mengetahui kayu manglid yang berasal dari Jawa Barat

Mau Bikin Kusen Dari Kayu Manglid? Ketahui Dulu Karakternya

Mengenal Kayu Manglid – Kayu dari dulu hingga sekarang menjadi bahan baku atau bahan utama dalam membuat aneka ragam keperluan manusia, seperti pembuatan perkakas, furniture atau perabotan, membuat rumah, elemen dekorasi, membuat jembatan dan lain-lain.

Mak sudah hal yang wajar apabila kayu-kayu yang berkualitas lebih sering dimanfaatkan untuk keperluan di berbagai bidang. Sebab, kayu yang memiliki kualitas tinggi lebih menguntungkan dan bisa di jadikan olahan kayu yang bermanfaat.

Seperti jenis kayu yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu kayu manglid. Jenis kayu yang satu ini umumnya sering dipakai untuk membuat kusen, furniture dan kebutuhan rumah lainnya. Meskipun ada kusen yang terbuat dari alumunium atau bahan besi, akan tetapi masyarakat Indonesia cenderung lebih suka membuat kusen, jendela dan pintu yang terbuat dari kayu manglid.

Meskipun kayu manglid ini sudah banyak dipakai oleh beberapa tukang atau produsen kayu, tetapi bagi kalian yang masih awam tentang perkayuan pastinya harus mengenal terlebih dahulu karakteristik, kualitas, kelebihan dan kekurangan dari olahan kayu yang akan digunakan, terutama pada kayu manglid.

Tidak perlu lama-lama, ini dia ulasan tentang kayu manglid :

Pohon Kayu Manglid

Kayu manglid atau nama ilmiahnya yaitu manglietia glauca BI, atau sebagian besar orang menyebutnya dengan kayu baros atau cempaka bulus. Tinggi pohon manglid dapat mencapai 25-40 meter dengan diameter sekitar 150 sentimeter, tumbuh dengan baik di dataran tinggi, lebih tepatnya pada ketinggian 1.000 – 1.500 meter di atas permukaan laut(mdpl). Pohon kayu manglid bisa kalian jumpai di kawasan Jawa Barat.

pohon manglid tingginya 40 meter

Kayu manglid memang tidak se-terkenal seperti kayu jati, ulin, merbau atau bengkirai. Akan tetapi jenis kayu yang satu ini lebih sering dipilih sebagai alternatif membuat kerajinan, jendela, kusen dan pintu. Dan cukup populer di antara kalangan pengrajin kayu atau para produsen kayu.

Ciri-ciri kayu manglid :

  • Tinggi pohonnya mencapai 40m dengan batang bebas cabang sepanjang 25m dan diameter batangnya sekiatar 150cm.
  • Batang kayunya lurus
  • Mempunyai struktur kayu yang padat, ringan, halus dan kuat dengan tampilan visual yang mengkilap
  • Kayu manglid akan berwarna kuning dan putih bila sudah dihaluskan atau diamplas dan dipotong
  • Berat kayu manglid hanya 0.50, lebih ringan dari jenis kayu kebanyakan
  • Tumbuh pada ketinggian 1.000M hingga 1.500M di atas permukaan laut, dapat juga ditemukan didaerah pegunungan
  • Budidaya kayu manglid ini banyak di kembangkan di daerah Jawa Barat
ciri-ciri kayu manglid

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa karakteristik kayu manglid ini mempunyai 2 warna yang berbeda yakni warna kuning dan putih. Tetapi warna ini akan terlihat bila kayu baros ini sudah melewati proses penghalusan atau pemotongan. Biasanya warna kayu manglid akan terlihat bila sudah terangin-angin dalam kurun waktu selama kurang lebih 1 minggu.

Salah satu ciri dari kayu cempaka bulus ini bobot beratnya yang sangat ringan, bahkan lebih ringan dari jenis kayu lain. Selain ringan, tekstur kayu manglid yang halus dan mudah diolah serat kayunya yang cukup padat membuat para produsen sering menggunakannya dan para konsumen banyak yang menyukainya. Terlebih lagi, tampilannya akan sangat bagus bila sudah melewati proses finishing.

Baca juga : Mengenal Kayu Kumea Khas Sulawesi Yang Banyak Manfaatnya

Kelebihan kayu baros

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki kayu manglid, diantaranya :

  1. Kayu manglid termasuk kayu yang awet
  2. Bahannya ringan
  3. Mudah diolah
  4. Teksturnya halus
  5. Aroma kayunya wangi
  6. Struktur kayunya cukup padat

Kekurangan kayu cempaka bulus

Selain kelebihan tentunya adapula sisi kekurangannya. Hanya saja kelemahan pada kayu manglid ini tidak begitu banyak seperti jenis kayu kebanyakan. Meskipun sedikit, tidak boleh kita abaikan begitu saja sebab mau bagaimana pun juga segi kekurangannya sangat mengganggu dari kekuatan kayu manglid. Simak baik-baik ulasannya di bawah ini :

kekurangan kayu manglid yaitu tidak tahan rayap
  • Kayu manglid tidak tahan rayap, sewaktu-waktu kutu kayu atau rayap dapat dengan mudah menyerang ketahanan dari kayu manglid ini. Terlebih lagi jika tidak diberi perawatan, maka tidak akan lama rayap dapat menyerang kapan saja. Solusi agar rumah terhindar dari rayap atau cara basmi rayap di furniture kayu, kalian bisa baca halaman ini : Tips Alami Membasmi Rayap Secara Tuntas
  • Kayu manglid memerlukan perawatan yang terbilang cukup rutin, mengingat kayu manglid tidak tahan terhadap serangan rayap. Maka dari itu, untuk mencegah hal itu terjadi, rawatlah furniture atau kusen, jendela maupun pintu yang terbuat dari kayu manglid.
  • Di sisi lain, kayu baros saat ini tergolong ke dalam jenis kayu yang cukup susah lagi ditemukan. Hal ini lantaran jumlah pembibitannya semakin berkurang, bahkan menurut para peneliti pohon kayu manglid bisa mengalami kelangkaan.

Baca juga : Karakteristik Kayu Kamper Yang Berasal Dari Kalimantan

Manfaat kayu manglid untuk kebutuhan manusia

Setelah membahas beberapa kelebihan & kekurangan yang dimiliki kayu manglid. Nah pada poin ini kita akan mengulas beberapa manfaatkan yang bisa dihasilkan dari kayu manglid asal Jawa Barat ini, kebergunaannya tentu sangat beragam, terutama pemanfaatan untuk kebutuhan komersil.

1. Manfaat kayu manglid membuat kusen, pintu & jendela

manfaat kayu manglid untuk membuat kusen, jendal dan pintu

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahkan pada judul. Bahwa kayu manglid ini lebih sering dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku utama dalam pembuatan jendela, kusen dan pintu rumah. Kenapa kayu manglid sukai dipakai untuk membuat kusen atau pintu? karena kayu manglid mempunyai bobot yang ringan, permukaan yang halus dan mengkilap serta struktur kayunya padat.

Baca Juga : Manfaat Kayu Renggas

2. Manfaat kayu manglid untuk membuat furniture rumah tangga

manfaat kayu manglid sebagai furniture atau perabotan rumah tangga

Kayu manglid selain sering dipakai untuk membuat pintu, kusen dan juga jendela, tetapi juga banyak digunakan untuk membuat furniture atau perabotan dirumah. Salah satunya yaitu kursi dan meja. Struksturnya yang padat membuat kayu manglid ini sangat cocok juga diolah menjadi meja makan atau kursi.

Harga kayu manglid

Kayu manglid merupakan salah satu jenis kayu yang termasuk sebagai kayu murah. itulah alasan mengapa kayu cempaka bulus ini banyak disukai dan di pakai para pengrajin kayu. Harga pintu kayu manglid di bandrol sekitar Rp. 550.000 – 600.000 ribu. Sedangkan harga papan kayu manglid hanya Rp. 80.000 saja.

Baca juga : Harga Kayu Ulin Kalimantan


Selain kayu manglid, terdapat beberapa jenis kayu yang bisa dijadikan pilihan dalam keperluan berbagai hal lain, diantaranya ada kayu jati, kayu mahoni, kayu merbau atau kayu ulin dan bengkirai.

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang kayu manglid, semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk keperluan kalian. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.