SPC flooring indonesia

Apa Itu Lantai SPC, Harga & Plus Minusnya?

Saat ini banyak sekali beragam jenis lantai yang tersedia di pasaran, selain keramik dan parket terdapat juga salah satu jenis lantai yang cukup banyak di minati oleh berbagai kalangan yaitu lantai vinyl.

Lantai vinyl sendiri mempunyai berbagai type atau jenis tertentu, salah satu jenis material lantai vinyl yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu flooring SPC. Jadi spc lantai ini merupakan produk baru yang sejenis lantai vinyl.

Lantai SPC, apakah terdengar cukup asing di telinga kita? memang jenis penutup lantai vinyl ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, hal ini di karenakan produknya yang masih baru dan saat ini penggunaannya masih tergolong sedikit.

Penasaran dengan spesifikasi lantai spc, mulai dari kelebihan-kekurangan, karakteristik beserta harganya? Simak ulasannya berikut ini:

Mengenal Flooring SPC

Lantai SPC atau flooring spc ini merupakan produk pelapis lantai hunian yang terbuat dari komponen kalsium karbonat yang di mana bahan tersebut biasanya di hasilkan dari batu kapur, stabilizer dan bubuk PVC ( Poli Vinyl Chloride ). SPC merupakan singkatan dari ( Stone Plastic Composite ).

apa yang dimaksud lantai SPC

SPC flooring sendiri di buat dari pengembangan material penutup lantai Luxury Vinyl Tiles ( LVT ), Yang merupakan jenis lantai yang sudah ada sebelumnya.

Jika jenis lantai vinyl LVT terbuat dari bahan PVC sebagai bahan baku utama pembuatannya yang membuat hasil akhir sifat lantainya cukup elastis dan lunak, sedangkan lantai SPC terbuat stone plastic composite atau komponen kalsium karbonat yang membuat karakteristiknya sangat kokoh dan lebih tahan lama.

Sehingga lantai yang di lapisi SPC tidak akan mudah rusak, melainkan kuat dan awet. Bahkan, mampu bertahan selama beberapa tahun ke depan.

Karakteristik SPC flooring

Berbicara soal karakteristik lantai spc, seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya jenis penutup lantai yang satu ini mempunyai hasil akhir yang tergolong cukuk kuat dan mampu bertahan lebih lama.

karakteristik lantai SPC

Selain itu, terdapat juga beragam motif pilihan yang terlihat sangat elegan dan menawan karena memberikan tampilan corak yang jelas terlihat sangat realistis. Motif lantai spc sendiri bervariasi, mulai dari motif kayu hingga motif bebatuan yang akan memanjakan mata kita.

Keunggulan & kelemahan SPC lantai

Meskipun sifat lantai spc ini sangat kuat dan dapat bertahan cukup lama, akan tetapi flooring spc seperti jenis lantai pada umumnya yang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Penasaran seperti apa plus & minus dari spc lantai? simak uraian di bawah ini:

Kelebihan spc flooring :

  • Tidak mudah memuai
  • Tingkat kestabilannya cukup bagus
  • Tetap stabil meskipun terkena perubahan cuaca
  • Dapat di aplikasikan pada permukaan yang tidak rata dengan sempurna
  • Tahan terhadap endapan air
  • Mudah di pasangkan
  • Mudah dalam hal perawatan
  • Memiliki motif yang beragam
Kelebihan dan kekurangan flooring SPC

Kekurangan spc flooring :

  • Tidak terlalu kuat terhadap paparan sinar matahari secara langsung, terlebih dalam jangka waktu yang lama
  • Tidak sepenuhnya tahan terhadap air
  • Dan mengandung logam berat

Susunan lapisan lantai SPC

Untuk menghasilkan jenis material lantai yang kokoh, di perlukan bahan material yang berkualitas. Seperti halnya dengan flooring spc, yang dimana terdiri dari beberapa layer yang di susun sekaligus. Seperti apa struktur susunan layer pada lantai spc?

struktur susunan layer lantai SPC
  • Wear Layer : Merupakan lapisan luar dari lantai SPC, terbuat dari bahan anti noda dan anti gores serta berwarna bening transparan.
  • Vinyl Top Coat : Merupakan lapisan vinyl yang disusun setelah lapisan luar, setiap lantai spc memiliki lapisan vinyl tetap di bawah wear layer. Lapisan inilah yang membuat flooring spc mempunyai warna, pola dan tesktur biasanya lebih di kenal dengan sebutan motif, bisa motif kayu, marmer hingga bebatuan yang alami. Layer ini terbuat dari material yang tahan terhadap air.
  • SPC Layer : Lapisan inilah yang merupakan lapisan inti dari flooring spc, lapisan yang satu ini terbuat dari komponen kalsium karbonat, yang dimana bahan inilah yang membuat lantai tetap stabil dan tahan terhadap air.
  • Extra Layer : Lapisan tambahan ini berperan untuk meningkatkan kelembutan pada lantai dan meredam suara sehingga tidak akan menghasilkan bunyi ketika di pijak.

Harga Lantai SPC

Tahukah kalian, bahwa harga lantai spc per meter di bandrol dengan harga yang tergolong cukup murah. Dalam hal ini murah bukan berarti produk yang murahan, akan tetapi produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Terdapat beberapa merk lantai spc terbaik yang tersedia di pasaran saat ini, diantaranya:

Merk Flooring SPC Ukuran (CM)Harga per meter
Flooring spc HAIGER18 cm x 122 cm x 4 mm Rp. 195.000,-M²
Flooring spc Laiv18 cm x 122 cm x 4 mmRp. 200.000,-M²
Flooring spc Beren17 cm x 122 cm x 4 mmRp. 210.000,-M²
Flooring spc Alma Doura Essential15 cm x 92 cm x 4,5 mmRp. 235.000,-M²
Flooring spc Marvel18 cm x 122 cm x 4 mmRp. 250.000,-M²

Note : Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah dan belum termasuk dengan biaya pasang lantai spc.

Spc flooring Indonesia memang memiliki harga yang relatif murah dengan kualitas yang cukup baik untuk segi lantai, dengan harga yang terjangkau, berkualitas, tahan air, mudah di rawat, kuat dan awet membuat spc lantai ini patut kita coba di aplikasikan ke dalam hunian minimalis.

Baca juga : Perbandingan lantai vinyl dengan lantai kayu

Tips memilih flooring SPC good quality

tips memilih flooring SPC

Bagi kalian yang memutuskan ingin menggunakan lantai yang terbuat dari campuran kalsium karbonat atau spc, perlu di ketahui beberapa hal dalam memilih lantai spc yang berkualitas tinggi. Meskipun pada umumnya flooring spc yang berkualitas tinggi di bandrol dengan harga yang relatif mahal, akan tetapi sebanding dengan performa dan kestabilan dari penutup lantai spc dengan di dukung motif yang terlihat realistis.

  • Produk flooring spc harus lulus uji dan bersertifikat nasional
  • Perlu di perhatikan dari segi indikator kinerja fisik dan bahan kimia
  • Bedakan bahan baku dan proses manufaktur, lantai spc yang berkualitas tinggi terbuat dari bahan yang baru bukan bahan yang daur ulang.
  • Kita harus memperhatikan kualitas tampilan produk
  • Perhatikan keseragaman spesifikasi, ukuran dan bentuk
  • Beri perhatian yang khusus pada jaminan layanan purna jual yang akan mempengaruhi masa pakai lantai batu plastik

Alternatif Pilihan Selain Lantai SPC

Jikalau flooring SPC merupakan alternatif terbaik selain lantai keramik dan lantai laminasi, selain itu terdapat pula salah satu jenis penutup lantai rumah yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, jenis flooring tersebut yaitu parket lantai atau lantai kayu.

Lantai kayu sendiri merupakan pelapis lantai hunian yang terbuat dari kayu utuh alami tanpa adanya bahan campuran lain di dalamnya, jenis kayu yang di pakai pun merupakan golongan kayu terbaik dari segi kekerasan, ketahanan dan keawetannya.

Contoh kayu yang sering di pakai untuk pembuatan lantai parket ialah kayu jati, kayu merbau, ulin, bengkirai sonokeling dan lain sebagainya.

Informasi selengkapnya mengenai : Lantai kayu beserta harga & plus minusnya

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini, semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang flooring spc Indonesia. Cukup sekian & terimakasih