daftar material lantai terbaik tahun 2021

Ingin Memasang Lantai Rumah? Inilah Daftar Jenis Lantai Terbaik

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya material lantai pada sebuah rumah merupakan suatu hal yang amat sangat penting. Kenapa? karena sebuah lantai berperan sebagai alas pijakan untuk kita berjalan dan dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah nan mewah, rumah akan memiliki karakter yang kuat jika terpasang sebuah pijakan lantai.

Memilih jenis lantai yang akan kita pakai tentunya hal itu bukan perkara yang mudah karena, harus sesuai dengan ukuran, motif dan tipe yang sesuai dengan fungsinya serta luas desain interior setiap ruangan.

memilih lantai

Maka dari itu, pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan memberikan sejumlah daftar jenis-jenis lantai yang dapat digunakan di dalam rumah Anda. Yang pastinya jenis lantai yang akan kami berikan sangat cocok di aplikasikan terhadap desain rumah minimalis, klasik dan kontemporer. Simak ulasannya di bawah ini:

Rekomendasi Material Lantai Terbaik Tahun 2021

Terdapat beberapa jenis material lantai yang cocok dan sangat pas untuk di terapkan ke dalam rumah, baik indoor maupun outdoor. Terutama hunian yang mengusung tema atau konsep minimalis, tentunya material lantai tersebut nantinya akan menyesuaikan dengan desain rumah kita. Deretan jenis lantai terbaik tahun 2021 tersebut diantaranya yaitu:

Lantai Ubin atau Keramik

jenis lantai terbaik

Lantai keramik atau porselen merupakan sebuah jenis lantai yang paling banyak digunakan di hampir setiap rumah, kedua jenis lantai tersebut memiliki keunggulannya masing-masing dan terdapat kegunaan yang berbeda.

Ubin keramik pada umumnya sering digunakan sebagai pijakan untuk area kamar mandi dan sekitarnya, karena tidak dapat menyerap air, jika ingin menggunakan jenis lantai ini untuk lantai kamar mandi usahakan pilihlah kerimik yang memiliki tekstur agak kasar, hal ini bertujuan agar tidak licin.

desain lantai kamar mandi

Selain cenderung digunakan untuk area kamar mandi, lantai keramik juga sangat cocok digunakan untuk area-area lainnya di dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur dan lain sebagainya.

Sayangnya, lantai keramik itu mudah retak dan pecah jika mengalami perubahan suhu atau tertimpa furniture yang berat. Tidak hanya itu, lantai keramik juga berkesan dingin ketika dipijak dan sangat keras sehingga dapat menimbulkan resiko cedera yang fatal bila terjatuh ke bawah lantai.

Sedangkan ubin porselen cenderung lebih padat, tahan terhadap air dan memiliki tingkat keawetan yang cukup baik sehingga sangat cocok untuk keperluan lantai di dalam rumah dengan penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Perbandingan antara lantai kayu dengan lantai keramik

Lantai Kayu

Desain rumah lantai kayu

Setelah kita membahas lantai keramik yang memiliki kesan dingin dan keras, selanjutnya kami akan membawa anda ke jenis lantai yang memiliki keunggulan tersendiri yaitu lantai kayu.

Lantai kayu merupakan sebuah produk penutup lantai yang di desain untuk ruangan yang tertutup di dalam hunian rumah, kelebihan dari jenis lantai ini yaitu memiliki kesan yang hangat, empuk ketika dipijak, serta kayu yang alami dan corak motif yang beragam. sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki desain rumah yang bernilai seni tinggi dengan sentuhan alami.

cara merawat lantai kayu

Seperti jenis lantai kebanyakan lainnya, lantai kayu juga memerlukan perawatan, tetapi yang membedakan lantai kayu ini yaitu memerlukan perawatan yang insentif agar terlihat bersih dan kinclong guna menciptakan suasana rumah yang menyenangkan.

Informasi lebih lanjut : List Harga Lantai Parket 2021

Lantai Vinyl

Lantai vinyl

Ingin memiliki jenis lantai yang harganya murah dengan motif warna yang beragam? maka solusinya yaitu lantai vinyl, jenis lantai ini terbuat dari bahan dasar PVC (Polivinyl Chloride) dengan aneka ragam motif yang dilapisi pada bagian permukaannya dan memiliki tekstur yang halus.

lantai vinyl harga murah

Uniknya, Lantai vinyl dapat bertahan dari cipratan air sehingga penerapannya sangat cocok untuk area dapur dan juga dinilai mampu bertahan dengan jangka waktu yang cukup lama serta berkesan hangat seperti lantai kayu. Maka tak heran jika lantai ini cukup banyak diminati oleh semua kalangan, jadi lantai vinyl ini cocok sebagai alternatif selain lantai keramik.

Informasi selengkapnya tentang : Apa itu lantai vinyl ? & harga lantai vinyl per meter 2021

Akan tetapi, lantai vinyl ini memiliki kandungan kimia yang dapat mempengaruhi kualitas di dalam ruangan. Walaupun beberapa produsen kini telah mengurangi bahan kimia tersebut, tetapi kita harus lebih waspada karena kandungan tersebut kurang baik bagi kesehatan.

Solusinya yaitu, pastikan terdapat celah udara atau ventilasi agar sirkulasi udara tetap berjalan selama aktivitas berlangsung.

Baca juga : Perbandingan lantai vinyl & parket

Lantai Marmer

marmer floor

Ingin memakai jenis lantai yang mampu membuat rumah terlihat mewah dengan tema modern? jika iya, maka solusinya yaitu memilih lantai marmer. produk lantai ini dapat memberikan kesan mewah, elegan dan modern terhadap hunian rumah dengan didukung berbagai macam motif dan warna serta mempunyai pola serat yang menyambung.

lantai marmer

Sayangnya, untuk penggunaan jenis lantai marmer ini kurang cocok di aplikasikan terhadap area terbuka (outdoor), hal ini di karenakan lantai marmer akan akan cepat terkena jamur dan warna permukaannya akan lebih cepat memudar atau terlihat kusam.

Baca juga: Lantai kayu outdoor

Perlu diketahui, bahwasannya lantai marmer ini memiliki harga yang relatif mahal dan membutuhkan tenaga kerja yang profesional dibidannya agar lantai marmer terpasang rapih dan tidak mudah pecah atau retak.

Lantai Granit

granit floor

Selain lantai marmer, terdapat juga jenis lantai yang dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah dan modern yaitu lantai granit. jenis lantai ini beragam pola, motif dan warna yang elegan.

Lantai granit ini cukup banyak diminati sama halnya dengan lantai ubin, lantai kayu dan lantai vinyl. anti gores dan anti slip yang dimiliki lantai ini menjadikannya jenis lantai primadona untuk semua kalangan. Tidak hanya itu, lantai granit juga tidak dapat menyerap noda.

Baca juga : Lantai kayu merbau Kalimantan

Lantai laminasi

lantai hpl

Lain halnya dengan lantai vinyl, jenis lantai laminasi ini termasuk ke dalam jenis lantai ramah lingkungan, bahan untuk membuat jenis lantai laminasi ini cukup mudah didapatkan dengan metode pengolahan menggunakan teknologi masa kini.

Sehingga, lantai jenis ini sering di gadang-gadang sebagai pilihan alternatif selain lantai kayu solid yang memiliki harga relatif mahal, jadi Anda bisa menghemat budget jika menggunakan jenis lantai yang satu ini.

Baca juga: Kelebihan lantai laminasi

Lantai karpet

lantai karpet

Bagi Anda yang menginginkan sebuah lantai yang berkesan hangat tanpa menggunakan lantai kayu, lantai vinyl dan lantai laminasi, Anda bisa gunakan lantai karpet sebagai pilihan alternatif karena sama-sama bersifat hangat terhadap ruangan.

Permadani atau karpet ini terbuat dari bahan tekstil penutup lantai, terdiri dari lapisan atas yang berbulu yang melekat pada bagian bagian alasnya.

Tetapi, jika Anda benar-benar ingin memakai jenis lantai karpet ini, perlu diperhatikan segi perawatannya karena lantai karpet dapat menimbun berbagai debu dan kotoran yang menempel di sela-sela permukaan.

Baca juga : Lantai keramik vs Lantai vinyl

membersihkan lantai karpet

Oleh karena itu, harus dilakukan pembersihan setiap hari menggunakan vaccum cleaner agar kotoran dan debu terkecil sekalipun bisa tersedot oleh alat ini dan tidak lupa juga untuk sesering mungkin di jemur dibawah sinar matahari.

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini seputar jenis lantai yang cocok diaplikasikan di dalam ruangan, semoga pembahasan ini dapat membantu Anda yang sedang mencari jenis lantai terbaik 2021. Terimakasih

Ingin memasang lantai kayu? Kunjungi website kami untuk melihat-lihat terlebih dahulu lantai kayu berkualitas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *