perbandingan lantai parket dan lantai vinyl motif kayu

Lantai kayu atau lantai vinyl motif kayu? lihat perbandingannya

Dalam memilih suatu produk untuk diterapkan pada lantai rumah tentu kita dihadapkan pada banyak pilihan produk, manakah jenis produk lantai yang cocok menurut selera kita, dikarenakan lantai rumah adalah material yang paling pertama kita rasakan setiap kali memasuki rumah, maka kenyamanan dalam menerapkan material lantai perlu pertimbangan yang matang.

Memilih bahan material penutup lantai harus bisa menyesuaikan dengan ruangan dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta menyesuaikan budget yang harus di keluarkan, apakah cukup dengan hanya menggunakan lantai keramik, atau mungkin sebagian ruangan kita memilih menggunakan granite, atau pilihan yang sekarang ini sedang viral dimana-mana yaitu lantai vinyl motif kayu, atau bisa juga memilih lantai kayu asli untuk mendapatkan kepuasan yang maksimal.

Yang harus anda ketahui adalah dari kedua jenis lantai tersebut pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, nantinya tergantung sikap dan kebutuhan anda, apakah rumah anda lebih cocok menggunakan lantai vinyl motif kayu atau lebih cocok menggunakan lantai kayu, atau bahkan tidak cocok keduanya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai lantai kayu dan lantai vinyl motif kayu. Jenis manakah yang cocok untuk bahan material penutup lantai pada sebuah ruangan? tidak perlu panjang lebar jadi inilah dia uluasannya:

Lantai kayu

lantai kayu

Penggunaan lantai kayu sudah ada sejak jaman dulu tetapi di jaman sekarang ini yang modern, penggunaan lantai kayu semakin populer dan banyak diminati oleh masyarakat. karena lantai kayu selain fungsinya sebagai bahan material penutup lantai akan tetapi lantai kayu lebih ke pada estetika dan terkesan nyaman ketika sudah terpasang di dalam ruangan.

Lantai kayu atau parket adalah lantai yang terbuat dari kayu alami, dipotong dengan ukuran tertentu kemudian disambungkan dengan lantai kayu lain sehingga membentuk sebuah penutup lantai alami. lantai kayu alami sering juga disebut lantai kayu solid atau lantai parket.

Lantai vinyl

lantai vinyl motif kayu
lantai vinyl motif kayu

Jenis lantai ini tak kalah menarik dan populer nya juga dengan lantai kayu sebab, lantai vinyl memiliki keunggulan dari segi harga yang relatif murah/harganya yang terjangkau serta dalam proses pemasangannya pun cukup mudah.

Sementara itu, lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat bahan sintetis PVC (Polyvinyl Chloride). Karena terbuat dari bahan PVC, lantai vinyl ini elastis dan mudah dipasang. pada bagian permukaan lantai vinyl diberi desain (motif) baik itu motif kayu atau motif lainnya. namun yang paling populer adalah motif kayu.

Sebelum Anda menentukan jenis lantai yang akan dipakai pada hunian rumah, sebaiknya ketahui dulu keunggulan-keunggulan yang dimiliki dari lantai kayu dan lantai vinyl. ini dia ulasannya:

Perbandingan Antara Lantai vinyl Dengan Lantai Parket

Terdapat beberapa perbedaan antara lantai vinyl dengan lantai kayu, perbedaannya terletak pada segi bahan pembuatan. Yang dimana lantai vinyl terbuat dari bahan PVC, sedangkan lantai kayu terbuat dari bahan alami yakni kayu utuh.

Keduanya sama-sama berfungsi sebagai penutup lantai, tetapi di bedakan dari segi bahan pembuatan dan karakteristiknya.

Kelebihan lantai kayu yang tidak dimiliki lantai vinyl

Selain perbedaan utamannya dari segi bahan pembuatan, terdapat pula beberapa poin yang membedakan dari kedua jenis lantai ini. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Lantai kayu memiliki kelebihan dari segi motif yang benar-benar natural
tampilan lantai kayu sangat natural

Tidak dibuat-buat seperti lantai vinyl, berbeda halnya dengan lantai kayu sehingga antara lantai satu dengan lantai kayu lainnya memiliki motif yang sudah pasti berbeda di karenakan terbuat dari hasil alam dan ini menambah nilai estetika rumah anda.

  • Lantai kayu Juga lebih nyaman, hangat namun tidak panas

Jenis lantai yang satu ini sangat nyaman digunakan untuk berbaring dan tempat beristirahat, aman terhadap anak-anak dan orang tua, tidak seperti lantai vinyl yang terbuat dari bahan PVC yang kurang baik untuk kesehatan.

penggunaan lantai kayu di dalam hunian

Selain itu, dapat menyehatkan para penggunannya. Hal ini di karenakan lantai kayu terbuat dari bahan yang alami tanpa adanya bahan campuran lain. Jenis lantai kayu yang dapat menyehatkan itu terdapat pada lantai kayu merbau, sebab dapat mengeluarkan senyawa ION negatif.

  • Ramah lingkungan
lantai kayu merupakan material lantai yang ramah lingkungan

Ketika ingin mengganti lantai kayu lama dengan lantai kayu baru, limbah dari lantai kayu lama tersebut ramah lingkungan sehingga tidak khawatir akan timbulnya dampak negatif terhadap lingkungan.

  • Memiliki keunggulan dari segi kemewahan

Lantai kayu ini dikategorikan sebagai jenis lantai yang cukup mewah sehingga akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bila mana kita bisa menerapkannya di dalam hunian.

menggunakan lantai kayu membuat hunian berkesan mewah

Dengan coraknya motifnya yang sangat natural dengan di dukung warna khas dan serat kayu yang alami, membuat hunian yang kita tinggali terlihat indah dan mewah.

  • Dapat menaikan harga jual rumah
investasi lantai kayu

Tahukah anda, bahwasanya lantai kayu itu dapat di jadikan sebagai bahan untuk investasi jangka panjang lho. Hal ini di karenakan lantai kayu ini memiliki harga jual yang relatif mahal, otomatis bila sudah di terapkan di dalam hunian maka rumah tersebut akan memiliki nilai jual properti yang cukup tinggi.

Informasi selengkap: Harga Lantai Kayu terbaru

Kelebihan lantai vinyl dibanding lantai kayu parket

Selain lantai kayu, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki dari lantai vinyl yang tak kalah saingannya dengan lantai parket.

  • Tahan terhadap endapan air dan kelembaban

Dengan menggunakan lantai vinyl, kita tidak perlu khawatir lagi dengan perlindungan lantai dari berbagai macam kendala seperti kelembaban karena lantai vinyl ini sudah pasti tahan terhadap kelembaban.

area dapur menggunakan lantai vinyl

Terlebih lagi lantai vinyl ini mampu bertahan dari air, sehingga dapat di aplikasikan di sekitar area dapur. Akan tetapi tidak bisa di terapkan di area kamar mandi.

  • Mempunyai motif yang bervariasi
lantai vinyl memiliki motif yang bervariasi

Dengan berbagai motif pilihan yang dapat anda pilih, membuat lantai vinyl ini tampil tidak membosankan. Ditambah lagi dengan tahan terhadap kelembaban, tidak ada batasan penempatan lantai vinyl. tidak seperti lantai kayu yang hanya cocok pada tempat-tempat tertentu.

  • Harga vinyl sangat murah
harga lantai pvc sangat murah

Lantai vinyl ini harganya jauh lebih terjangkau dibanding dengan lantai kayu. Selain harganya lebih murah, biaya pasangnya juga tergolong sangat rendah. Bahkan bagi anda yang ingin lebih hemat, bisa memasangnya sendiri, dengan prosedur pemasangan lantai vinyl yang benar tentu pemasangan lantai vinyl tidak jadi kendala lagi.

Informasi selengkapnya tentang: Harga Lantai Vinyl Merk Golden Crown

  • Pemasangan sangat mudah
penerapan lantai vinyl tergolong cukup mudah

Selain mempunyai berbagai macam motif pilihan dan memiliki harga yang relatif murah, lantai vinyl juga terdapat kelebihan yang membuat orang-orang tertarik yaitu mudah dalam proses pemasangannya. Alat-alat yang di perlukan dalam pemasangan lantai vinyl pun tidak terlalu ribet, hanya menggunakan alat sederhana seperti lem, cutter, pensil dan lain sebagainya.

  • Tidak terlalu sulit untuk merawatnya

Lantai vinyl selain mudah dalam proses pemasangannya, tetapi juga mudah dalam hal perawatanya. Tidak seperti lantai kayu yang bisa dikatakan cukup sulit untuk merawatnya.

merawat lantai vinyl sangat lah mudah

Merawat lantai vinyl sama seperti kita merawat jenis lantai pada umumnya contohnya seperti lantai keramik, kita bisa membersihkannya menggunakan sapu atau vaccum cleaner, jika permukaan lantai vinyl telah kotor atau kusam kita bisa mengepelnya menggunakan kain pel lembut.

Kesimpulannya

lantai kayu terbaik

Baik itu lantai vinyl ataupun lantai kayu, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, pilihan tergantung pada anda. Apakah anda menginginkan lantai yang tidak terlalu mahal namun sangat awet, bisa memilih lantai vinyl motif kayu.

Namun, bila anda lebih menginginkan estetika dan kemewahan rumah tanpa mempedulikan harga dari interior lantai tersebut, anda bisa menggunakan lantai kayu parket.

Atau anda juga bisa menentukan ruangan-ruangan yang paling cocok untuk penerapan salah satu jenis lantai tersebut. seperti penerapan lantai vinyl untuk di dapur karena lantai vinyl tahan terhadap kelembaban, dan penempatan lantai kayu untuk diterapkan di kamar tidur karena lebih aman terhadap kondisi kesehatan anak-anak dan lansia.

Selain lantai vinyl sebagai lantai sintetis, anda juga bisa menggunakan lantai kayu laminated sebagai lantai yang terbuat dari bahan serbuk untum diterapkan di rumah anda. penasaran?

Baca juga: Harga Lantai Kayu Laminated

Bagi anda yang ingin memesan lantai kayu untuk diterapkan pada hunian anda, anda bisa menghubungi marketing kami atau bisa juga dengan berkunjung langsung ke Showroom kami. (halaman widget)

nomer marketing penjual lantai kayu
Maurin: (0812-2246-4280)

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda mengenal lantai kayu parket dan interior lantai lain. Sekian dan terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *