%Lantai kayu parket%

Apakah Itu Kayu Rengas? Jenis Kayu Yang Banyak Manfaatnya

Kayu rengas– Di indonesia yang termasuk jenis kayu berkualitas tinggi tak hanya kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, dan kayu ulin saja. Melainkan terdapat salah satu jenis kayu yang memiliki keunggulan dari segi kekuatan dan warna yang khas yaitu kayu rengas.

Jenis kayu rengas sudah biasa digunakan untuk keperluan furniture, panel-panel dekorasi, dan kerajinan. karena saking kuatnya kayu rengas sering digunakan untuk kontruksi berat seperti tiang dan balok rumah, bantalan rel kereta api, dan jembatan.

Tak perlu ragu lagi jika anda membutuhkan kayu untuk kebutuhan sebuah rumah, gunakan saja kayu rengas yang sudah terbukti keras dan banyak digunakan oranglain.

Pohon Rengas Berasal Dari Mana?

Pohon rengas adalah jenis kayu yang termasuk ke dalam anggota marga Gluta yang merupakan suku Anarcafiaceae. Pada umumnya pohon rengas tumbuh subur di kawasan tropis di wilayah Indonesia, kebanyakan pohon rengas banyak dijumpai di daerah Kalimantan dan sekitarnya.

asal usul pohon rengas di Indonesia

Namun selain negara Indonesia, kayu rengas ini juga dapat kita jumpai di negara tetangga seperti Malaysia, China, Burma, dan Thailand.

Ukuran tinggi pohon rengas bisa mencapai 40 meter hingga 50 meter dengan batang yang berbentuk bulat dan terdapat beberapa lekukan pada bagian pangkalnya. Adapula ukuran gemang batangnya yang sekitar 90 hingga 120 sentimeter dengan tinggi banir mencapai 4m.

Tahukah kalian, bahwa daun-daun pada pohon rengas ini tampak tersusun dalam bentuk spiral dan terkadang berkelompok membentuk sebuah karangan. Bentuk daunnya sendiri berupa daun tunggal degan tepian yang rata tanpa adanya bagian penumpu.

Karakteristik kayu rengas

mengenal karakteristik kayu rengas khas Kalimantan

Terasnya kayu rengas seperti merah darah, dan secara bertahap menjadi merah dop atau cokelat dengan sedikit perpaduan warna merah dop setelah terkena sinar matahari. bahkan sangat berbeda jauh dari warna gubalnya yang lebar kekuaningan atau cokelat merah jambu.

Sedangkan untuk serat kayunya, bisa dikatakan tekstur halus sedang sampai agak kasar. bahkan melihat dari masalah penyusutannya kayu rengas termasuk kayu yang rendah dan soal keawetan kayu rengas tergolong kurang, maka dari itu kayu ini sering di awetkan terlebih dahulu sebelum di olah untuk berbagai keperluan sebuah bangunan.

Baca juga : Karakteristik Kayu Kumea

Manfaat kayu rengas untuk interior & eksterior hunian

Terdapat beberapa manfaat yang bisa dihasilkan oleh kayu rengas khas Kalimantan ini, diantaranya yaitu :

Dijadikan decking kayu

rekomendasi decking kayu rengas minimalis

Salah satu pemanfaatan kayu rengas yang sering dilakukan oleh sebagian besar para produsen kayu yakni membuat decking kayu rengas. Jenis kayu ini sangat masuk sebagai kriteria penutup lantai untuk bagian luar ruangan atau luar rumah karena memiliki kualitas yang lumayan bagus, baik dari segi kekerasan, ketahanan maupun keawetannya.

Dikarenakan kayu rengas ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup bagus sehingga tidak akan mudah dimakan oleh rayap dan tidak mudah mengalami pemuaian atau penyusutan. Mak dari itu, tak heran jika kayu rengas kerap kali dimanfaatkan sebagai decking kayu outdoor yang biasanya diterapkan di halaman belakang rumah, teras, taman, dan lain sebagainya.

Membuat furniture

manfaat kayu rengas untuk membuat furniture klasik

Selain dimanfaatkan untuk membuat decking, kayu rengas juga tidak jarang dipakai untuk memenuhi kebutuhan di bidang pembuatan furniture klasik rumah tangga seperti meja, kursi hingga lemari. Dikarenakan kayu rengas ini mempunyai segi warna yang cukup unik sehingga para produsen kayu memutuskan untuk mengolah kayu rengas ini menjadi bahan baku pembuatan perabotan atau furniture.

Dan uniknya, kayu rengas ini bisa dimanfaatkan untuk olahan kerajinan tangan seperti patung, pahatan-pahatan yang bernilai seni cukup tinggi dengan adanya sentuhan yang alami.

Rangka atap rumah

manfaat kayu rengas untuk rangka atap rumah

Kayu rengas bisa menjadi alternatif pilihan sebagai pembuatan rangka atap plafon pada hunian. Tingkat kekerasan yang dimilikinya menjadi daya tarik sebagian besar para produsen untuk mengolah kayu rengas sebagai rangka atap rumah.

Selain kuat, tentunya kayu rengas ini tahan terhadap rayap dan kayu solid biasanya cenderung tidak mudah lapuk karena tingkat ketahanannya rata-rata bagus.

Baca juga : Rekomendasi Plafon Kayu Minimalis

Harga kayu kempas

Jika kalian bertanya-tanya perihal “Berapa sih harga kayu rengas dipasaran saat ini”? Harga kayu kempas sekitar 300 ribuan per meter nya.

Harga kayu kempas sendiri tergolong cukup murah bila dibandingkan dengan harga kayu solid lainnya seperti kayu ulin, bengkirai, merbau dan kayu jati. Namun murah bukan berarti murahan, kayu rengas ini dapat diandalkan untuk memenuhi berbagai keperluan dibidang interior dan eksterior rumah.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Terbaru

Perbandingan Kayu Rengas & Kayu Kempas

%Lantai kayu parket%

Kayu rengas adalah alternatif pengganti kayu jati, kenapa bisa dikatakan pengganti kayu jati. karena kayu rengas memiliki kekuatan yang baik, dan kemewahan dari warna kayunya.bahkan melihat dari kelasnya kayu rengas masuk ke dalam kelas awet II dan kelas kuat II.

Di toko-toko furniture banyak sekali yang menggunakan kayu rengas sebagai bahan utamanya.

Selain untuk furniture kayu rengas sering digunakan untuk kontruksi bangunan dan keperluan interior dan eksterior. yang menjadi keunggulan dari kayu ini sering di olah untuk bahan lantai kayu parquet.

Dan yang menjadi berbahaya dari kayu rengas adalah getahnya yang sangat beracun dan apabila terkena kulit bisa gatel dan iritasi. namun semuanya bisa di atasi oleh orang-orang yang mengolah kayu ini, sehingga ketika kayu ini sudah berbentuk furniture atau lantai kayu sudah sangat aman untuk digunakan.

Yang terdengar sepintas masalah kayu ini tingkat keawetan yang rendah, dan terkadang masyarakat mempercayainya. namun setelah masuk ke dalam proses pengawetan yang baik kayu ini menjadi kayu yang bisa awet dan tahan lama, makanya dikatakan sebagai alternatif pengganti kayu jati.

Untuk masalah pengerjaan, kayu rengas lebih mudah diolah ketika masih segar, bahkan ketika di serut dan di plitur hasilnya akan jauh lebih bagus. berbeda ketika kayu ini sudah lama disimpan kemudian di olah. pengerjaannya akan sedikit sulit

Kayu kempas

Sedangkan untuk kayu kempas termasuk kayu yang keawetannya terbilang rendah, maka dari itu kayu ini jarang digunakan untuk mebel dan furniture. namun kayu kempas memiliki kualitas sebagai kayu keras yang tinggi. kayu ini sering digunakan untuk bahan kontruksi yang terbilang berat, seperti bantalan rel kereta api dan struktur lainnya.

jadi perbandingan kayu kempas dan rengas sama-sama memiliki kualitas yang bagus dan kekurangan yang gak jauh berbeda. jadi jika anda menemukan olahan kedua kayu ini yang di jadikan lantai kayu parquet silahkan saja pilih salah satu yang membuat anda kagum.

Informasi Selengkapnya : Karakteristik Kayu Kempas & Manfaatnya

Baca juga : Perbandingan Kayu Jati Kampung Dengan Kayu Jati Perhutani

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kayu rengas khas Kalimantan, semoga dengan pembahasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang perkayuan Indonesia. Cukup sekian dan terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *