Apakah Itu Kayu Kamper?

Kayu kamper– pohon kamper adalah pohon yang memiliki ketinggian 20-30 meter dengan diameter 0,6-1,2 meter, dan pohon ini memiliki nama lain yaitu cinnamomum camphora. saat dilumatkan tercium sangat bau kapur barus makanya jenis pohon ini disebut kamper.

Kayu kamper banyak ditemukan di daerah tropis, seperti kalimantan, paling banyak tumbuh di dataran kota samarinda. namun saat ini kayu kamper telah menyebar di daerah subtropis.

Jika anda belum tahu ciri-ciri kayu kamper, coba anda lihat dari serat kayunya tersebut yang memiliki serat lurus atau bergelombang, kemudian anda pegang dan rasakan bahwa kayu kamper yang asli teksturnya terasa kasar, dan terakhir aroma nya yang bau kamper.

Kualitas kayu ini termasuk kayu yang kuat dan tahan hama, karena daya tahan kayu ini sangat awet ketika digunakan. kekuatannya bisa sampai 10-15 tahun. makanya kayu ini bisa dikatakan menyerupai kayu jati. mungkin kalau dari kualitas kayu jati masih unggul dan dari segi harga kayu jati masih terbilang mahal.

Harga kayu kamper terbilang murah jika dibandingkan dengan harga kayu jati. makanya kayu ini bisa dikatakan alternatif pengganti kayu jati, bahkan kayu kamper sangat cocok digunakan untuk keperluan pembangunan rumah dan produksi furniture. karena kayu kamper sudah terbukti tahan terhadap rayap, tidak dapat ditumbuhi jamur,dan serangan hama.

Kelebihan dan kekurangan kayu kamper

Kelebihan kayu kamper

  • Tahan terhadap rayap

Seperti yang saya ceritakan di atas, kayu kamper seperti kayu jati yang tahan terhadap rayap dan serangan hama.

  • Memiliki kekuatan dan keawetan

Kayu kamper dikategorikan sebagai kayu yang kuat kelas I, dan keawetannya termasuk ke dalam kelas II. makanya kayu ini banyak digunakan untuk keperluan pembangunan rumah dan furniture, seperti untuk kusen jendela, pintu, lantai parquet, dan lemari

  • Serat kayu yang indah

Serat kayu yang cantik menjadi ciri khas dari kayu ini, karena kemewahan sebuah material kayu yang pertama dilihat adalah serat kayu tersebut.

Kekuarangan kayu kamper

  • Hancur jika terkena air secara terus menerus

Mungkin hal ini menjadi kekuarangan semua jenis kayu, yang namanya kayu sudah jelas akan hancur jika terus-terusan terkena air dalam jumlah banyak. karena pada umumnya kayu bukanlah besi yang kuat.

Baca juga kayu merbau

Apakah kayu kamper berbahaya?

Mendengar istilah kayu kamper sudah pasti dikaitkan dengan baunya kapur barus, banyak orang berfikir kapur barus merupakan bahan kimia yang sering kita temukan untuk penggunaan pengharum lemari dan kamar mandi.

Kapur barus adalah zat padat berupa lilin berwarna putih, zat ini adalah terpenoid dengan formula kimia, dan zat tersebut memang ditemukan dalam tanaman jenis pohon kamper.

Bahan kapur barus itu memang diambil dari kayu kamper, memang jelas berbahaya jika sudah menjadi kapur barus. akan tetapi jika kita mengambil kayu tersebut di olah untuk berbagai keperluan bangunan dan furniture itu tidak membahayakan alias aman-aman saja.

Jadi jangan takut keracunan atau iritasi pada kulit jika kayu tersebut menjadi material rumah anda.

Jenis-jenis kayu kamper

Banyak jenis kayu kamper yang bisa anda gunakan, semuanya memiliki kualitas yang sama. paling yang membedakannya di lihat dari kehalusan kayu tersebut. jadi ketika anda membeli kayu kamper yang berasal dari kota selain samarinda masih tetap bagus.

Jenis-jenis kayu kamper tersebut adalah:

  • Kayu kamper samarinda
  • Kayu kamper singkil
  • Kayu kamper banjar
  • Kayu kamper medan

Perbandingan kayu kamper dengan kayu rengas dan kayu kempas

Kayu rengas dikenal sebagai kayu yang memiliki keindahan dari segi serat dan kekuatannya. serat kayu yang bergaris-garis serta warna khas merah kecoklatan menjadikan kayu ini cocok digunakan untuk dekorasi interior maupun eksterior.

Begitu juga dengan kekuatannya yang tidak diragukan lagi, bahkan kayu ini dipercaya untuk dijadikan decking kayu atau lantai kayu outdoor.

Baca juga kayu rengas

Sedangkan untuk kayu kempas. kayu yang banyak tumbuh di kawasan sumatera dan kalimantan memiliki kekuatan dan keawetan yang baik pula. kayu ini termasuk ke dalam kategori kayu kuat kelas I dan keawetan kelas III.

Bisa dikatakan kayu kempas memiliki keawetan yang rendah, namun setelah di awetkan terlebih dahulu kayu ini menjadi kayu berkualitas tinggi. dan saking kerasnya kayu ini jika anda mau memaku alangkah baiknya di bor terlebih dahulu

Baca juga kayu kempas

Kalau di lihat dari segi harga dipasaran antara kayu kamper, rengas, dan kempas. harga kayu rengas sangat unggul. harga kayu kamper dan kempas di bawah harga kayu rengas. namun bukan berarti kayu kamper dan kempas kayu yang tidak layak digunakan, karena semuanya termasuk kayu yang sangat kuat.

Sekarang anda tinggal pilih saja tiga kayu di atas yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *