inspirasi desain tangga rumah minimalis

Rekomendasi 9 Ide Desain Tangga Unik & Menarik

Desain tangga pada sebuah hunian menjadi banyak dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene lahan nya cukup terbatas, sehingga kebanyakan rumah-rumah di kota hampir semuanya menggunakan desain rumah 2 lantai atau bertingkat karena mereka mengusung desain rumah sempit.

Peran tangga pada desain rumah tersebut sangat berperan penting, pasalnya desain rumah bertingkat tentunya membutuhkan sebuah tangga sebagai penyambung antar ruang. Kehadiran anak tangga dirumah juga selain berfungsi untuk menghubungkan antara lantai satu dengan lantai dua, tetapi juga menyuguhkan keindahan akan tampilannya yang memukau.

Oleh karena itu, agar tangga yang akan kita gunakan bukan hanya sekedar fungsinya saja, tetapi juga menciptakan keindahan dan kenyamanan pada saat digunakan. Tentunya kita memerlukan sebuah ide desain tangga yang bagus untuk kita terapkan kedalam hunian bukan? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa desain tangga rumah yang bisa kalian tiru. Penasaran Simak ulasannya berikut ini :

Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis

Terdapat beberapa inspirasi desain tangga yang bisa kalian gunakan untuk memenuhi kebutuhan desain rumah 2 lantai, diantaranya :

1. Desain tangga spiral

gaya tangga spiral sederhana

Salah satu desain tangga yang cukup banyak dipakai oleh orang-orang yakni desain tangga spiral, sepertinya namanya “spiral” bentuk yang melingkar ini cocok bagi kalian yang memang memiliki hunian yang tidak luas, sebab desain tangga yang satu ini tidak akan memakan space yang begitu banyak.

2. Desain tangga mix material

desain tangga minimalis mix material

Tahukah kalian, bahwa ternyata tangga bisa kita kombinasikan dengan berbagai jenis bahan material yang diantaranya ada beton, kayu dan karpet. Ketiga bahan ini sangat keren bila digabungkan ke dalam satu objek, seperti pada tangga rumah contohnya.

3. Tangga besi modern

model tangga besi modern

Salah satu desain tangga yang cukup rekomendasi bagi kalian yang suka dengan karakter yang kuat dan tampilan yang elegan, kalian bisa menggunakan desain tangga besi modern. Desain tangga yang satu ini cukup banyak disukai oleh berbagai kalangan, biasanya tangga besi ini dipadukan dengan aksen kayu, baik itu sebagai pegangannya maupun sebagai papan pijakan nya.

4. Model tangga zig-zag

desain anak tangga zigzag

Jika desain tangga kurang menarik bagi kalian, mungkin desain tangga zigzag yang satu ini bisa menjadi pilihan teruntuk kalian yang ingin tampil lebih beda dari yang lain. Sensasi pada saat menaiki dan turun dari tangga zigzag ini tentunya akan sangat berbeda dari jenis desain tangga kebanyakan. Akan cukup menantang bila diterapkan pada desain rumah mungil nih.

5. Gaya tangga melayang

konsep tangga melayang

Selain tangga yang berbentuk zigzag, terdapat salah satu desain tangga yang cukup unik bila dilihat dari kejauhan dan terkesan minimalis, desain tangga tersebut yaitu desain tangga melayang. Model tangga yang seperti ini sangat rekomendasi bagi kalian yang memiliki rumah sempit, sebab kesan minimalis akan benar-benar tersampaikan pada desain tangga yang satu ini.

Terdapat beragam cara agar tangga tersebut terlihat melayang yaitu dengan cara menggunakan railing, ditempelkan pada dinding dan digantung.

6. Desain tangga kayu minimalis

rekomendasi desain tangga kayu minimalis

Kalian suka dengan kesan rumah yang alami? jika iya, maka desain tangga kayu minimalis ini akan sangat cocok bila kalian gunakan. Selain terkesan alami, tangga kayu juga membuat ruangan sekitar terasa hangat, nyaman dan cozy. Biasanya jenis kayu untuk membuat papan tangga ini tidak sembarangan, melainkan menggunakan jenis kayu berkualitas tinggi agar ketahanan dan keawetan nya dapat bertahan lama hingga puluhan tahun.

Baca juga : Harga Papan Tangga Kayu Minimalis 2021

7. Desain tangga multifungsi

desain lemari bawah tangga rumah minimalis

Tangga memang berfungsi sebagai pijakan untuk kita berjalan menuju ke suatu ruangan yang berada di lantai dua atau tiga. Tetapi terdapat fungsi lain yaitu dengan cara memanfaatkan space kosong pada area bawah tangga untuk di jadikan tempat penyimpanan barang atau rak buku-buku dan lain barang lainnya.

Dengan begitu, konsep rumah minimalis akan benar-benar terbentuk dengan menggunakan desain tangga yang satu ini. Sebab kita bisa meminimalisir penggunaan furniture yang berlebihan.

Baca juga : Macam-macam furniture dari kayu jati

8. Inspirasi tangga sempit sederhana tanpa railing

desain tangga sederhana minimalis

Desain rumah tingkat 2 minimalis akan sangat pas bila menggunakan model tangga minimalis tanpa railing ini, meskipun cukup berbahaya bila digunakan oleh anak-anak atau lansia karena tidak ada pegangan, tetapi desain tangga sempit ini bisa menjadi pilihan untuk ruangan yang tidak luas. Gayanya yang simple membuat desain tangga rumah ini dapat mewujudkan karakter rumah minimalis.

9. Desain tangga kaca

inspirasi desain tangga kaca minimalis

Bagi kalian yang menyukai desain tangga futuristik dengan penampilan yang cantik? mungkin desain tangga kaca ini bisa menjadi solusinya. Salah satu alternatif pilihan selain tangga kayu, kalian bisa menggunakan model tangga yang terbuat dari kaca yang notabene nya cenderung dipakai untuk ruangan sempit dengan ukuran 3×3.

Penggunaan desain tangga kaca ini cukup banyak diminati oleh beberapa orang karena bisa membuat ruangan terkesan lebih luwes dan membantu pencahayaan didalam ruangan guna lebih maksimal.

Baca juga : Tips menciptakan hunian bernuansa alami


Sudahkah kalian menentukan akan menggunakan desain tangga rumah yang mana? Segera tentukan pilihannya!

Jika disuruh memilih, maka pilihan terbaik dan sangat rekomendasi tentunya menggunakan desain tangga kayu solid minimalis karena dapat menciptakan suasana yang alami dan ramah lingkungan, selain itu meskipun kuat dan awet tetapi papan tangga kayu terasa empuk sehingga nyaman digunakan dan dapat meninimalisir cedera parah bila terpeleset di tangga kayu.

Cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai desain tangga rumah minimalis sempit, semoga ulasan diatas dapat membantu kalian yang sedang bingung menentukan pilihan model tangga yang akan digunakan. Terimakasih