Sistem pengunci T&G pada lantai kayu parket

Sebelum membeli berbagai macam interior desain untuk rumah anda tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas dari barang interior tersebut.

Seperti halnya pada lantai kayu. anda harus mengenal lantai kayu tersebut sebelum hendak memutuskan membeli produk parket kayu lantai tersebut. oleh sebab itu, pada kali ini kami akan menjelaskan kelengkapan pada produk kami.

Selain pemilihan bahan (kayu) yang benar-benar penuh perhitungan dan tidak sembarangan. kami juga berusaha menyuguhkan pada anda lantai kayu berbagai pilihan seperti :

Selain berbagai produk parket lantai yang terbuat dari kayu solid, kami juga menyediakan produk lantai kayu buatan seperti lantai laminated dan lantai vinyl motif kayu.

Sistem Pengunci T&G Flooring Parket

Pada produk kami khususnya lantai kayu parket, dilengkapi dengan sistem pengunci yang disebut T&G.

Kenapa disebut T&G? pada bentuk pengunci tersebut pada satu sisi terdapat bagian pengunci yang menonjol yang menyerupai huruf “T” dan pada sisi yang lainnya terdapat pengunci yang menyerupai huruf “G”.

Perhatikan gambar dibawah :

Sistem lidah pengunci pada lantai kayu

 

 

Pengunci ini berfungsi untuk memperkuat ikatan satu parket ke parket lainnya sehingga nantinya flooring parket yang sudah terpasang akan sangat kuat. Bahkan tidak mudah mengembang atau mengempis, kecil kemungkinan akan terbuka kembali.

Adapun lantai parket yang tidak menggunakan T&G seperti ini :

produk lantai kayu yang tidak dilengkapi T&G

 

Lantai kayu tanpa pengunci tersebut kami sebut lam parket. tentu lantai kayu yang tidak memiliki pengunci T&G ini berharga lebih murah dibanding lantai kayu yang dilengkapi pengunci T&G.

Selain dari T&G dan tanpa T&G, anda juga harus mengetahui bahwa ada lantai kayu dengan T&G pada bagian panjangnya saja, ada juga lantai kayu dengan T&G pada bagian lebar dan panjangnya yang disebut Double T&G.

berikut perbedaannya :

lantai kayu parket berkualitas

Lantai kayu pengunci T&G pada bagian lebar parket ini berfungsi sebagai penghubung sesama parket lainnya sehingga memperkuat bagian panjang dan lebarnya. Untuk menambah kerapatan antara dinding ruangan dengan lantai parket, kami juga menyediakan plint kayu jati untuk anda.

Perbedaan lantai kayu T&G dengan parket polos

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwasanya produk lantai kayu yang dilengkapi sistem pengunci T&G mempunyai keunggulan dari segi pemasangan yang lebih kuat, awet dan tidak akan terjadi lantai kayu tersebut terbuka kembali atau terkelupas.

perbedaan lantai kayu dengan pengunci T&G dengan yang polos

Berbeda halnya dengan produk parket yang tidak dilengkapi sistem lidah pengunci atau polos. Meskipun tidak akan mempengaruhi hasil pemasangan lantai kayunya, akan tetapi setelah terpasang parket polos tidak sekuat lantai kayu yang dilengkapi sistem pengunci T&G. Sehingga lantai kayu yang tidak dibekali fitur pengunci harganya lebih murah.

Untuk lantai kayu tanpa sistem T&G kami menyebutnya dengan nama Lam Parket, Sedangkan untuk lantai kayu yang dilengkapi fitur pengunci kami menyebutnya Flooring.

Meskipun sama-sama terbuat dari kayu solid dan merupakan barang yang sama, namun kami menamainya agar memudahkan pilihan disetiap perbedaan pada lantai kayu solid.

Produk Lantai Kayu Yang Dilengkapi Fitur T&G

 

Terdapat beberapa jenis lantai kayu yang dimana dibekali fitur lidah pengunci pada bagian sampingnya untuk memudahkan proses pemasangan dan memperkuat ikatan satu flooring dengan yang lainnya. Diantaranya yaitu :

Flooring kayu jati

Type flooring pada kayu jati memiliki ukuran yang lebih besar bila dibandingkan dengan parket kayu jati, yang dimana ukuran produk parket jati lebih kecil. Serat kayu yang berada di flooring jati terlihat sangat jelas dan realistis, sehingga setelah terpasang dapat menampilkan kesan yang elegan.

Spesifikasi flooring parket kayu jati

Perlu diketahui, bahwa lantai kayu jati tipe flooring ini memiliki 2 jenis yaitu mini flooring dan flooring. Untuk lantai kayu jati type flooring dan mini flooring keduanya memiliki ukuran panjang yang random di mulai dari 30cm hingga 120cm.

Harga flooring kayu jati grade A : Rp, 600.000/M² dengan ukuran 1,5 x 9 x 30-120 cm.

Informasi Selengkapnya tentang : Harga flooring jati grade A,B & C per meter 2021

Flooring kayu merbau

Spesifikasi flooring parket kayu merbau

Salah satu alternatif lantai kayu indoor terbaik selain flooring jati yaitu flooring kayu merbau. Kenapa begitu? karena dijual dengan harga yang lebih murah, meskipun selisih harganya tidak begitu jauh. Serat kayu pada flooring merbau ini sangat lurus dengan didukung warna yang sangat eksotis yakni merah kecoklat-coklatan.

Harga flooring kayu merbau : Rp. 420.000/M² dengan ukuran 1,5 x 9 x 30-90cm Random

Flooring kayu sonokeling

Selain flooring jati & merbau, terdapat salah satu jenis penutup lantai yang dilengkapi dengan fitur T&G atau lidah pengunci yaitu flooring sono keling. Jenis lantai kayu yang satu ini merupakan alternatif penutup lantai motif kayu selain lantai kayu merbau dan lantai kayu jati.

Spesifikasi flooring parket kayu sonokeling

Warna dari flooring sonokeling ini terlihat sangat unik yakni berwarna hitam keungu-unguan. Sayangnya, kami tidak memproduksi lantai kayu sonokeling dengan jumlah yang banyak (stock terbatas). Untuk informasi ketersediaan barang dan perihal harga, bisa menghubungi pihak marketing kami.

Jenis Lantai Kayu Yang Tidak Punya Sistem Pengunci T&G

Tidak banyak produk lantai kayu yang tidak dilengkapi dengan fitur pengunci. Saat ini, setidaknya hanya satu saja. Tidak seperti type flooring yang banyak jenisnya dan bahan dasar kayu yang dibuatnya.

Lalu, jenis lantai kayu apa yang tidak ada sistem lidah pengunci?

Lamparket Merbau

Spesifikasi produk lamparket merbau Kalimantan

Salah satu jenis lantai kayu yang tidak punya sistem T&G dibagian sampingnya yaitu lamparket. Jenis lamparket yang satu ini terbuat dari kayu merbau, sehingga dari segi warna, serat kayu dan juga kualitasnya tidak ada perbedaan dengan flooring kayu merbau. Hanya saja tidak adanya T&G.

Harga Lamparquet Merbau : Rp. 150.000/M² dengan ukuran 2cm x 5cm x 20cm

Informasi selengkapnya : Harga Flooring, Mini Flooring, Parket per meter & Biaya pemasangan 2021

Demikian pembahasan mengenai sistem pengunci T&G pada lantai kayu parket solid. semoga pembahasan ini bisa membantu anda yang sedang mencari lantai kayu yang tepat untuk diterapkan pada rumah minimalis atau hunian yang mengusung konsep/tema alami.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *