Apa Itu Kayu Kempas?

Kayu Kempas- Bagi anda yang baru mendengar apa itu kayu kempas, saya akan mencoba menjelaskan tentang kayu kempas yang saat ini menjadi kayu yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. mungkin kayu ini tidak setenar kayu jati dan kayu lainnya yang sudah sangat laris di pasaran.

Kempas adalah tumbuhan pohon yang termasuk suku Caesalpiniaceae, tersebar di malaysia, sumatra, bangka belitung, dan kalimantan. tumbuhan ini juga disebut impas. tinggi pohon ini bisa mencapai 30 meter. daun majemuk menyirip, terdiri atas 5-8 anak daun berbentuk bundar telur. (Sumber wikipedia)

Kayu kempas merupakan kayu keras yang tinggi, kayu ini sering digunakan untuk bahan kontruksi yang sangat berat seperti bantalan rel kereta api, tiang bangunan, dan struktural lainnya. walaupun kayu kempas ini merupakan kayu yang keras akan tetapi kayu ini termasuk ke dalam kayu yang keawetannya rendah. maka dari itu kayu kempas ini jarang digunakan untuk mebel atau furniture.

Baca juga lantai kayu mesjid

Cara mengolah kayu kempas

Untuk mengolah kayu kempas ini sangat mudah, karena bisa diserut dengan menggunakan mesin sampai halus, namun tak cukup sampai di serut saja. kayu ini harus dihampelas lagi agar bulu-bulu yang keluar dari kayu hilang dan kayu kempas menjadi benar-benar halus. kemudian sebelum di plitur kayu ini harus di dempul terlebih dahulu.

Walaupun kayu kempas terbilang kayu yang keras, jangan sampai ketika akan di olah kayu ini langsung dipaku. karena kayu ini jika dipaku langsung mudah pecah. alangkah baiknya jika mau membuat lubang di bor terlebih dahulu kemudian baru bisa dipaku.

Kayu kempas saat ini bisa dikatakan menjadi kayu primadona, karena tingkat kekerasan yang tinggi dan memiliki serat yang khas yaitu seperti jarum panjang-panjang, menjadikan kayu ini mampu menarik para pembeli.

Bahkan kayu kempas ini sering di olah menjadi lantai kayu yang dipasang diluar ruangan (Decking kayu), lantai kayu dengan menggunakan kayu kempas membuat kayu ini semakin bernilai tinggi. apalagi bangunan mewah saat ini banyak yang menyukai menggunakan material lantai kayu.

Perbandingan kayu kempas dengan kayu jati, merbau,dan bengkirai

Perbandingan dengan kayu jati

Kayu kempas bisa dikatakan sebagai kayu yang kualitasnya dibawah kayu jati, namun soal tingkat kekerasan dan tampilan kayu kempas juga sangat baik. tak ada salahnya jika anda ingin menggunakan kayu kempas untuk mempercantik sebuah rumah. kayu kempas merupakan kayu yang keras dengan tingkat keawetan yang rendah, sehingga kayu ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan kayu jati merupakan kayu yang harganya terbilang tinggi, kayu jati sudah sejak dulu digunakan untuk berbagai keperluan kusen, furniture, dan bahan utama lantai kayu.

Kayu jati di jual dengan harga yang tinggi karena memiliki kualitas yang baik, coba kita liat dari segi keawetannya. kayu jati sangat keras, anti rayap, dan memiliki corak atau serat yang menarik. banyak sekali corak kayu jati yang menjadi andalan untuk menaikan harganya.

Bahkan kayu jati dibagi-bagi ke dalam tiga kategori, yaitu grade A, grade B, dan grade C. kualitasnya masih sama. namun yang membedakan dari segi pengambilan kayu saat proses pemotongannya. ada yang di ambil dari tengah dan ada yang di ambil dari bagian luar.(Ketika masih berbentuk pohon).

Baca juga lantai kayu jati

Perbandingan dengan kayu merbau

Sedangkan Kayu merbau atau ipil adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras berkualitas tinggi. anggota suku fabaceae (Leguminosae). karena kekerasannya di wilayah maluku dan papua barat kayu ini ini juga dinamakan kayu besi. di papua nugini kayu ini dikenal sebagai kwila. sedangkan nama-namanya dalam bahasa inggris adalah mirabow, dan moluccan irin wood ( Sumber tokopedia)

Jika dibandingkan dengan kayu kempas, kayu merbau masih unggul dari segala aspek. tapi bukan berarti kayu kempas ini jelek atau tidak layak digunakan. kayu kempas masih sangat layak digunakan untuk keperluan rumah anda.

Baca juga lantai kayu merbau

Perbandingan dengan kayu bengkirai

Lalu bagaimana dengan kayu bengkirai. kayu ini memang sangat populer yang menawarkan sederet kelebihan yang salah satunya bisa membuat tampilan rumah menjadi menawan.

Kayu bengkirai memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sama seperti kayu kempas. bahkan kayu ini memiliki bobot yang berat. lebih berat dari kayu kempas dan kayu jati. namun kayu ini memiliki kelemahan yang potensi retaknya sangat tinggi. walaupun mudah retak kayu ini sangat mudah untuk diperbaiki.

Kayu ini hampir setara dengan kayu jati, karena tingkat kekuatan masuk ke dalam kelas I dan II. sehingga kayu sangat baik digunakan untuk berbagai keperluan rumah bagian dalam maupun rumah bagian luar.

Jika dibandingkan dengan kayu kempas dari segi harga, kayu bengkirai memang lebih mahal daripada kayu kempas. harga kayu bengkirai ini sebanding dengan harga jual kayu jati.

Baca juga lantai kayu bengkirai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *