tips membangun rumah minimalis konsep alam

Rumah Bernuansa Alami Bisa Anda Miliki Dengan Tips Berikut Ini

Memiliki sebuah hunian tempat tinggal minimalis bernuansa alami merupakan dambaan hampir setiap orang, desain rumah bernuansa alam ini memang kerap kali di gandrungi oleh sebagian besar masyarakat. Seperti halnya dengan rumah-rumah yang berada di negara Jepang, hunian tersebut terkesan bernuansa pedesaan yang natural.

Kenapa desain rumah bernuansa alami banyak yang menyukai? Hal ini di karenakan tempat tinggal yang bersifat permanen tersebut harus di buat sedemikian rupa dengan menciptakan berbagai elemen dekorasi yang akan menciptakan hunian yang asri, alami dan sejuk sehingga akan sangat nyaman pada saat di gunakan.

Mengusung tema atau konsep alam pada sebuah rumah merupakan keputusan yang tepat, mengingat selepas kita melakukan aktivitas di luar rumah membuat kita membutuhkan yang namanya ketenangan dan kenyamanan, rasanya mata kita perlu untuk di manjakan dengan sesuatu yang menyegarkan.

Tips Menciptakan Hunian minimalis Bernuansa alam

Berbagai cara dapat kita lakukan dalam membangun sebuah tempat tinggal yang memiliki nuansa alami & natural, terdapat beberapa elemen dekorasi yang perlu di tambahkan atau hadirkan. Diantaranya yaitu:

Buat ventilasi udara yang cukup

Pancaran sinar matahari dan udara merupakan hal yang cukup penting di hadirkan di dalam sebuah rumah, dengan sirkulasi udara yang cukup di tambah dengan limpahan cahaya yang baik membuat hunian yang kita tinggali dapat aura alami yang menyegarkan.

membuat ventilasi hemat biaya

Manfaatkan juga pintu dan jendelan yang berukuran sedang hingga besar guna menciptakan cahaya sinar matahari yang banyak dan udara yang masuk serta keluar dapat tersirkulasi dengan baik.

Segarkan sudut ruangan dengan kehadiran tanaman hijau

Mengusung konsep alam pada sebuah hunian tentunya kehadiran akan sejumlah tanaman hias sangat di perlukan, mengingat peran tumbuhan hijau sangat mendukung kita menciptakan rumah yang bernuansa alami. Dengan adanya tanaman hijau, unsur alam seolah-olah masuk ke dalam ruangan dan kesan natural pun akan semakin terbentuk.

menghadirkan tanaman hijau di dalam ruangan

Elemen tumbuhan memang tidak bisa di lewatkan, berbagai macam jenis tumbuhan, tanaman hias hingga bunga bisa kita jadikan pilihan untuk mewarnai ruangan dan menciptakan hunian yang bertemakan alam.

Baca juga : Tips mengubah rumah menjadi lebih indah & mewah

Tambahkan kolam ikan minimalis sederhana

Menghadirkan unsur air ke dalam hunian berkonsep alam merupakan keputusan yang cukup tepat, mengingat air adalah elemen alam yang membuat kita relax dan menyegarkan ketika kita berada di dalam rumah. Terlebih lagi, jika kita membuat kolam ikan minimalis di dalam rumah maupun di depan halam rumah.

menghadirkan tanaman hijau di dalam ruangan

Tidak hanya kolam ikan saja, kita bisa membuat air mancur atau mengahdirkan akuarium besar. Tidak lupa untuk menambahkan suara gemercik yang di hasilkan oleh air agar memperkuat nuansa alamnya, suara gemercik air niscaya membuat kita larut dalam ketenangan dan kenyamanan.

Baca juga : Lantai kayu outdoor samping kolam

Kombinasikan warna cat natural & modern

Tidak semua unsur alam dapat kita terapkan ke dalam hunian, akan tetapi spirit tersebut dapat kita peroleh melalui warna cat. Kita bisa menghadirkan warna cat yang terkesan natural seperti warna kuning kecoklat-coklatan, krem, orange dan lain sebagainya, kombinasikan juga warna cat tersebut dengan warna yang berkesan modern seperti biru dongker atau abu-abu tua.

kombinasikan warna tembok rumah yang elegan & alami

Bila ingin simple dan kesam alami tetap kita dapatkan, kita bisa menggunakan penutup atap plafon kayu atau lambersering sebagai media pelapis atap rumah/lumber ceiling dan menggunakan dinding kayu. Dengan begitu kita tidak perlu repot-repot mengecat warna dinding.

Gunakan aksen kayu

Salah satu cara terbaik guna menciptakan nuansa alami ke dalam rumah yaitu dengan cara menggunakan material kayu, elemen alam tersebut mampu mengubah rumah kita selangkah lebih maju yang berkesan natural pada level yang tinggi. Untuk pijakan, kita bisa menggunakan lantai kayu atau parket sebagai media penutup lantainya.

tips menciptakan hunian alami menggunakan aksen kayu

Berbagai furniture yang terbuat dari aksen kayu juga bisa kita hadirkan, seperti meja, kursi, lemari hingga pintu. Bagi rumah yang bertingkat, gunakan papan tangga kayu sebagai pijakan anak tangganya, dengan begitu rumah kita akan terasa berada di alam.

Baca juga : Lantai parket laminate

Hadirkan dekorasi pernik yang alami

Konsep rumah alam bukan berarti hunian tersebut ramah lingkungan. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita menggunakan beberapa elemen dekorasi pernik yang terbuat dari organik seperti keranjang anyaman atau menghadirkan sejumlah hiasan dekorasi kerajinan tangan seperti vas bunga atau mengkuk-mangkuk cantik yang terbuat dari tanah liat.

tambahkan dekorasi pernik alami

Dengan menghadirkan sejumlah dekorasi pernik yang alami membuat hunian kita selangkah lebih dekat dengan hunian yang bernuansa natural yang ramah lingkungan. Tidak perlu banyak, kita bisa menaruh beberapa saja, hal ini bertujuan untuk memperkuat desain rumah yang mengusung tema alam.

Rekomendasi Lantai Kayu Untuk Menciptakan Konsep Rumah Yang Alami & Asri

Tahukah Kalian, bahwasanya terdapat salah satu elemen dekorasi yang terbuat dari kayu guna mendukung konsep hunian yang alami, yakni lantai parket. Jenis material lantai yang satu ini merupakan produk penutup lantai yang di desain khusus untuk di terapkan di dalam ruangan. Rekomendasi untuk kita yang ingin menghasilkan nuansa alami yang maksmimal.

Lantai kayu

Lantai kayu atau parket merupakan sebuah produk lantai yang terbuat dari kayu utuh dan tanpa adanya bahan campuran lain, jenis kayu yang sering di pergunakan untuk membuat lantai parket yaitu kayu jati & kayu merbau. Alasan mengapa kedua jenis kayu tersebut di pilih karena mempunyai kualitas tinggi dan memiliki karakteristik yang bagus.

hunian minimalis lantai kayu

Lantai parket jati dan merbau dapat bertahan lama hingga puluhan tahun lamanya dan mampu bertahan dari serangan serangga atau rayap, keunikan dari lantai kayu jati yaitu mempunyai minyak pelumas anti rayap di dalamnya, sedangkan lantai kayu merbau sangat baik bagi kesehatan karena dapat mengeluarkan senyawa ION negatif.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Bila berminat, Anda langsung bisa menghubungi salah satu pihak marketing kami di bawah ini untuk menanyakan prihal spesifikasi produk parket, harga dan biaya pemasangannya. (Free Survei & Konsultasi)

penjual produk lantai parket Indonesia
Maurin : 081-222-464-280

Itulah di beberapa pembahasan mengenai tips-tips membangun hunian minimalis berkonsep alami, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk berbagai keperluan. Cukup sekian & Terimakasih.