Inspirasi desain lantai kayu outdoor samping kolam renang

Lantai kayu outdoor yang cocok untuk Tepi Kolam berenang

Salah satu opsi dalam menjadikan suasana hunian menjadi lebih asri dan lebih Mewah dan terkesan ekslusif adalah dengan penggunaan berbagai jenis olahan kayu sebagai pelengkap Interior maupun Ekterior hunian tersebut.

Memang haruslah memperhitungkan berbagai aspek yang dapat mempengaruhi kualitas dan kecocokan pemasangan lantai kayu tersebut. Anda bisa meng aplikasikan Penempatan lantai kayu parket jati didalam ruangan, anda bisa mengaplikasikan lantai vinyl motif kayu untuk dapur dan lain sebagainya.

Desain kolam renang minimalis

Lalu, lantai Kayu apa yang tepat untuk diterapkan di Tepi atau di bagian Samping Kolam berenang? Ok, pada kali ini kami akan membagikan produk lantai kayu outdoor atau decking yang tepat untuk di aplikasikan di bagian tepi kolam renang.

Apa Itu Decking?

Decking adalah sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari kayu keras dan di khususkan kegunaannya di sebuah area yang terbuka (outdoor). untuk pembuatan lantai kayu outdoor ini harus menggunakan kayu keras (Hard Wood) karena natinya decking kayu tersebut akan terkena paparan sinar matahari dan curah hujan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Berbeda halnya dengan decking WPC (Wood Plastic Composit) yang terbuat dari bahan-bahan semacam kimia, decking sintetis ini warna permukaannya akan cepat memudar bila terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama.

Daftar Harga Lantai Kayu Outdoor

Nama Produk Decking Ukuran ( cm ) Harga per meter
Decking kayu ulin 1,9 x 9 x 100cm up Rp. 870.000,-/M²
Decking kayu merbau 1,9 x 9 x 100cm up Rp. 450.000,-/M²
Decking kayu bengkirai 1,9 x 9 x 100cm up Rp. 390.000,-/M²
Decking kayu keruing 1,9 x 9 x 100cm up Rp. 390.000,-/M²

Notes : Perlu di ketahui, bahwasanya harga di atas belum termasuk dengan biaya pasang decking outdoor.

Biaya pemasangan lantai kayu outdoor berkisar Rp. 150.000/m².

Lantai kayu outdoor di bawah ini merupakan produk yang terbuat dari bahan kayu yang termasuk ke dalam jenis kayu golongan keras. Penasaran seperti apa bentuk fisiknya? yuk kita simak ulasannya di bawah ini:
Produk Parket Outdoor

Decking kayu ulin

lantai kayu ulin outdoor

Tahukah anda, bahwasanya kayu ulin itu terbagi menjadi 2 bagian, kayu ulin Sulawesi dan kayu ulin kalimantan. Jika dilihat dari segi kualitas, kayu ulin Kalimantan lebih keras dibandingakan dengan kayu ulin Sulawesi. Kayu ulin yang berasal dari Kalimantan memiliki warna khasnya tersendiri yaitu berwarna kuning dengan serat yang cukup padat dan lurus.

Informasi lebih detail tentang : Manfaat kayu ulin & plus minusnya

Untuk ukuran decking kayu ulin ini yaitu ketebalan 1,9cm dengan lebar 9cm dan panjangnya 100cm/pcs.

Harga decking kayu ulin: Rp. 870.000/m²

Decking kayu merbau

lantai kayu merbau outdoor

Kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari daerah kepulauan Irian jaya, di daerah sana jenis kayu yang satu ini sering disebut dan dikenal luas sebagai kayu besi karena memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Karakteristik dari kayu merbau ini terdapat pada segi warnanya yang sangat khas yaitu berwarna merah kecoklat-coklatan dengan serat kayu yang lurus menyerupai kayu kelapa.

Informasi lebih lanjut mengenai : Merbau, si kayu besi dari Kalimantan

Untuk ukuran decking kayu merbau ini yaitu tebal 1,9cm dengan lebar 9cm dan panjang 100cm/pcs.

Harga decking kayu merbau: Rp. 450.000/m²

Perlu diketahui, decking kayu merbau ini kerapkali mengeluarkan getah berwarna merah jika terkena air. Cukup menggangu memang, tetapi hal itu tidak akan berlangsung lama kurang lebihnya 2-3 bulan getah tersebut akan berhenti keluar.

Decking kayu bengkirai

lantai kayu bengkirai outdoor

Kayu bengkirai merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat setara dengan tingkat kekerasan yang dimiliki kayu ulin. Warna dari kayu bengkirai ini yaitu berwarna kuning yang disertai dengan highlight warna merah kecoklat-coklatan dengan serat kayu yang lurus dan tekstur permukaan yang sedikit agak kasar.

Informasi selengkapnya tentang : Kayu yellow balau Kalimantan

Untuk ukuran decking kayu bengkirai ini yaitu tebal 1,9cm dengan lebar 9cm dan panjang 100cm/pcs.

Harga decking kayu bengkirai: Rp. 390.000/m²

Perlu diketahui, decking kayu bengkirai ini cenderung memiliki resiko retak yang cukup tinggi hal ini di sebabkan karena kayu bengkirai memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sedangkan tingkat keawetannya menengah.

Solusinya agar decking kayu tidak berpotensi retak harus dilakukan oleh tenaga kerja yang ahli dan berpengalaman pada saat proses pemasangan.

Decking kayu keruing

jual lantai kayu outdoor keruing

Kayu keruing merupakan jenis kayu yang berasal dari wilayah tropis seperti Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Secara teknis, kayu keruing ini memiliki kualitas yang cukup bagus baik dari segi kekuatan maupun keawetan. warna dari kayu keruing ini yaitu berwarna coklat kemerah-merahan dengan di dukung serat kayu yang lurus dan tekstur yang cenderung agak kasar.

Jenis kayu yang satu ini hampir menyerupai kayu merbau, hanya saja perbedaannya terdapat pada segi warna yang lebih cerah dan harganya yang lebih murah.

Selengkapnya tentang : Kayu keruing Khas Kalimantan

Untuk ukuran decking kayu keruing ini yaitu tebal 1,9cm dengan lebar 9cm dan panjang 100cm/pcs.

Harga decking kayu keruing: Rp. 390.000/m²

Spesifikasi detail decking

Produk decking telah di desain khusus agar mampu bertahan pada perubahan cuaca dan kelembaban. Oleh karena itu, pembuatan decking kayu ini dibuat dengan lebih tebal.

Untuk ukuran decking standar ketebalannya mencapai 1,9cm, ketebalan tersebut sudah memenuhi kriteria dan sudah teruji sehingga tidak akan mudah retak dan melengkung.

Selain lebih tebal, decking standarnya juga di bekali dengan fitur anti slip sebagaimana gambar di bawah ini:

detail produk lantai kayu outdoor

Seperti yang sudah anda lihat pada gambar diatas, bahwasanya lantai kayu outdoor atau decking ini di lengkapi dengan fitur anti slip sehingga akan sangat aman jika digunakan ketika berjalan tanpa menghawatirkan terpeleset karena licin.

Bagaimana jika anda tidak melengkapi lantai kayu samping kolam renang dengan fitur anti slip?

Bagi anda yang memutuskan untuk memasang decking tanpa adanya fitur anti slip dengan alasan agar tampilan permukaan lantai decking kayu terlihat lebih rapih dan indah, anda bisa memesannya pada tenaga pasang kami untuk memasangkan decking kayu dengan bagian polos di atasnya. Karena karakteristik decking standar kami dibuat dengan 1 sisi anti slip dan 1 sisi polos.

Pilihan ditangan anda

Penjelasan tentang produk

Jenis lantai kayu outdoor manakah yang terbaik untuk di pasangkan di area samping kolam renang?

Baik, untuk bahan pertimbangan anda dalam memilih produk lantai parket outdoor atau decking terbaik untuk kolam renang, mari kita simak pembahasan lebih lengkap mengenai spesifikasi produk-produk diatas dengan lebih detail.

Decking kayu ulin kalimantan

decking kayu ulin Kalimantan

Decking kayu Ulin ini merupakan jenis decking yang paling bagus diantara decking kayu lain, dengan tingkat kekerasan kelas I, tingkat kekuatan kelas I dan tingkat keawetan kelas I. Jenis kayu yang termasuk ke dalam jajaran 10 kayu terkeras di dunia ini dapat di aplikasikan di berbagai tempat outdoor lainnya termasuk pada tepi kolam renang.

Keunikan dari kayu ulin ini yaitu jika terkena air maka sifat kayunya akan semakin mengeras dan kuat, maka dari itu jenis decking ini sangat cocok untuk di terapkan di area tepi kolam renang.

desain decking kolam renang minimalis

hanya saja, kayu ini tergolong pada kayu yang berharga ekonomis yang cukup tinggi sehingga anda perlu berpikir dua kali dalam menerapkan kayu ini sebagai penutup lantai samping kolam renang hunian anda. diantara Produk jenis decking kayu yang kami miliki, decking kayu ini jauh lebih mahal diantara decking kayu lain.

Meskipun begitu, decking kayu ulin ini memiliki tingkatan kualitas yang terbaik jika di bandingkan dengan jenis decking kayu lainnya. Dimana ada harga barang yang tinggi di situlah terdapat kualitas produk yang tinggi pula.

Decking kayu Merbau

decking kayu merbau

Lantai kayu merbau outdoor atau decking merbau termasuk ke dalam salah satu jenis decking terbaik setelah decking kayu ulin, sangat keras dan tidak mudah keropos atau melengkung. Tahan terhadap perubahan cuaca sehingga sangat bagus diterapkan untuk luar ruangan.

Kayu merbau memiliki tingkat kekerasan kelas I, tingkat kekuatatan kelas II dan tingkat keawetannya kelas II.

deck wood swimming pool

 

Ciri khas dari kayu merbau itu terdapat dari segi warna dan coraknya, yang dimana warna dari kayu merbau itu berwarna merah kecoklat-coklatan dengan di dukung serat kayu alami yang lurus menyerupai kayu kelapa. Sehingga cocok nih bila di aplikasikan di area tepi kolam renang karena akan terlihat sangat indah dan mewah.

hanya saja, kayu merbau suka mengeluarkan Getah merah yang banyak terus-menerus sebelum akhirnya habis, cukup menggangu memang. akan tetapi hal itu tidak berlangsung lama, setidaknya 2 hingga 3 bulan saja getah tersebut akan berhenti dengan sendirinya bila terkena air secara terus menerus.

Decking kayu bengkirai

decking kayu kolam renang minimalis

Decking kayu bengkirai ini memiliki tingkat kekerasan yang hampir sama dengan tingkat kekerasan kayu ulin, sehingga bisa dikategorikan pada kayu yang baik dari segi kekerasan meskipun pada tingkat keawetan kayu bengkirai ini tidak sebagus kayu Ulin Kalimantan.

Kayu bengkirai atau yellow balau memiliki tingkat kekerasan kelas I, tingkat keawetan kelas I,II,III sedangkan tingkat kekuatanya kayu bengkirai ini sangat bervariasi.

Sayangnya, terdapat satu kekurangan yang dimiliki decking bengkirai ini yaitu memiliki potensi retak yang cukup tinggi. Hal ini di sebabkan karena tingkat kekerasannya yang tinggi sedangkan tingkat ketahanan dan tingkat keawetannya menengah.

desain lantai kolam renang minimalis

Tetapi anda tidak perlu khawatir, untuk mencegah suatu keretakan pada decking kayu bengkirai. Ketika proses pemasangan berlangsung, memerlukan tenaga kerja yang ahli dibidangnya selain mendapatkan hasil yang memukau tenaga kerja yang ahli tersebut memiliki sebuah trik untuk mencegah terjadinya keretakan pada decking kayu bengkirai.

Namun dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan kayu Ulin  dan tidak memiliki getah seperti kayu merbau, pemilihan kayu Bengkirai sebagai penutup Tepi kolam renang anda tentunya sangat cocok.

Decking kayu keruing

deck wood foor swimming pool

Decking kayu keruing ini bisa dijadikan pilihan untuk menutupi Tepi kolam renang anda. kayu keruing ini termasuk kayu yang lumayan bagus dan keras. hanya saja, kayu ini tidak lebih keras dari kayu merbau, kayu bengkirai, kayu ulin dan kayu jati.

Kayu keruing ini memiliki kualitas yang tingkat kekerasan kelas I, tingkat kuat kelas II dan tingkat keawetannya kelas II. Lebih keras jika di bandingkan dengan kayu jati namun masih di bawah kayu ulin dan kayu bengkirai.

decking kayu kolam renang

Meskipun begitu, decking kayu keruing ini tetap dapat diandalkan kok dan dapat bertahan selama beberapa tahun ke depan.

Harga dari decking kayu keruing ini terbilang cukup murah, akan tetapi bukan berarti murahan. Murah dalam artian dapat di jangkau oleh semua kalangan.

Alasan mengapa memilih decking kayu untuk tepi kolam renang

Mungkin pada saat ini anda sedang bertanya-tanya kenapa pada bagian pinggiran kolam renang lebih pantas dan cocok untuk di terapkan decking kayu atau deck wood, alasannya karena decking kayu memiliki fitur anti slip.

lantai parket tepi kolam renang

Selain itu, decking kayu juga memiliki kualitas yang cukup tinggi dari segi ketahanan, kekuatan dan keawetan karena terbuat dari jenis kayu yang termasuk ke dalam golongan jenis kayu keras. Pembuatannya pun sangat alami tanpa adanya campuran bahan kimia lainnya, sehingga dapat bertahan cukup lama.

Bila dilihat dari segi tampilan, lantai kayu outdoor ini dapat menghadirkan suasana yang alami dan natural karena terbuat dari kayu alami yang memiliki warna khas dengan serat kayu yang beragam sehingga membuat tampilan kolam renang terlihat lebih indah.

Baca juga: 3 jenis decking kayu terbaik untuk halaman rumah

Inspirasi pemasangan decking di pinggiran kolam renang

Bagi anda yang memiliki sebuah kolam renang di halaman belakang rumah dan hendak memasang lantai parket outdoor atau decking kayu sebagai bahan material penutup lantai pada bagian samping kolam renang, perlu diperhatikan dari segi kualiatas jenis decking yang akan digunakan.

inspirasi desain lantai kolam renang

Apakah cocok atau tidak dengan iklim di daerah tempat anda tinggal, karena nantinya decking kayu tersebut akan di landa dengan cuaca yang ekstrim. Maka dari itu, pemilihan jenis decking harus bisa menyesuaikan dengan perubahan suhu atau cuaca.

Salah satu jenis decking yang memiliki kualitas sangat tinggi dari segi kekuatan dan keawetannya yaitu decking kayu ulin.

Desain lantai kayu outdoor samping kolang renang

Tidak hanya dari segi kualitasnya saja, bagi anda yang lebih mengutamakan keindahan dalam sebuah tampilan. Maka jenis decking yang cocok dalam hal tersebut yaitu decking kayu merbau karena jenis decking kayu tersebut memiliki segi warna yang sangat eksotis yaitu berwarna merah kecoklat-coklatan dengan di dukung dengan serat kayu alami yang lurus menyerupai kayu kelapa, seperti yang sudah kami jelaskan di awal.

Estimasi biaya pemasangan decking kayu untuk samping kolam renang

Jikalau anda memang benar-benar berniat untuk memasangkan decking kayu di area samping kolam renang, pastikan anda memiliki budget yang cukup besar mengingat produk lantai kayu outdoor memiliki harga yang relatif mahal.

harga pasang decking kayu outdoor

Dimulai dengan harga decking kayu merbau berukuran 1,9cm x 9cm x 100cm yaitu Rp. 450.000/m², dan biaya pemasangan decking berkisar Rp. 150.000/m².

Mari kita kalkulasikan, anda membutuhkan decking kayu merbau sebanyak 150m² ± bantalan 25% dari keperluan decking yaitu seharga Rp. 84.375.000 + biaya pemasangan sekitar Rp. 22.500.000.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya finishing ataupun hal lainnya karena dengan total biaya Rp. 106.875.000, anda sudah all-in.

Perlu diingat, harga diatas hanya estimasi saja.

Apa fungsi dari bantalan ketika pemasangan decking?

Bantalan tersebut bertujuan sebagai media landasan utama decking yang akan di pasangkan agar lebih padat, kuat, tersusun dengan rapih dan tentunya akan sangat aman ketika digunakan nantinya.

Sebagian besar dari anda mungkin berpendapat, kenapa harga pemasangan decking kayu outdoor terbilang cukup mahal. Hal ini dikarenakan, memasangakan decking kayu ini memerlukan keahlian yang khusus sebab decking kayu memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sehingga terbilang cukup sulit untuk di aplikasikan.

Pemasangan decking kayu di samping kolam renang

Dan, harus di kerjakan oleh tenaga kerja yang ahli dibidangnya dengan pengalaman yang sudah cukup lama agar hasilnya tersusun rapih dan memuaskan.

Pilihan ada ditangan anda…

baik anda memilih decking kayu merbau, decking kayu Ulin, decking kayu keruing ataupun decking kayu bengkirai, karena keempat jenis lantai kayu outdoor tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dan tentunya telah teruji kekuatan, ketahanan dan keawetannya sehingga anda tidak perlu menghawatirkan dari segi kualitasnya.

Baca juga : Harga parket & biaya pasangnya 2021

Bagi anda yang penasaran dengan info detail produk beserta harganya dan kisaran biaya pemasangan decking kayu, bisa langsung menghubungi salah satu marketing dari kami di bawah ini. (Konsultasi Gratis)

Konsultasi
Maurin (081-222-464-280)
konsultasi dengan marketing gratis
Segitu saja pembahasan kita kali ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *