langkah mudah membasmi rayap dirumah

Tips Menanggulangi Rayap : Penyebab, Mencegah & Membasmi

Salah satu masalah yang kerap menghantui setiap rumah adalah perihal kehadirannya sebuah rayap atau kutu kayu. Permasalahan seperti rayap ini tak jarang membuat kita sebagai penghuni merasa kesal karena ulahnya yang membuat furniture dan perabotan aksen kayu jadi rusak atau cacat. Kita pun dibuat jengkel karena perabotan yang rusak karena rayap diharuskan diperbaiki jika bisa atau diganti bila keadaannya memang rusak parah dan kita pun haru mengeluarkan uang lagi untuk hal tersebut.

Jika terus-terusan begini, maka setiap perabotan atau furniture yang ada dirumah umurnya tidak akan bertahan lama. Maka dari itu, dari pada mengobati lebih baik mencegahnya. Sebelum kita mencari tahu tatacara dalam pembasmian rayap dirumah, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab kenapa bisa ada rayap dirumah.

Karena semua kejadian tentu ada sebabnya, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui hal tersebut. Tidak perlu lama-lama, ini dia ulasannya :

Penyebab Adanya Rayap Dirumah

Salah satu penyebab adanya rayap didalam rumah yaitu karena kondisi rumah itu sendiri yang jarang diberi perawatan, sehingga kotor. Sebuah hunian yang tidak terlalu dirawat maka besar kemungkinan bukan hanya rayap saja yang dapat bersarang, tetapi penyakit pun dapat timbul.

inilah penyebab adanya rayap dirumah atau furniture

Rayap akan lebih cepat bersarang didalam rumah yang memang jarang ter-urus atau terawat, terlebih lagi jika didalam hunian tersebut terdapat beberapa furniture yang terbuat dari elemen kayu seperti lemari, kursi, meja, plafon kayu, rak dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sebelum terlambat, lebih baik kita mencegah agar rayap tidak bersarang dan berkembang biak dirumah yang kita huni. Yaitu dengan cara rutin membersihkan segala macam jenis perabotan dirumah, terutama pada barang atau furniture yang rentan terkena rayap. Lakukan setidaknya seminggu sekali atau dua kali.

Selain rumah yang jarang terawat berpotensi adanya rayap, terdapat 2 faktor lain yang menjadi penyebab kenapa bisa ada rayap dirumah yaitu karena tingkat kelembaban dan adanya aksen kayu.

Tips Mencegah Rayap Bersarang Dirumah

Lebih baik mencegah dari pada mengobati

Kata-kata seperti itulah yang sering kita dengar bukan? Kalimat tersebut mengandung berbagai makna tertentu, bisa kita manfaatkan dalam memecahkan permasalahan dalam menanggulangi rayap di perabotan atau dirumah.

Salah satu langkah mudah dalam mencegah rayap datang kerumah yaitu dengan cara :

Menurunkan suhu didalam ruangan

menurunkan suhu ruangan dapat mencegah datangnya rayap
Foto : 99.co

Tahukah kalian, bahwasanya rayap itu benci terhadap cahaya dan juga suhu panas, tetapi disisi lain rayap juga tidak suka terhadap suhu dingin yang cukup ekstrem. Oleh sebab itu, kita bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan cara meletakkan perabotan atau furniture yang berbahan kayu ke dalam ruangan yang terdapat AC (air conditioner). Tidak lupa juga untuk menurunkan suhu AC tersebut kedalam mode yang rendah agar rayap tidak akan hinggap di tembok ruangan.

Membesarkan lubang ventilasi

memperbesar ventilasi udara dapat mencegah rayap bersarang dirumah

Melebarkan ventilasi udara didalam rumah juga bisa menjadi solusi untuk mencegah rayap datang. Sebuah ventilasi yang besar dan juga lebar mampu mencegah rayap menetap dan juga berkembang biak, hal ini lantaran rayap lebih suka ditempat yang lembab.

Nah, agar ruangan didalam rumah tidak lembab kalian memerlukan lubang ventilasi udara yang besar atau lebar. Cara ini selain membuat rumah berkesan alami, tetapi juga dapat membuat rayap ogah untuk tinggal disitu. Karena dengan adanya ventilasi yang lebar atau besar membuat udara yang keluar dan masuk tersirkulasi dengan baik dan menyeluruh serta cahaya yang masuk lebih banyak.

Jemur furniture kayu secara rutin

menjemur furniture adalah solusi untuk rayap tidak bersarang

Jika kedua cara diatas dirasa berat bagi kalian untuk melakukannya, maka cara ini bisa kalian lakukan dengan mudah dalam mencegah datangnya rayap kerumah, yaitu dengan cara menjemur furniture dibawah terik sinar matahari.

Dikarenakan rayap suka pada tempat yang lembab, maka perabotan yang ada dirumah tidak boleh terkesan lembab. Untuk itu, kita harus menjemur perabotan tersebut. Jemur saja beberapa perabotan atau furniture yang sekiranya sangat penting dan kalian butuhkan agar tidak repot membawanya keluar. Lakukan cara ini dengan rutin, setidaknya 1 minggu 2 kali.

Bagaimana jika sudah terlambat adanya rayap dirumah, terus gimana cara membasminya?

Jika memang dirumah kalian sudah terlanjur adanya kehadiran rayap. Jangan panik, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara dalam menanggulanginya. Simak ulasannya dibawah ini :

Cara Membasmi Rayap Dirumah

Membasmi rayap menggunakan bahan kimia atau alami, lebih bagus mana? Tergantung kebutuhan, karena setiap jenis rayap yang hingga di berbagai rumah itu berbeda-beda. Jika rayapnya belum terlalu banyak, maka kita bisa menggunakan bahan alami untuk membasminya, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat anti rayap.

Kiat cepat membasmi rayap dirumah :

1. Siram dengan air sabun

basmi rayap menggunakan cairan sabun

Tahukah kalian, bahwa membasmi rayap menggunakan air sabun terbilang cukup ampuh lho. Dari pada membeli bahan kimia lain yang harganya mahal, lebih baik menggunakan air sabun yang kandungan kimianya tidak terlalu banyak dan harganya juga murah.

Cairan sabun tersebut dapat mengganggu sistem pernapasan pada rayap, dengan begitu rayap tersebut akan mati. Cara membasmi rayap menggunakan sabun sangat mudah, kita hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke furniture kayu yang telah terserang oleh rayap.

2. Basmi rayap pakai kapur barus

kapur barus dapat membasmi rayap dan mencegah datangnya rayap

Selain menggunakan air sabun, salah satu alternatif lain dalam membasmi rayap bisa menggunakan kapur barus karena mengandung bahan kimia yang terbukti ampuh dalam mengatasi rayap sebab kandungan Naftalena yang ada didalamnya. Kandungan seperti ini dapat membasmi serangga kecil, termasuk rayap.

Selain bermanfaat untuk membasmi rayap, kapur barus juga dapat mengatasi berbagai macam serangga dirumah, seperti kecoa, semut dan juga kutu. Cara mengaplikasikan kapur barus ini terhadap rayap sangat mudah, kalian hanya cukup meletakkan sejumlah kapur barus kedalam furniture kayu atau meletakkannya langsung ke sarang rayap yang menjadi tempat berkembang biaknya. Dengan adanya kapur barus didalam perabotan rumahmu, dijamin deh rayap tidak akan mampir kesitu.

3. Memakai garam yang dicampur air hangat

larutan air garam dapat membasmi rayap

Jika kedua cara diatas terlalu riskan menurut kalian atau tidak ada bahannya, maka cara alternatif lain dalam membasmi rayap bisa pakai garam lho. Pastinya bahan yang satu ini ada dirumah, lebih tepatnya berada di dapur.

Cara membasmi rayap menggunakan garam cukup simple. Kalian hanya perlu menyiapkan garam, lalu campurkan garam tersebut dengan air hangat, yang kemudian semprotkan air garam hangat tersebut ke sarang rayap. Biasanya rayap sering bersarang di lemari kayu, caranya membasminya cukup mudah tinggal siram saja dengan air sabur, air garam hangat atau dengan kapur barus. Mudah kan?

Baca juga : Tips mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah & mewah

Apakah Ada Jenis Kayu yang tahan rayap?

jenis-jenis kayu yang tahan rayap

Jika kalian tidak ingin ambil pusing ketika menggunakan furniture atau elemen dekorasi rumah yang terbuat dari kayu, maka disarankan memakai jenis kayu yang berkualitas tinggi atau menggunakan kayu keras. Saat ini, terdapat beberapa jenis kayu yang dapat bertahan dari serangan rayap, diantaranya :

  • Kayu Jati
  • Kayu Ulin
  • Kayu Merbau
  • Kayu Bengkirai

Dari sekian banyaknya jenis kayu yang kita ketahui, saat ini hanya keempat jenis kayu diatas yang tahan terhadap rayap. Seperti pada kayu jati, jenis kayu yang sudah populer ini mampu bertahan dari serangan serangga, kutu kayu, rayap dan juga pertumbuhan jamur. Oleh sebab itu, kayu jati sering dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga hingga lantai kayu.

Baca juga : Aneka Ragam Furniture Yang Terbuat Dari Kayu Jati

Begitupun sama halnya dengan kayu merbau yang tahan rayap karena jenis kayu ini memiliki kualitas yang diatas rata-rata dengan termasuk jenis kayu keras. Kayu merbau ini kerap kali dipakai untuk keperluan membuat papan tangga kayu dan juga lantai parket.

Sedangkan pada kayu ulin dan bengkirai, kedua jenis kayu tahan rayap ini memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara jenis kayu kebanyakan. Tidak heran jika, kayu bengkirai dan ulin sering kali digunakan sebagai lantai kayu outdoor atau decking dan juga plafon kayu minimalis di sebuah hunian.

Baca juga : Mengenal istilah olahan kayu


Oke segitu saja untuk pembahasan kali ini mengenai tatacara dalam menanggulangi rayap dirumah beserta jenis kayu yang tahan rayap. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian ya, terimakasih. Bagi kalian yang ingin menggunakan lantai kayu, plafon kayu hingga decking kayu outdoor, bisa menghubungi pihak marketing dibawah ini : (Free Survei & Konsultasi)

Maurin : 081-222-464-280