menilai perbandingan kayu jati perhutani dan jati kampung

Ketahuilah Perbandingan Kayu Jati TPK Perhutani & Kayu Jati Rakyat

Kayu merupakan bahan material yang sering di manfaatkan untuk berbagai kebutuhan terutama di bidang konstuksi dan furniture, akan tetapi tak jarang juga kayu di gunakan untuk keperluan lainnya.

Hampir berbagai jenis kayu telah di pergunakan untuk kepentingan komersial maupun industri, terlebih lagi jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik atau mempunyai karakteristik yang unik pastinya kriteria kayu tersebut sering di gunakan.

Seperti jenis kayu yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu kayu jati, hampir dari sebagian besar orang pasti sudah mengenali jenis kayu yang satu ini. Karena nyatanya, kayu jati ini sangat populer sejak dulu hingga sekarang.

mengenal kayu jati perhutani dan harga kayu jati perhutani 2021

Alasan kuat mengapa kayu jati sering di manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di bidang kontruksi dan furniture, hal ini karena kayu yang memiliki nama ilmiah Tectona Grandis ini mempunyai kualitas terbaik di kelas nya serta terdapat karakteristik eksklusif berbeda dari yang lain.

Saat ini kayu jati di kelompokan menjadi 2 bagian, yakni kayu jati TPK atau perhutani dan kayu jati rakyat. Keduanya memang sama-sama kayu jati, tetapi ada sedkit perbedaan dari kayu jati perhutani dan rakyat. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

Kayu Jati Perhutani

Kayu jati perhutani atau TPK ini di produksi dan di kelola oleh badan usaha milik negara di Indonesia yang mempunyai kebijakan dan tugas untuk menyelenggarakan pengurusan, pengusahaan dan perlindungan hutan yang menjadi hak kerja di wilayah mereka.

harga kayu jati perhutani 2021

Tahukah anda, bahwasanya kayu jati yang di kelola oleh perhutani rata-rata kebanyakan memiliki kualitas yang bagus. Hal ini di karenakan perhutani mengikuti prosedur dan memenuhi syarat tertentu.

Dimulai dari pembibitan, penanaman dan pemeliharaan, hal ini juga di dukung faktor lingkungan seperti kayu jati tersebut tumbuh di mana dan sifat tanahnya seperti apa.

Akan tetapi, harga kayu jati perhutani bisa di katakan tergolong cukup mahal. Meski begitu, sebanding dengan kualitas dan karakteristik yang dimilikinya.

Informasi selengkapnya mengenai : Kayu Jati Perhutani

Plus minus kayu jati perhutani

Pastinya kita sangat penasaran hasil kayu jati yang di kelola olah perhutani, kelebihan-kelebihan apa yang dimilikinya dan apa saja kekurangannya.

Kelebihan kayu jati TPK :

  • Mempunyai tekstur yang halus
  • Serat kayu alami yang sangat padat
  • Tingkat keawetan dan kekerasannya cukup tinggi
  • Berwarna coklat tua yang meliputi hampir seluruh bagian
  • Terdapat minyak pelumas yang berperan untuk bertahan diri dari serangan rayap
plus minus kayu jati perhutani

Kekurangan kayu jati TPK :

  • Lambat laun akan mangalami kerusakan bila terkena air dalam jangka waktu yang lama
  • Harga jualnya sangat mahal

Kayu Jati Rakyat

Apa itu kayu jati rakyat? Istilah kayu jati rakyat atau kampung ini muncul di karenakan pertumbuhannya di lahan pribadi, baik di kelola maupun di produksi.

apa itu kayu jati rakyat atau kampung

Hal ini tentunya kayu jati yang di kelola di lahan pribadi dari segi kualitasnya tidak sebagus dari kualitas kayu jati perhutani, karena biasanya orang-orang yang menanam pohon jati di lahannya mereka tidak mengikuti prosedur dan syarat tertentu dalam penanaman pohon jati.

Maka dari itu, kualitas dan karakteristik yang dimiliki kayu jati rakyat berbeda jauh dengan jati TPK.

Meskipun kayu jatinya di tanam di lahan pribadi tetapi untuk menjualnya memerlukan surat izin dari pihak perhutani, hal ini bertjuan untuk mencegah pembalakan liar di kawasan hutan perhutani. Mengingat, kayu jati saat ini merupakan spesies tumbuhan yang dilindungi dan di awasi.

Kelebihan & kekurangan kayu jati rakyat

Seperti halnya dengan kayu jati perhutani, kayu jati kampung pun terdapat plus minusnya. Penasaran seperti apakah? berikut uraiannya:

Kelebihan kayu jati kampung:

  • Biasanya mudah di cari
  • Memiliki stock yang banyak
  • Harganya murah
kelebihan dan kekurangan kayu jati rakyat

Kekurangan kayu jati kampung:

  • Dari segi kualitasnya tidak sebagus kayu jati perhutani
  • Mempunyai gubal yang cukup banyak
  • Memiliki kadar air yang tinggi
  • Cenderung berwarna pucat dan memiliki 2 warna yakni coklat muda dan putih

lalu, seperti apakah perbandingan dari kayu jati perhutani dan kampung? simak ulasannya di bawah ini:

Perbedaan Kayu Jati Rakyat Dengan Kayu Jati Perhutani

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kedua jenis kayu jati yakni perhutani dan rakyat, bagi kalian yang kurang paham tentang perkayuan tentunya akan cukup sulit untuk membedakan mana yang lebih bagus kayu antara jati perhutani atau kayu jati rakyat.

perbedaan jati rakyat & perhutani

Perbandingan kayu jati kampung dan kayu jati TPK perhutani terdapat dari segi penampilan dan segi kualitas.

Dari segi fisiknya pun sudah jauh berbeda. Yang dimana kayu jati perhutani memiliki serat kayu yang padat, sedangkan kayu jati rakyat atau kampung mempunyai serat kayu yang agak lebar dan terkadang tidak beraturan.

Dan warna kayu jati perhutani hanya satu yakni berwarna coklat tua yang cukup padat, sedangkan kayu jati rakyat mempunyai 2 warna yaitu warna coklat muda dan warna putih.

perbandingan jati perhutani dan rakyat

Biasanya kayu jati sering dimanfaatkan untuk dekorasi hunian, contohnya seperti di jadikan lantai kayu atau parket, papan tangga kayu, dan lain-lain. Sedangkan kayu jati rakyat biasanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan furniture, perabotan dan kerajinan tangan.

Baik itulah dia untuk pembahasan kita kali ini, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir. wasalam…