macam-macam perabotan yang terbuat dari kayu jati

Macam-Macam Furniture Kayu Jati

Furniture kayu jati – Seperti yang kita ketahui, bahwa kayu jati merupakan jenis kayu yang paling diunggulkan dalam bidang furniture dan kontruksi. Kualitasnya yang diatas rata-rata membuat kayu jati ini sangat banyak diminati oleh para tukang khususnya para pecinta furniture atau perabotan yang terbuat dari kayu.

Kayu jati dikenal dengan kekuatan dan keawetannya sangat bagus. Tingkat densitas dan durability yang tinggi membuat kayu jati ini sering kali dimanfaatkan sebagai bahan baku utama dalam keperluan di berbagai bidang, salah satunya furniture.

Saking kerasnya kayu kayu, membuat rayap enggan untuk memakannya. Terlebih lagi kayu jati ini memiliki minyak pelumas alami anti rayap didalamnya. Sehingga dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa adanya kerusakan akibat dimakan serangga, kutu kayu atau rayap bahkan pertumbuhan jamur sekalipun.

kayu jati sering kayu digunakan untuk keperluan furniture

Selain kualitasnya yang tinggi, tetapi juga karakteristik yang dimiliki kayu jati sangat bagus. Terutama dibagian warna & teksturnya. Warna yang dimiliki kayu jati ini yaitu coklat yang terkadang terdapat sedikit warna putih dengan serat kayu yang sangat padat dan tekstur yang halus. Dengan begitu, perabotan yang terbuat dari kayu jati selain kuat dan awet, tetapi juga menghasilkan tampilan yang unik dan menarik.

Informasi selengkapnya : Plus Minus Kayu Jati

Lalu…

Perabotan Apa Saja Yang Terbuat Dari Kayu Jati?

Dari sekian banyaknya jenis furniture atau perabotan yang kita ketahui, hanya beberapa saja yang terbuat dari kayu jati. Tidak semua perabotan rumah tangga bisa dibuat menggunakan bahan dari kayu jati. Lantas, perabotan apa sajakah itu? Simak ulasannya dibawah ini :

Lemari

Sebuah lemari menjadi unsur yang cukup penting kehadirannya pada sebuah rumah, terutama dibagian kamar tidur. Karena selain berguna untuk menyimpan pakaian tetapi lemari juga bisa dijadikan tempat untuk menyimpan barang-barang tertentu yang sifatnya sangat pribadi atau private.

lemari furniture kayu jati

Tahukah kalian, bahwasanya lemari sering sekali dibuat menggunakan kayu jati lho. Dibandingkan dengan kayu lain, lemari yang terbuat dari kayu jati sangat rekomendasi, mengapa? karena kayu jati sendiri sangat kokoh dan dapat bertahan selama bertahun-tahun sehingga sangat cocok dengan kriteria lemari yang sering kali tak ganti-ganti bila memang tidak rusak.

Kursi & Meja

Selain lemari, furniture yang suka dibuat menggunakan bahan dari kayu jati yaitu meja dan kursi. Peranan kedua furniture tersebut sangat penting dan bisa dikatakan wajib aja kehadirannya pada sebuah hunian tempat tinggal.

furniture kayu jati seperti meja & kursi

Bagi kalian yang pecinta keindahan didalam sebuah ruangan (Indoor) akan sangat cocok bila memakai perabotan semacam kursi dan meja yang terbuat dari kayu jati karena selain kuat dan awet, tetapi juga memiliki segi tampilan yang sangat indah karena corak dari kayu jati sendiri sangat khas dan terkesan eksklusif.

Rak

Sebuah rak penyimpanan barang ini biasanya dibuat menggunakan elemen kayu, Jenis kayu yang digunakan pun sangat beragam, salah satunya kayu jati. Baik itu rak sepatu, rak lemari maupun rak dinding semuanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang yang sifatnya sementara.

rak minimalis yang terbuat dari kayu jati

Rak serbaguna minimalis yang terbuat dari kayu jati memang saat ini sedang banyak disukai oleh berbagai kalangan, terutama yang berkecimpung didunia desain interior hunian. Saat ini rak kayu jati cukup banyak diproduksi oleh berbagai pengrajin kayu atau mebel dan bisa kalian temukan di berbagai toko furniture.

Pintu

Selain rak, kursi dan meja. Pintu juga tak jarang diproduksi menggunakan bahan baku utamanya yang memakai kayu jati lho. Pintu kayu jati bisa dibilang perannya sama seperti lemari yang tidak akan diganti bila rusak. Bisa dibilang pintu ini sifatnya bisa permanen.

pintu yang terbuat dari kayu jati belanda

Maka tak heran jika sebuah pintu kerap kali dibuat menggunakan jenis-jenis kayu berkualitas tinggi, salah satunya ya kayu jati. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, selain tangguh dan kokoh, tampilan dari pintu kayu jati ini bisa membuat rumah kalian terlihat indah dan terkesan mewah. Terlebih lagi terdapat ukiran-ukiran yang unik yang bernilai seni cukup tinggi.

Rekomendasi Lantai Parket Kayu Jati

Tahukah kalian, selain furniture terdapat salah satu kegunaan dari kayu jati ini yang sering diterapkan kedalam hunian lho. Diantaranya yaitu penutup lantai yang terbuat dari kayu jati. Kualitas dan karakteristiknya yang mumpuni, membuat kayu jati ini tak hanya digunakan untuk keperluan furniture saja, tetapi juga dijadikan sebagai lantai kayu didalam ruangan.

rekomendasi lantai kayu jati

Lantai parket jati dan furniture kayu jati sangat rekomendasi untuk dijadikan investasi jangka panjang. Kenapa bisa begitu? Karena penggunaan perabotan dari kayu jati ini bisa bertahan kurang lebih 30-40 tahun, Jika dibandingkan per tahunya, investasi perabotan yang terbuat dari bahan kayu jati sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan perabotan yang terbuat dari kayu lain yang notabene nya hanya bertahan mencapai 8-15 tahunan saja.

Meskipun harga lantai kayu jati dan perabotan kayu jati mahal, tetapi sebanding dengan kualitas dan kelebihan yang didapat. Karena biasanya, orang yang memakai lantai kayu jati maupun furniture yang terbuat dari kayu jati lebih mengutamakan kualitas dibandingkan dengan kuantitas.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Jati 2021

Tips merawat & membersihkan perabotan dari kayu jati

cara membersihkan furniture kayu jati

Cara membersihkan dan merawat sebuah furniture atau perabotan yang terbuat dari kayu jati tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Berikut tipsnya :

  • Selalu bersihkan furniture kayu jati dari debu dan kotoran

Cara ini bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, karena hanya menggunakan lap kering maupun lap basah.

  • Pakai pembersih khusus

Alangkah lebih baiknya jika kalian membersihkan perabotan kayu jati menggunakan cairan pembersih yang di khususkan untuk kayu jati. Kalian bisa menyemprotkannya ke sekitar permukaan maupun ke sela-sela yang sulit di jangkau. Lalu biarkan bersihkan menggunakan lap atau kain ball dan biarkan mengering dengan sendirinya.

  • Oleskan minyak kayu jati pada furniture atau perabotan

Tidak selamanya warna pada furniture kayu jati akan tetap mengkilap dan konsisten. Lama-kelamaan warnanya akan memudar. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan minyak kayu jati yang dipoles ke seluruh bagian furniture, terutama pada bagian yang terekspos.

Baca juga : Cara merawat lantai kayu jati


Oke cukup sampai disini, demikianlah ulasan kita kali ini mengenai berbagai macam perabotan yang terbuat dari kayu jati sekaligus tatacara merawatnya dengan baik. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya, terimakasih.