perbandingan plafon kayu dan plafon pvc

Pilih Plafon PVC Atau Plafon Kayu, Mana Yang Lebih Baik?

Memilih plafon untuk rumah memang harus di per hitungkan dari beberapa faktor, salah satunya kualitas dan tampilan karena umumnya sebuah rumah bukanya hanya soal kenyamanan saja, tetapi juga perlu diperhatikan dari segi penampilan dan ketahanan nya.

Berbicara soal plafon rumah, di zaman yang modern ini terdapat beberapa jenis plafon yang saat ini sedang banyak digunakan dan disukai oleh banyak orang yaitu plafon PVC dan plafon kayu. Kedua jenis plafon hunian ini selain banyak digemari tetapi juga paling laku dipasaran, alias produk best seller.

Bagaimana tidak, plafon rumah PVC dan plafon kayu solid memiliki kualitas yang cukup bagus dengan tampilan yang sangat unik dan menarik. Sehingga tak heran jika kedua plafon minimalis ini banyak dipakai untuk memenuhi kebutuhan para konsumen sebagai penutup atap di dalam sebuah hunian.

Jika dibandingkan antara plafon kayu dengan plafon PVC, mana yang lebih bagus? Yuk simak ulasannya berikut ini :

Plafon Kayu Solid Minimalis

Plafon kayu merupakan sebuah produk penutup atap bangunan yang terbuat dari kayu utuh alami pilihan tanpa adanya bahan campuran lain didalamnya. Tak tanggung-tanggung, jenis kayu olahan yang dipakai untuk membuat plafon kayu ini memakai jenis kayu berkualitas tinggi dan memiliki karakteristik yang bagus, seperti kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai hingga kayu momala dan agathis.

rekomendasi plafon kayu minimalis harga terbaru

Maka tidak heran, jika tampilan pada plafon kayu ini sangat terlihat elegan dan menawan bila sudah terpasang pada langit-langit hunian, perkantoran dan bangunan lainnya.

Kehebatan dari plafon kayu minimalis ini dapat diaplikasikan didalam ruangan maupun diluar ruangan, biasanya para konsumen menerapkan nya di area semi-outdoor seperti teras rumah dan balkon. Mengingat plafon kayu ini sangat kuat dan mampu bertahan dari perubahan suhu atau cuaca serta tahan terhadap rayap.

Untuk ukuran model plafon kayu memiliki ukuran tebal 1 sentimeter dengan ukuran lebar 9 sentimeter dan ukuran panjangnya mencapai 100 sentimeter. Selain itu, plafon kayu minimalis ini di bekali fitur pengunci T&G pada bagian sampingnya, sistem pengunci tersebut selain memperkuat ikatan antar plafon kayu satu dengan yang lainnya, tetapi juga mempermudah proses pemasangan.

Harga plafon kayu minimalis ini yaitu sekitar 190 ribu hingga mencapai 300 ribu per meternya. Dengan biaya pemasangan plafon kayu terpisah, upah jasa pasang plafon kayu bervariasi tergantung medan dan tingkat kesulitan.

Informasi Selengkapnya : Harga Plafon Kayu Lambersering Minimalis 2021 & Biaya Pasang

Plus minus plafon kayu

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki plafon kayu, diantaranya:

Kelebihan :

  • Tidak mudah pecah atau lapuk
  • Dapat meredam suhu dan suara
  • Berkesan hangat dan nyaman digunakan
  • Cukup mudah dipasangkan
  • Tampilan elegan dan natural

Kekurangan :

  • Sulit dalam hal perawatan
  • Tidak tahan terhadap api
  • Harganya tergolong cukup tinggi

Plafon PVC Minimalis

Plafon PVC (Poli Vinyl Chloride), jenis plafon yang satu ini terbuat dari bahan polimer thermoplastik yang umumnya suka dijadikan bahan dasar pembuatan pipa paralon. Ciri khusus daru plafon PVC ini mempunyai sifat yang fleksibel dan memiliki tekstur yang halus dan elastis.

inspirasi plafon pvc minimalis

Walaupun terbuat dari bahan polimer thermoplastik, plafon PVC minimalis ini cukup kokoh dan awet, bahkan dapat bertahan hingga beberapa tahun kedepan. Selain itu, bobotnya yang ringan memudahkan instalasi pemasangan. Ketahanan dari plafon pvc ini bukan sekedar omongan belaka, terbukti dengan adanya perubahan cuaca plafon pvc ini tidak terjadi korosi.

Terdapat jenis-jenis plafon PVC diantaranya ada plafon PVC motif kayu dan motif garis-garis. Tahan terhadap rayap dan tidak mudah pecah, menjadikan plafon pvc minimalis ini bisa dijadikan alternatif pilihan selain plafon gypsum, plafon eternit dan plafon GRC. Selain itu, tampilannya sudah dalam keadaan finishing.

Baca juga : Lantai PVC Motif Kayu

Lalu, apa perbedaan plafon kayu dengan plafon pvc?

Perbandingan Plafon PVC & Plafon Kayu Minimalis

Terdapat beberapa perbandingan yang bisa kita bahas antara kedua plafon minimalis rumahan ini, mulai dari segi kualitas, tampilan, kenyamanan hingga perbedaan harga jual di pasaran. Plafon kayu vs plafon PVC, simak ulasannya dibawah ini :

Lebih nyaman pakai plafon kayu atau plafon PVC?

lebih nyaman pakai plafon kayu ketimbang plafon pvc

Bila dilihat dari segi kenyamanan baik itu plafon kayu maupun plafon PVC keduanya sama-sama nyaman dipakai, akan tetapi plafon kayu jauh lebih nyaman digunakan karena ia memiliki kesan yang hangat dan dapat meredam suhu maupun suara.

Berbeda halnya dengan plafon PVC yang terbuat dari polimer thermoplastik sebab terdapat kandungan kimia yang kurang baik bagi kesehatan, sehingga kurang nyaman dipakai.

Dari segi tampilan

tampilan plafon rumah minimalis

Nah untuk segi tampilan keduanya sama-sama mempunyai tampilan khas nya tersendiri, seperti pada plafon PVC minimalis yang terdapat motif kayu dan motif garis-garis yang unik, sedangkan pada plafon kayu lambersering memiliki tampilan yang sangat khas dan terkesan alami karena terbuat dari kayu alam sehingga coraknya berbeda dengan plafon PVC motif kayu.

Jika ditanya mana yang lebih bagus, cukup sulit untuk membandingkannya karena soal penampilan itu selera masing-masing. Bila ingin rumah terlihat realistis dan berkarakter maka solusinya kita bisa menggunakan plafon kayu solid minimalis karena aksen kayunya sangat kuat dan bernuansa alami.

Dari segi kualitas

perbandingan kualitas plafon pvc dan plafon kayu

Menilai perbandingan kualitas plafon kayu dengan plafon PVC, keduanya sama-sama mempunyai kualitas yang bagus. Akan tetapi, plafon kayu jauh lebih unggul kualitasnya dibandingkan dengan plafon PVC. Hal ini lantaran plafon kayu terbuat dari jenis-jenis kayu solid pilihan terbaik dengan karakteristik yang bagus, sehingga kualitasnya jauh lebih kokoh dan sangat awet ketimbang lis plafon PVC.

Perbedaan harga plafon minimalis

Meninjau perbedaan harga plafon kayu dengan harga plafon PVC, mana yang paling murah? Untuk segi harga, plafon PVC dijual dengan harga yang relatif sangat murah yaitu sekitar dibawah 50 ribu. Sedangkan harga plafon kayu lambersering dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni sekitar 190 ribu hingga 300 ribuan.

Dari segi harga memang plafon PVC lebih unggul karena murah sehingga mudah di jangkau oleh berbagai kalangan. Selain itu, PVC plafon minimalis ini bisa kita jadikan alternatif pilihan selain plafon kayu solid yang notabene harganya mahal.

Baca juga : Inspirasi Dinding Kayu Minimalis


Bagaimana, sudahkah kalian memilih jenis plafon mana yang akan digunakan?

Jika Kalian berminat ingin menggunakan plafon kayu atau atap kayu, bisa langsung menghubungi salah satu pihak marketing kami untuk berkonsultasi perihal harga, detail produk, ketersediaan barang dan biaya pasang. Di bawah ini : (Free Survei & Konsultasi)

Maurin : 0812-2246-4280

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai perbedaan plafon kayu dengan plafon PVC, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari toko plafon kayu Bandung & sekitarnya. Terimakasih