kenali plus minus kayu merbau beserta produknya

Mengenal Karakteristik Kayu Merbau Beserta Produknya

#Hargaparket.com – Mengenal sifat dan karakter kayu Merbau, seperti apa kayu Merbau? apa keistimewaan kayu Merbau sehingga banyak yang menilai bahwa kayu Merbau sangat baik dari sisi keawetan  dan kekerasan kayunya.

Salah satu jenis kayu yang umum dijadikan lantai kayu adalah kayu Merbau, sangat populer dan banyak ditemukan di daerah papua. akan tetapi kayu merbau juga dapat ditemukan di daerah kalimantan dan sulawesi, kayu merbau tergolong dalam kualitas bagus dan memiliki serat yang unik, menjadi daya tarik dan punya ciri khas nya tersendiri.

Bagi anda yang membutuhkan informasi harga lantai kayu merbau, papan tangga kayu merbau maupun harga decking outdoor kayu merbau, kami sajikan informasinya di bawah ini:

List Harga Produk Kayu Merbau

Nama Produk ParketUkuran Harga
Parket merbau1 x 5 x 20 cmRp. 190.000,-/M²
1 x 5 x 20-45 cmRp. 200.000,-/M²
1,5 x 8,5 x 30-60 cmRp. 250.000,-/M²
Flooring merbau1,5 x 9 x 30-90 cmRp. 420.000,-/M²
Flooring merbau 1,5 x 12 x 30-90 cmRp. 450.000,-/M²
Decking outdoor merbau1,9 x 9 x 100 cm upRp. 450.000,-/M²
Papan tangga merbau2,5 x 30 cm satuan lembarRp. 500.000,-

Notes : Harga di atas belum termasuk dengan biaya pasang parket

Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail produk, harga dan biaya pemasangannya bisa langsung menghubungi salah satu pihak marketing kami di bawah ini: ( Konsultasi Gratis )

Konsultasi gratis untuk mengetahui tentang harga lantai kayu dan biaya pasangnya

Karakteristik Kayu Merbau

Pohon Merbau dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter, panjang cabang rata-rata 20 meter. Memiliki warna teras yang berbeda dengan warna gubal,dengan demikian kita dapat membedakan mana lantai kayu yang terbuat dari teras dan mana yang terbuat dari gubal, tidak bisa dibohongi.

karakteristik kayu merbau perhutani

Warna teras kayu Merbau bervariasi seperti abu-abu kecoklatan, kuning kecoklatan, coklat merah dan cokelat merah terang. Warna gubal kayu Merbau kuning pucat atau kuning muda. Tekstur kayu Merbau kasar, jika diraba terasa licin dan halus, serat kayu lurus namun ada juga serat nya yang tidak beraturan karena jenis kayu Merbau sangat banyak macamnya.

Keistimewaan kayu Merbau adalah tahan dari serangan hama atau hewan pemakan kayu seperti rayap, karena didalamnya terkandung anti rayap alami. Terlebih lagi kayu merbau mempunyai kualitas yang cukup tinggi, baik dari segi kekerasan, ketahanan maupun keawetannya. Sehingga cocok untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi, elemen dekorasi, partisi, furniture atau mebel.

Kayu Merbau selain karakternya kuat juga tidak mudah retak dan tingkat penyusutan minim, sangat cocok jika dijadikan lantai kayu parket, kusen, decking kayu outdoor, papan kayu tangga minimalis dan daun pintu maupun jendela.

Sudah banyak sekali rumah-rumah modern jaman sekarang yang menggunakan lantai kayu sebagai penutup lantai, contoh nya kayu merbau ini. kayu merbau memiliki warna yang sangat unik sehingga membuat rumah terlihat lebih nyaman dan elegan.

Akan tetapi selepas dari itu semua, kayu merbau selain memiliki kualitas bagus, kayu merbau pun memiliki kelebihan dan kekurangan nya. berikut inilah dia kelebihan dan kekurangan dari kayu merbau :

Kelebihan kayu merbau

  • serat yang lurus
  • tahan terhadap serangan serangga dan rayap
  • memiliki stabilitas yang cukup baik
  • memiliki warna kayu yang unik, yaitu merah
  • dapat mengeluarkan ion negatif, baik untuk kesehatan
kelebihan dan kekurangan kayu merbau

Kekurangan kayu besi

  • memiliki mata kayu yang banyak
  • karena memiliki kualitas yang tinggi, maka dari itu proses pengerjaannya akan memakan waktu yang cukup lama
  • harganya yang tergolong cukup tinggi

Baca juga : Plus Minus Kayu Mahoni

Penjelasan Tentang Produk Kayu Merbau

Kayu merbau selain memiliki fungsi sebagai penutup lantai indoor dan outdoor, akan tetapi kayu merbau juga dapat dijadikan kontruksi lainnya. karena kayu merbau ini memiliki kualitas daya tahanya yang cukup baik, berikut dibawah ini adalah pembahasan mengenai kayu merbau yang dapat di jadikan decking kayu outdoor:

Kayu Merbau Untuk Outdoor/Decking

Melihat kekuatan dan daya tahannya, kayu Merbau sangat mungkin untuk dijadikan decking outdoor. Sudah banyak perusahaan pengolah kayu menjadikan kayu Merbau sebagai flooring,decking outdoor, konstruksi bangunan, mebel dll. Bahkan kayu Merbau bisa juga digunakan di area kolam renang.

harga decking kayu merbau per meter

Kayu untuk decking kolam renang harus memiliki persyaratan khusus yaitu keras, kuat, tahan terhadap perubahan cuaca,tidak mudah memuai maupun menyusut,tidak mudah lapuk dan tahan terhadap panas dan air.

Area outdoor hampir setiap saat mengalami perubahan suhu dari panas ke dingin begitu juga sebaliknya,untuk mengatasinya, decking kolam renang dibuat panjang dan tebal dilengkapi alur anti slip.

Yang harus diperhatikan dalam mengggunakan decking kayu Merbau adalah pada saat pemasangan,terutama dibagian bawah decking harus diberi bantalan.

Jangan biarkan decking kayu bersentuhan langsung dengan lantai, beri juga rongga untuk saluran air, agar air tidak terjebak dibawah decking yang nantinya dapat mencegah pelapukan. Gunakan bahan finishing khusus outdoor yang dapat membantu menahan air tidak langsung meresap kedalam kayu.

Bahan finishing untuk decking kayu Merbau kolam renang.

Sayangnya, decking kayu merbau ini jika terkena air cukup lama akan mengeluarkan getah berwarna merah, cukup mengganggu memang. Namun hal tersebut sifatnya tidak permanen, getah merah pada kayu merbau akan berhenti keluar jika sering terkena air dalam kurun waktu 1-2 bulan.

Floring kayu merbau

bagi anda yang ingin sekali memakai lantai kayu sebagai penutup lantai dirumah, dan yang ingin anda pasang adalah jenis kayu merbau. tenang saja, karena dari awal kami menyampaikan bahwa kayu merbau memiliki banyak jenis.

Harga flooring kayu merbau
floring kayu merbau

floring kayu merbau sama saja seperti lantai kayu pada umumnya, hanya yang membedakannya dari segi ukuran. untuk ukuran floring merbau bisa terbilang cukup besar yakni 1,5 x 9 x 30-90cm/pcs. serta dilengkapi dengan sistem pengunci T&G, dengan begitu floring kayu merbau akan kuat dan awet ketika sudah terpasang.

Baca juga : Project pemasangan lantai kayu merbau

floring kayu merbau memiliki 5 jenis, yaitu:

  • floring kayu merbau standar 1,5 x 9 x 30-90cm
  • floring kayu merbau bepel 1,5 x 9 x 30-90cm
  • floring kayu merbau jumbo 1,5 x 12 x 30-150cm
  • floring kayu merbau jumbo 1,5 x 14 x 50-60cm
  • mini floring kayu merbau 0,9 x 7 x 30-120cm

dari kelima jenis di atas tentunya memiliki harga yang berbeda-beda serta memiliki ciri khas dan keunggulannya tersendiri. jika anda ingin mengetahui tentang harga kayu merbau anda bisa klik link ini, Harga Lantai Kayu

Lamparquet merbau

selain floring kayu merbau, kali ini ada tipe kayu merbau yang lain yaitu lamparquet merbau. untuk ukuran dari lamparquet ini memiliki inteval 5cm, yang dimana setiap interval memiliki harga yang berbeda.

Harga lamparquet merbau 2021
lamparquet kayu merbau

karena ukurannya ada yang panjang serta yang pendek, perbedaan suatu ukuran akan sangat terlihat berbeda. semakin besar ukuran lantai kayu, semakin besar pula urat kayunya yang ter expose.

berikut inilah rincian dari ukuran lamparquet kayu merbau:

  • Ukuran tebal 1cm x lebar 5cm x panjang 20cm
  • ukuran tebal 1cm x lebar 5cm x panjang 25cm
  • ukuran tebal 1cm x lebar 5cm x panjang 30cm

Untuk harga dari ketiga ukuran lamparquet di atas tentunya berbeda-beda, berikut inilah dia daftar harganya: Harga Lamparquet Merbau

Papan kayu untuk tangga

rekomendasi papan tangga kayu merbau harga murah & berkualitas

Papan kayu merbau ini adalah hanya untuk hiasan tangga di rumah anda agar terlihat lebih alami dan nyaman. untuk ukuran papan kayu merbau ini sangat lah beragam, sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran tangga dirumah anda.

  • ukuran tebal 2,5cm lebar 32cm dan panjang mulai 100cm sampai dengan 200cm

Informasi Selengkapnya : Harga Papan Tangga Kayu Merbau & Jati Beserta Ulasannya

Kisi-kisi kayu merbau

rekomendasi kisi-kisi kayu merbau minimalis

Dan yang terakhir, kisi-kisi kayu merbau. Produk yang satu ini berfungsi sebagai elemen dekorasi sekat ruang pengganti partisi ruangan dan sekaligus alternatif pilihan selain dinding kayu lambersering yang notabene harganya relatif cukup mahal. Kisi-kisi kayu dapat diterapkan didalam ruangan maupun diluar ruangan, tergantung keinginan.

  • Ukuran tebal 3cm, lebar 6cm dan panjang 100cm sampai dengan 400cm.

Informasi Selengkapnya : Harga Kisi-Kisi Kayu Merbau

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda mengenai kayu jenis merbau atau bermanfaat bagi anda yang sedang mencari penutup lantai kayu ber jenis merbau. sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *