun kualitasnya, memang para produsen lantai kini telah berinovasi untuk mengembangkan produk penutup lantai hunian agar lebih nyaman digunakan dan aman untuk diterapkan.

Seperti halnya dengan flooring spc dan wpc, kedua jenis produk lantai ini sudah banyak yang memakainya karena harganya lebih terjangkau dan kualitasnya tidak terlalu jelek, bahkan bisa dikatakan masih tergolong cukup bagus. Sehingga kedua penutup lantai tersebut kerap kali dijadikan sebagai alternatif pilihan terbaik selain lantai kayu solid.

Apakah kalian mengetahui perbedaan keduanya, antara produk lantai wpc dan spc? jika belum, pada kesempatan kita kali ini akan membahas mengenai perbandingan antara lantai spc dan lantai wpc, manakah yang lebih baik untuk diterapkan pada hunian, penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

Lantai WPC

Flooring wpc merupakan produk penutup lantai yang terbuat dari bahan plastik dan campuran elemen kayu, WPC merupakan kependekan dari wood plastic composite yang merupakan sebuah material yang tersusun dari elemen kayu dan polimer termoplastik yang kemudian di olah sedemikian rupa menjadi satu dan membentuk sebuah material lantai yang baru.

material lantai outdoor decking wpc murah

Kandungan serat kayu yang ada pada lantai wpc sekitar 60%, dan sisanya merupakan bahan polimer sintetis seperti polypropylene (PP) polyethlene (PE) UV stabilizer serta pewarna ,Coupling agent.

Tahukah kalian, bahwasanya WPC sendiri adalah alternatif pengganti kayu konvensional masa kini. Kenapa WPC dijadikan sebagai pengganti kayu konvensional? hal ini lantaran harga kayu yang melambung tinggi dari tahun ke tahun dan pertumbuhan kayu itu sendiri terbilang cukup lambat, sehingga memaksa para produsen untuk mencari alternatif lain selain kayu tersebut.

Meskipun lantai wpc ini terbuat dari bahan plastik dan campuran kayu, tetapi dilihat dari segi kualitasnya jenis lantai yang satu ini terbilang sangat bagus, bahkan dapat diterapkan di luar ruangan karena mampu bertahan dari serangan panas matahari dan curah hujan. Sehingga penggunaannya lebih cocok diaplikasikan pada area yang terbuka sebagai alternatif lantai outdoor terbaik atau decking.

Baca juga : Lantai kayu outdoor terbaik

Keunggulan lantai WPC yang tidak dimiliki lantai SPC

kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh decking wpc
  • Dapat di daur ulang untuk diproduksi kembali
  • Sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang
  • Daya tahan cukup tinggi terhadap benturan dan abrasi
  • Warna permukaan lantai wpc tidak cepat memudar
  • Tahan terhadap air & limbah kimia rumah tangga

Sayangnya, material lantai wpc mudah meleleh, memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya dan tidak mempunyai banyak pilihan motif yang beragam, tidak seperti lantai spc yang mempunyai beragam motif pilihan.

Lantai SPC

Flooring SPC merupakan Jenis penutup lantai yang terbuat dari komponen kalsium karbonat, yang dimana bahan tersebut di hasilkan dari batu kapur yang merupakan senyawa anorganik. Stone Plastic Composite merupakan kepanjangan dari singkatan SPC, Jenis lantai yang satu ini merupakan pengembangan dari produk penutup lantai jenis luxury lantai vinyl tile ( LVT ) yang memang sudah ada sebelumnya.

apa itu lantai spc?

Karakteristik lantai spc terbilang cukup unik, hal ini lantaran terbuat dari bahan batuan kapur yang membuat hasil akhirnya sangat kuat dan terbilang sangat awet bila di bandingkan dengan lantai vinyl biasa. Sehingga lantai spc ini dapat juga dijadikan sebagai alternatif pilihan selain lantai vinyl, laminate, lantai kayu solid dan keramik.

Tampilan motif pada flooring spc ini terlihat sangat elegan & menawan karena menampilkan corak yang begitu realistis, motifnya pun tidak itu-itu saja, melainkan bervariasi. Sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan desain/konsep hunian atau memilih motif lantai spc sesuai dengan selera.

Baca juga : Harga flooring spc per meter

Kelebihan flooring SPC yang tidak dimiliki lantai WPC

inilah deretan kelebihan yang dimiliki lantai spc
  • Mudah dipasangkan
  • Memiliki motif yang bervariasi
  • Mudah di rawat
  • Tingkat kesetabilan yang cukup bagus
  • Harganya sangat terjangkau, bila dibandingkan dengan harga lantai wpc
  • Dapat diterapkan pada permukaan lantai yang tidak rata dengan sempurna

Hanya saja, lantai spc ini mengandung logam berat di dalamnya dan meskipun terdapat layer atau lapisan water resistance tetapi tidak sepenuhnya tahan terhadap air, serta lantai spc akan cepat memuai bila terkena pancaran sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Walaupun begitu, flooring spc ini dapat di andalkan sebagai penutup lantai di dalam ruangan minimalis.

Baca juga : Perbedaan lantai keramik & vinyl

Menilai Perbandingan Lantai WPC & Flooring SPC, Mana Yang Lebih Unggul?

Melihat perbandingan lantai spc dengan lantai wpc, keduanya sama-sama sebagai produk penutup lantai. Hanya saja dibedakan dari segi bahan pembuatan, yang dimana lantai wpc terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan kimia sejenis plastik, sedangkan flooring spc terbuat dari komponen kalsium karbonat.

pilih lantai wpc atau flooring spc?

Lebih nyaman mana, lantai wpc atau spc? Bila kita lihat dari segi kenyamanan, jelas yang unggul untuk hal ini tentunya lantai WPC (Wood Plastic Composite) karena jenis lantai yang satu ini sangat stabil dan cukup empuk ketika di pijak karena ukurannya yang tebal. Berbanding terbalik dengan flooring SPC (Stone Plastic Composite) yang dimana jenis lantai yang satu ini kurang begitu nyaman ketika digunakan karena ukurannya yang tidak setebal lantai WPC. Meskipun begitu, lantai SPC ini cukup padat sehingga dapat menahan beban berat dan benturan, tidak seperti lantai WPC.

Baca juga : Perbandingan lantai kayu solid & vinyl

Perbandingan harga flooring SPC dengan harga lantai WPC

perbandingan harga flooring spc dan wpc

Bila di lihat dari segi harga penjualan, harga lantai spc jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga lantai wpc. Hal ini yang menjadikan flooring spc banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Harga lantai wpc per meter di bandrol sekitar 250rb, sedangkan harga jual lantai spc per meter di bandrol sekitar 190rb. Memilih flooring spc untuk di pasangkan di dalam hunian merupakan solusi terbaik dibandingkan lantai laminate, vinyl, keramik hingga WPC.

Baca juga : Harga lantai kayu solid per meter terbaru 2021

Perbedaan ukuran lantai WPC & SPC

perbandingan ukuran lantai spc dengan lantai wpc

Melihat perbedaan ukuran antara flooring SPC dengan lantai wpc, keduanya jelas memiliki ukurannya masing-masing dan berbeda. Yang dimana ukuran ketebalan lantai wpc yakni 5,5 milimeter hingga 8 milimeter, sedangkan ukuran tebal lantai spc yaitu 3,2 milimeter hingga 7 milimeter.

Sehingga lantai wpc akan jauh lebih nyaman ketika di pijak karena ukurannya yang cukup tebal, sedangkan flooring spc kurang nyaman ketika digunakan pada saat kita melintas di atas permukaan lantainya karena ukurannya yang kurang tebal.

Baca juga : Perbandingan keramik & parket solid

Perbandingan kualitas antara lantai SPC dengan lantai WPC

membedakan kualitas lantai WPC & lantai SPC

Menilai kualitas lantai wpc dan flooring spc, keduanya sama-sama produk lantai yang berkualitas cukup tinggi. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan yang cukup signifikan yakni:

Apakah warna permukaan lantai spc mudah memudar? Guna menjaga kualitas flooring spc baik dari segi keawetan maupun ketahanannya, ada baiknya di beri perawatan yang intens & di lakukan berdasarkan prosedur secara teratur. Dengan begitu, warna permukaan lantai spc tidak akan cepat memudar atau terlihat kusam meskipun masa pemakaiannya sudah menginjak tahunan. Di usahakan agar lantai spc tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, agar warna permukaannya tidak cepat kusam. Poin ini juga merupakan langkah mudah dalam mencegah warna permukaan flooring spc tidak cepat memudar.

Apakah warna lantai wpc tidak mudah memudar? tentu saja, hal ini lantaran lanati wpc sendiri terdiri dari berbagai elemen yang di campur dalam rasio spesifik dan ketat. Pada saat proses finishing, cat dapat digunakan untuk melindungi permukaan lantai wpc yang canggih & modern.

Baca juga : Perbandingan vinyl & parket laminate

Perbedaan instalasi pemasangan lantai SPC & WPC

apakah lantai spc mudah di pasangkan?

Apakah flooring spc mudah dipasangkan? jawabanya iya, lantai spc merupakan jenis lantai yang mudah di aplikasikan, bahkan pada permukaan lantai yang kurang rata saja flooring spc dapat di terapkan. Sehingga kita sendiri pun dapat melakukannya di rumah, alat-alat yang diperlukan untuk memasangkan lantai spc ini tidak ribet, melainkan sederhana seperti penggaris, pensil, cutter dan lain sebagainya. Maka tak heran, jika lantai spc masuk ke dalam jajaran jenis lantai kayu tempel.

Sedangkan lantai spc cukup sulit dalam hal instalasi pemasangannya, setidaknya memerlukan tenaga kerja yang ahli di bidangnya dan alat-alat yang di perlukan dalam menerapkan lantai spc tergolong ribet, contohnya seperti obeng, gergaji, bor, meteran dan palu.

* Kesimpulan

Baik itu lantai wpc maupun flooring spc, keduanya sama-sama mempunyai keunggulan & kelemahannya tersendiri. Tinggal kita sendiri yang menetukan ingin memilih yang mana dan yang terbaik untuk hunian. Jika disuruh memilih, maka pilihannya yaitu flooring spc karena harganya yang murah dan mudah diterapkan.

Pilihan ada ditangan kita

Baiklah segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai perbedaan antara flooring spc dengan lantai wpc, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.