Apakah Itu Kayu Rengas?

Kayu rengas– Di indonesia yang termasuk jenis kayu berkualitas tinggi tak hanya kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, dan kayu ulin. ada jenis kayu yang memiliki keunggulan dari segi kekuatan dan warna yang khas yaitu kayu rengas.

Jenis kayu rengas sudah biasa digunakan untuk keperluan furniture, panel-panel dekorasi, dan kerajinan. karena saking kuatnya kayu rengas sering digunakan untuk kontruksi berat seperti tiang dan balok rumah, bantalan rel kereta api, dan jembatan.

Tak perlu ragu lagi jika anda membutuhkan kayu untuk kebutuhan sebuah rumah, gunakan saja kayu rengas yang sudah terbukti keras dan banyak digunakan oranglain.

Sifat kayu rengas

Terasnya kayu rengas seperti merah darah, dan secara bertahap menjadi merah dop atau cokelat dengan sedikit perpaduan warna merah dop setelah terkena sinar matahari. bahkan sangat berbeda jauh dari warna gubalnya yang lebar kekuaningan atau cokelat merah jambu.

Sedangkan untuk serat kayunya, bisa dikatakan tekstur halus sedang sampai agak kasar. bahkan melihat dari masalah penyusutannya kayu rengas termasuk kayu yang rendah dan soal keawetan kayu rengas tergolong kurang, maka dari itu kayu ini sering di awetkan terlebih dahulu sebelum di olah untuk berbagai keperluan sebuah bangunan.

Baca juga informasi kayu kempas

Jika sudah selesai membaca artikel tentang kayu kempas, mungkin anda akan bertanya-tanya soal perbandingan kualitas kayu kempas dan kayu rengas.

Perbandingan kayu rengas dan kayu kempas

Kayu rengas adalah alternatif pengganti kayu jati, kenapa bisa dikatakan pengganti kayu jati. karena kayu rengas memiliki kekuatan yang baik, dan kemewahan dari warna kayunya.bahkan melihat dari kelasnya kayu rengas masuk ke dalam kelas awet II dan kelas kuat II.

Di toko-toko furniture banyak sekali yang menggunakan kayu rengas sebagai bahan utamanya.

Selain untuk furniture kayu rengas sering digunakan untuk kontruksi bangunan dan keperluan interior dan eksterior. yang menjadi keunggulan dari kayu ini sering di olah untuk bahan lantai kayu parquet.

Dan yang menjadi berbahaya dari kayu rengas adalah getahnya yang sangat beracun dan apabila terkena kulit bisa gatel dan iritasi. namun semuanya bisa di atasi oleh orang-orang yang mengolah kayu ini, sehingga ketika kayu ini sudah berbentuk furniture atau lantai kayu sudah sangat aman untuk digunakan.

Yang terdengar sepintas masalah kayu ini tingkat keawetan yang rendah, dan terkadang masyarakat mempercayainya. namun setelah masuk ke dalam proses pengawetan yang baik kayu ini menjadi kayu yang bisa awet dan tahan lama, makanya dikatakan sebagai alternatif pengganti kayu jati.

Untuk masalah pengerjaan, kayu rengas lebih mudah diolah ketika masih segar, bahkan ketika di serut dan di plitur hasilnya akan jauh lebih bagus. berbeda ketika kayu ini sudah lama disimpan kemudian di olah. pengerjaannya akan sedikit sulit

Kayu kempas

Sedangkan untuk kayu kempas termasuk kayu yang keawetannya terbilang rendah, maka dari itu kayu ini jarang digunakan untuk mebel dan furniture. namun kayu kempas memiliki kualitas sebagai kayu keras yang tinggi. kayu ini sering digunakan untuk bahan kontruksi yang terbilang berat, seperti bantalan rel kereta api dan struktur lainnya.

jadi perbandingan kayu kempas dan rengas sama-sama memiliki kualitas yang bagus dan kekurangan yang gak jauh berbeda. jadi jika anda menemukan olahan kedua kayu ini yang di jadikan lantai kayu parquet silahkan saja pilih salah satu yang membuat anda kagum.

Pengolahan kayu rengas di industri lantai parket

Kayu rengas memang memiliki serat dan warna yang terlihat mewah, tak heran jika di olah menjadi penutup lantai di bagian outdoor. di dunia lantai kayu, lantai kayu yang dipasang di luar rangan adalah decking kayu.

Semua orang sudah pasti ingin memiliki hunian dengan teras yang mewah serta alami, agar ketika oranglain melihat rumah bisa menikmati keindahan yang pantastik. olahan kayu rengas untuk decking kayu memang memberikan kesan rumah yang berbeda.

Baca juga decking kayu outdoor

Di jual dengan harga yang terjangkau membuat anda harus mencoba olahan kayu rengas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: