Cara Merawat Lantai Kayu & Bahan Alami Untuk Membersihkannya

Lantai pada sebuah rumah memang sangat penting karena dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih nyaman, baik itu lantai keramik, granit maupun lantai kayu.

Semua jenis lantai dapat membuat tampilan rumah menjadi elegan dan nyaman ketika digunakan, tapi tahukah Anda bagaimana caranya merawat lantai agar tetap bersih dan terjaga kualitasnya, terutama pada lantai kayu.

Tips merawat lantai kayu

Merawat lantai kayu bisa dikatakan gampang-gampang susah, pasalnya jika tidak dilakukan secara rutin maka lambat laun lantai kayu akan terlihatΒ  kusam, cepat rusak dan kotoran semakin menumpuk disela-sela kayu.

Lantai kayu yang terawat dengan baik akan mempercantik area indoor maupun outdoor rumah Anda. Parket yang terpasang di ruang keluarga akan menjaga kesehatan Anda dan keluarga tercinta.

Jadi, jangan hanya memakainya namun malas untuk merawat. Sesuatu hal yang dirawat dengan baik maka manfaatnya untuk diri sendiri dan orang lain dan akan memberikan nilai yang baik pula sebagai timbal baliknya.

3 Langkah Mudah Merawat Lantai Kayu Dirumah

Merawat lantai kayu memang sudah seharusnya di lakukan, karena lantai kayu yang kita gunakan lambat laun akan terkena debu dan kotoran yang menempel di sela-sela lantai.

Sangat di sayangkan jika lantai kayu yang kita idam-idamkan rusak atau mengalami pelapukan karena kita minim pengetahuan tentang merawat lantai kayu.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan berbagai macam tips untuk mencegah lantai kayu terkena pelapukan dan cara membersihkan lantai kayu dari debu, kotoran dan noda yang membandel. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

Lakukan perawatan secara berskala

cara merawat lantai kayu

Perawatan lantai kayu ini Anda bisa lakukan setiap hari, setiap minggu, bulan hingga setiap tahun, Perawatan berskala ini bisa Anda lakukan di rumah dengan cara di bawah ini:

  • Menggunakan sapu atau vacuum cleaner

Bersihkan lantai kayu dari setiap debu secara keseluruhan menggunakan sapu, jika ingin hasil maksimal gunakan alat vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang berukuran kecil secara menyeluruh hingga ke sudut ruangan yang sulit di jangkau menggunakan sapu.

  • Jangan lupa setiap bulan untuk mengecek lantai kayu

Terapkan jadwal bulanan ini di rumah Anda agar lantai kayu benar-benar terjaga kualitasnya, usahakan di cek dengan teliti barang kali ada lantai kayu yang tergores sangat tipis sehingga tidak terlihat.

Jika lantai kayu memang terkena goresan, maka Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan polish wood. Bahan polish wood ini dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi goresan pada lantai kayu dan mampu menjaga warna lantai kayu tetap mengkilap.

Baca juga: Harga lantai kayu

  • Coating ulang parket

Cara terakhir ini bisa menjadi solusi bagi Anda jika kedapatan lantai kayu di rumah sudah benar-benar kurang terawat sehingga permukaan lantai kayu terlihat kusam dan memudar, Biasanya permukaan lantai kayu terlihat kusam dan memudar karena pemakaiannya sudah bertahun-tahun.

pembaharuan pada permukaan lantai kayu ini terbilang cukup efektif, karena dapat menjadikan lantai kayu seperti baru kembali.

Coating ulang ini perlu dilakukan oleh tenaga kerja yang profesional di bidangnya, karena memerlukan alat dan bahan yang tidak sembarangan serta pengerjaan yang tidak gampang.

Tips Menjaga Kualitas Lantai Kayu

Merawat lantai kayu agar terjaga kualitasnya memang terbilang cukup menyulitkan, Akan tetapi kami akan memberikan sedikit tips bagi Anda untuk mencegah lantai kayu di rumah terkena goresan dan pelapukan.

Sehingga lantai kayu di rumah Anda senantiasa terjaga kualitasnya, inilah dia simak ulasan berikut:

Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Tips menjaga lantai kayu

Walaupun pada umumnya lantai kayu memiliki kualitas ketahanan yang cukup baik, akan tetapi jika terkena paparan sinar matahari secara langsung bahkan hampir setiap hari, maka lambat laun permukaan lantai kayu akan pudar dan kusam. Bahkan yang lebih parahnya lagi, bisa-bisa lantai kayu mengalami kerusakan seperti melinting.

Jika Anda sudah terlanjur memasang lantai kayu pada ruangan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka harus cepat bertindak untuk menutupi lantai kayu dari sinar matahari menggunakan kain atau gorden jika terdapat jendela di ruangan tersebut.

Hindari Tumpahan air

Merawat lantai kayu

Lantai kayu pada umumnya sensitif terhadap air, maka jika tidak sengaja menumpahkan air ke ke bawah segera mengambil tindakan untuk langsung mengeringkan menggunakan lap atau kain.

Jangan biarkan cairan atau air biasa tergenang di lantai kayu dalam kurun waktu yang cukup lama.

Lalu bagaimana jika di pel?

Jika memang lantai kayu memerlukan pembersihan dengan cara di pel, maka hindari menggunakan air secara berlebihan dan usahakan menggunakan alat pel yang lembut agar meminimalisir tergores saat gesekan.

Jangan keseringan melakukan pel terhadap lantai kayu, karena pada dasarnya melakukan pel lantai menggunakan deterjen dan air, sedangkan lantai kayu sensitif terhadap air dan penggunaan bahan deterjen secara terus menerus akan mengakibatkan lantai kayu mengalami pelapukan.

Biasakan untuk mengangkat furniture bukan menyeretnya

lantai kayu

Di usahakan bagi Anda yang ingin memindahkan barang dari tempat ke tempat lain di dalam ruangan, usahakan untuk mengangkatnya. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari lantai kayu terkena goresan.

Gunakan alat pelindung pada furniture

interior lantai kayu

Ini adalah cara paling efektif untuk menghindari goresan saat gesekan dari furniture di rumah Anda.

Anda dapat menambahkan alas pada kaki-kaki furniture yang memiliki ujung yang keras atau menyiku, Anda bisa gunakan alas tersebut dari bahan busa atau kain yang tidak terpakai asalkan untuk mengganjel furniture agar tidak terkena goresan.

Baca juga : Tips Merawat Lantai vinyl yang rentan terkena goresan

Cara Membersihkan Lantai Kayu Menggunakan Bahan Alami

Apakah Anda ragu untuk menggunakan produk pembersih lantai yang di jual di toko-toko? Produk pembersih lantai yang di jual di pasaran memang terbukti ampuh untuk membersihkan debu dan noda membandel, akan tetapi produk tersebut terbuat dari bahan yang terdapat kandungan zat kimia di dalamnya.

Mungkin kalo untuk lantai keramik dan granit tidak akan jadi masalah, tetapi jika dipakai atau di gunakan untuk lantai kayu akan beresiko menyebabkan kerusakan.

Berikut ini kami akan memberikan sebuah tips menarik yang wajib untuk di coba di rumah, simak ulasan berikut ini:

Menggunakan buah lemon dan minyak zaitun

Cara selanjutnya untuk membersihkan lantai kayu dari debu dan noda yang membandel yaitu menggunakan bahan alami seperti:

  • Air perasan lemon
  • Minyak zaitun
  • air panas

Caranya yaitu dengan menyiapkan baskom atau wadah terlebih dahulu, lalu tuangkan secukupnya satu persatu bahan alami tersebut ke dalam baskom/ember yang tadi sudah di sediakan.

Setelah bahan ketiga tersebut terkombinasi, lalu celupkan kain atau alat pel ke dalam cairan tersebut dan setelah itu bersihkan area yang terkena debu terutama noda yang membandel.

Menggunakan cuka

Bahan alami membersihkan lantai kayu

Menggunakan cuka putih untuk membersihkan noda atau lumpur yang membandel terbilang cukup efektif.

Anda cukup mencampurkan cuka putih dengan air biasa, di usahakan campuran air dan cuka putih di masukan ke dalam botol penyemprot agar mudah membersihkan lantai kayunya.

Lalu Anda tinggal membersihkan lantai kayu yang terkena noda dengan cara menyemprotkan nya dan menggunakan alat pel lembut atau kain biasa.

jangan lupa untuk mengeringkan langsung lantai kayu yang sudah di semprot dengan campuran air dan cuka tadi.

Produk pembersih lantai kayu

Bahan untuk membersihkan lantai kayu

 

Jika memang Anda ingin membersihkan lantai kayu tanpa bahan alami, maka Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan produk pembersih yang sudah dianjurkan untuk lantai kayu.

Jangan sampai Anda menggunakan bahan pembersih lantai keramik, granit dan lain sebagainya, karena itu semua dapat mengakibatkan kerusakan pada lantai kayu (Jika dilakukan secara terus menerus).

Baca juga : Alternatif lantai selain parket solid

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini, semoga lantai kayu di rumah Anda menjadi lebih terawat setelah membaca artikel ini. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *