jenis-jenis plafon rumah sederhana minimalis

Jenis-Jenis Plafon Rumah Yang Kuat & Awet

Plafon rumah merupakan sebuah material atau elemen dekorasi yang cukup penting keberadaannya pada sebuah hunian, bukan tanpa alasan sebab plafon minimalis selain berfungsi sebagai pembatas tinggi suatu ruangan akan tetapi berguna juga untuk meredam suara dan suhu.

Tidak sampai disitu, plafon juga dapat mencegah kotoran jatuh dari atas atap dan bermanfaat untuk segi kenyamanan, keamanan dan keindahan pada suatu ruangan. Pemilihan jenis plafon rumah yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan mampu membuat rumah kita terlihat indah dan nyaman digunakan.

Saat ini terdapat berbagai jenis macam plafon rumah yang bisa kita andalkan dan tentunya bisa menyesuaikan dengan tema hunian yang kita usung agar tampilan nya tampak lebih senada dan kompak. Salah satu model plafon yang banyak disukai oleh orang-orang yaitu desain plafon minimalis.

Daftar Plafon Rumah Minimalis Yang Bisa Kalian Coba

Untuk kalian yang sedang mencari jenis-jenis plafon rumah yang bagus untuk diterapkan ke dalam hunian, maka harus memilih bahan plafon anti air atau menggunakan bahan plafon yang kuat dan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Selain menghemat biaya tetapi juga memperkuat karakter rumah.

Terdapat beberapa jenis plafon rumah yang bisa kalian coba nih, diantaranya :

  • Plafon GRC
  • Plafon Gypsum
  • Plafon Eternit
  • Plafon Kayu Minimalis
  • Plafon PVC
  • Plafon Akustik
  • Plafon Triplek
  • Plafon Metal

8 jenis plafon rumah diatas tidak semuanya tahan terhadap air dan untuk segi tampilan nya sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan konsep hunian. Untuk informasi lebih lengkap, simak ulasannya berikut ini :

Plafon GRC

rekomendasi plafon GRC minimalis

Plafon grc (Glass Reinforced Concrete) merupakan jenis plafon yang cukup populer dan sudah banyak pemakainya berkat kualitasnya yang dapat bertahan dari air dan lebih kuat bila dibandingkan dengan plafon triplek. Selain itu, harga plafon grc ini tergolong murah sehingga mudah di jangkau oleh berbagai kalangan.

Perihal instalasi pemasangannya, plafon GRC ini bisa menggunakan rangka besi atau kayu. Sayangnya pemasangan plafon grc ini tidak semudah apa yang kita bayangkan, pasalnya memasangkan plafon GRC ini terbilang cukup sulit sehingga memerlukan tukang jasa pasang plafon untuk hasil yang maksimal dan terlihat rapih.

Plafon gypsum

model plafon gypsum minimalis

Salah satu jenis plafon yang cocok diaplikasikan ke dalam konsep rumah minimalis yakni plafon gypsum karena memiliki variasi model yang unik dan menarik seperti kubah atau bertingkat. Terdapat beberapa kelebihan dari plafn gypsum ini diantaranya mudah ditemukan dan harga plafon gypsum relatif murah.

Namun, plafon gypsum ini mempunyai daya serap air yang cukup tinggi sehingga bebannya akan bertambah dan kemungkinan besar mudah roboh bila sering terjadi kebocoran pada atap rumah.

Baca juga : Pelapis Dinding Kayu Minimalis

Plafon Eternit

plafon eternit cukup kuat dan awet

Salah satu jenis plafon rumah mewah yang layak kalian coba yaitu eternit plafon sebab tampilannya yang cool dan terlihat estetika. Plafon eternit ini dibuat menggunakan bahan semen dan dicampur dengan bahan perca sehingga tidak mudah lapuk dan dan memberikan nuansa dingin di bawahnya.

Pemasangan plafon eternit ini tergolong cukup susah karena harus extra hati-hati sebab bahan plafon eternit mudah rusak atau retak. Agar tampilan plafon eternit ini tampak lebih serasi, kalian bisa kombinasikan dengan lampu yang dapat memberikan kesan dingin.

Plafon PVC

harga plafon pvc minimalis

Selain lantai pvc, terdapat juga plafon PVC (Poli Vinyl Chloride) bahan plafon ini biasanya digunakan untuk membuat pipa air. Namun seiring berkembangnya zaman, bahan PVC ini bisa juga digunakan untuk dijadikan bahan perabotan kebutuhan rumah tangga seperti lantai sintetis dan sebagai media penutup atap rumah.

Kelebihan dari plafon PVC ini yaitu memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan instalasi pemasangan dan tahan terhadap air, rayap serta mempunyai tampilan yang kekinian dan modern dengan warna yang beragam sehingga bisa menyesuaikan dengan desain ruangan. Sayangnya, harga plafon PVC ini tergolong mahal bila dibandingkan dengan harga plafon rumah lainnya.

Plafon triplek

alternatif plafon kayu triplek minimalis

Bagi kalian yang mencari plafon murah yang mudah dipasangkan, maka solusinya memakai plafon triplek sebab jenis plafon minimalis ini mempunyai bobot yang ringan dan harganya sangat terjangkau. Pemasangan plafon triplek ini bisa menggunakan rangka kayu.

Akan tetapi, plafon triplek ini tidak dapat bertahan dari suhu panas atau api dan mudah rusak jika sering terkena air dalam jangka waktu yang lama.

Plafon metal

inspirasi plafon metal minimalis

Selain plafon gypsum dan grc, terdapat salah satu jenis plafon yang mempunyai berbagai motif yang bisa disesuaikan dengan selera kita atau menyesuaikan dengan tema ruangan. Jenis plafon tersebut yakni plafon metal. Kelebihan dari plafon metal tahan air, tahan rayap dan cukup awet.

Namun sangat disayangkan, kekurangan dari plafon metal ini yaitu harganya yang sangat mahal sehingga penggunaannya saat ini bisa dikatakan sangat jarang. Selain itu, instalasi pemasangannya pun tergolong cukup sulit setidaknya memerlukan tukang pasang plafon yang sudah berpengalaman.

Plafon akustik

harga plafon akustik minimalis

Plafon akustik atau acoustic ceiling ini terbuat dari bahan rockwool yang memiliki daya redam yang cukup tinggi sehingga akan sangat cocok bila diterapkan ke dalam studio musik, ruangan kerja pribadi dan pada rumah sederhana atau lainnya. Bagi kalian yang lebih suka dengan suasana yang tenang dan tentram, maka layak mencoba memakai plafon akustik ini karena dapat meredam suara secara maksimal.

Meskipun pemasangannya mudah dilakukan pada rangka kayu atau logam karena mempunyai bobot yang ringan, akan tetapi plafon akustik ini tidak tahan air, sulit ditemukan dan harga plafon metal tergolong cukup mahal sehingga pemakaiannya masih sedikit.

Rekomendasi Plafon Kayu Minimalis Yang Elegan & Stylish

Dari sekian banyaknya jenis plafon rumah yang tersedia, terdapat salah satu jenis plafon minimalis yang sangat rekomendasi untuk digunakan karena berbeda dari yang lain baik dari segi kualitas maupun dari segi tampilannya. Jenis plafon tersebut ialah :

Plafon Kayu Solid

rekomendasi harga plafon kayu minimalis

Berbeda dari jenis plafon yang lain, plafon kayu minimalis ini terbuat dari olahan kayu solid yang notabene nya memiliki kualitas diatas rata-rata dengan karakteristik kayu yang bagus. Plafon kayu ini biasanya dibuat menggunakan kayu ulin, bengkirai, merbau, jati, keruing dan kayu solid lainnya.

Tampilan dari plafon kayu terlihat begitu khas, alami dengan nuansa yang asri dan memiliki nilai seni yang cukup tinggi hal ini didapat dari olahan kayu solid yang bagus, corak kayu yang eksklusif dan serat kayu yang padat inilah yang membuat plafon kayu terlihat elegan dan menawan.

Selain kuat dan dapat bertahan hingga puluhan tahun, plafon kayu minimalis ini juga dapat meredam suhu maupun suara dengan baik. Maka tak heran jika plafon kayu banyak disukai oleh sebagian besar kalangan. Akan tetapi, harga plafon kayu sangat mahal. Meskipun harga plafon kayu lambersering tergolong mahal tetapi sebanding dengan kualitas dan tampilan yang disuguhkan.

Informasi Selengkapnya : Harga Plafon Kayu Lambersering

Baca juga : Perbandingan Plafon PVC Dengan Plafon Kayu

Baik itu plafon kayu maupun plafon rumah lainnya, semuanya terdapat kelebihan dan kekurangannya masin-masing. Selain itu tampilannya juga berbeda-beda. Dari sekian banyaknya plafon rumah diatas, plafon mana nih yang kalian sukai?

Jika kalian berminat ingin menggunakan plafon kayu dirumah, kalian bisa memesannya lewat pihak marketing kami untuk informasi lebih lanjut perihal harga lambersering, detail produk dan biaya pasang plafon. Di bawah ini :

Maurin : 0812-2246-4280

Free Survei & Konsultasi

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai jenis-jenis plafon rumah yang bisa diterapkan ke dalam konsep hunian minimalis, plafon rumah sederhana dan lain sebagainya. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari plafon murah. Cukup sekian dan terimakasih.