Ide Dekorasi Ruang Keluarga

Cara Mendekorasi Ruang Keluarga Agar Terkesan Lebih Nyaman dan Indah

Selain kamar tidur, ruang keluarga juga merupakan elemen yang cukup penting dalam menunjang kegiatan santai di rumah. Mengingat akan hal itu, maka wajar saja jika ruang yang satu ini harus dibuat dengan seindah dan senyaman mungkin.

Tak hanya indah untuk dilihat, penataan ruang keluarga tersebut juga tentunya akan bedampak bagus bagi kondisi kesehatan psikis maupun tubuh lho. Lain lagi ceritanya jika ruang keluarga dalam kondisi berantakan, yang tentu saja dapat mengganggu mood bahkan hingga memberikan aura negatif bagi penghuninya.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan tips mengenai cara mendekorasi ruang keluarga.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Jitu Mendekorasi Ruang Keluarga

1. Berikan Sentuhan Personal

Ide Dekorasi Ruang Keluarga -berikan sentuhan personal

Tips pertama yang bisa kamu lakukan dalam mendekorasi ruang keluarga, yakni dengan memberikan sentuhan personal. Dalam hal ini, kamu hanya tinggal mengoleksi bingkai foto dirimu dan keluarga. Untuk kamu yang berjiwa seni, tentunya kamu dapat melampiaskan bakatmu tersebut pada dekorasi ruang keluarga.

2. Gunakan Sofa Bed

Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menggunakan sofa bed

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa keberadaan sofa tidak bisa dipisahkan dalam ruang keluarga. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih sofa yang nyaman dan selaras dengan interior dalam ruangan.

Sebagai alternatif terbaiknya, sebaiknya kamu memilih tipe sofa bed. Mengapa demikian? Pasalnya, sofa bed mempunyai tingkat fleksibilitas yang baik untuk digunakan duduk maupun rebahan. Atau, kamu juga bisa menambahkan bean bag sebagai pelengkapnya.

Dengan begitu, maka fungsi ruang keluarga tidak hanya sekedar untuk tempat ngumpul saja, melainkan juga sebagai dekorasi ruang bermain. Untuk tipe rumah minimalis, tentu saja penggunaan sofa bed yang menempel pada dinding merupakan pilihan paling tepat karena bisa menciptakan ruang yang lebih luas.

Akan tetapi, dekorasi tersebut tidak cocok untuk rumah yang berukuran besar. Pasalnya, kondisi ini justru bisa mengurangi rasa kedekatan karena akan saling berjauhan.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mendekorasi Cafe Outdoor yang Kekinian

3. Menata Pencahayaan

Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menata pencahayaan

Guna menunjang aktivitas di ruang keluarga menjadi lebih maksimal, tentunya kamu harus menata pencahayaan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan lampu utama dengan cahaya yang merata ke seluruh ruangan.

Seandainya ingin menggunakan lampu gantung, pastikan ketinggiannya tidak teralu rendah. Adapun mengenai bagian sudut-sudut ruangan memang dirasa masih gelap, maka kamu bisa menambahkan lampu melalui standing lamp (lampu dinding).

Selain itu, jangan lupakan juga pencahayaan alami yang didapat dari sebuah jendela. Apabila sinar matahari yang masuk kedalam ruangan terlalu menyengat, kamu bisa menambahkan tirai atau gorden dengan motif yang cantik.

4. Ciptakan Nuansa Asri

Ide Dekorasi Ruang Keluarga -ciptakan nuansa asri

Akhir-akhir ini mengoleksi berbagai jenis tanaman hias indoor sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan tanaman hias indoor tersebut dapat menciptakan nuansa yang asri pada sebuah hunian.

Dengan adanya tanaman hias indoor, tentu saja kamu akan merasa lebih dekat lagi dengan alam. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, keberadaan tanaman hias indoor ini berperan untuk menetralisir polusi dalam ruangan. Sehingga, sirkulasi udara di dalam ruangan akan tetap terjaga dan segar.

Adapun mengenai jenis-jenis tanaman hias indoor yang direkomendasikan, seperti lidah buaya, lidah mertua, monstera (janda bolong), spider plant, dan lain sebagainya.

5. Gunakan Material Lantai yang Tepat

Apakah kamu sudah merasa bosan dengan desain lantai keramik yang begitu-begitu saja? Jika iya, sudah saatnya untuk merenovasi dan menggantinya dengan material lantai lain. Seperti halnya lantai kayu atau parket, yang memang menjadi salah satu alternative terbaik untuk mengganti keramik.

Disini kami menyediakan produk lantai kayu dengan dua tipe berbeda, yakni tipe lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis.

Jenis-jenis Lantai Kayu Solid Terbaik

  • Lantai Kayu Solid Jati
Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menggunakan lantai kayu jati

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kayu jati memiliki kualitas yang paling bagus diantara jenis kayu lainnya. Ya, kualitas kayu jati mencakup berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Akan tetapi, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama. Pasalnya, produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Tentunya masing-masing kualitas yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula.

Informasi selengkapnya : Harga Lantai parket kayu jati 2021

  • Lantai Kayu Solid Merbau
Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menggunakan lantai kayu merbau

Selain lantai kayu jati, lantai kayu solid merbau juga tidak kalah berkualitasnya lho. Untuk tampilan fisiknya, lantai kayu merbau mengusung warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus.

Tentu saja penggunaan lantai kayu solid merbau ini dapat menciptakan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu merbau ini sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Untuk urusan harganya, parket solid merbau ini lebih murah dari parket solid jati. Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan!

Baca selengkapnya : Perbandingan Lantai Kayu Jati Dengan Lantai Kayu Merbau

Jenis-jenis Lantai Kayu Sintetis

  • Lantai Vinyl
Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menggunakan lantai kayu vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang. Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Sehingga tak heran, jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep rumah.

Informasi selengkapnya : Harga lantai vinyl per meter/box 2021

  • Lantai Laminated
Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menggunakan lantai kayu laminated

Tipe lantai kayu sintetis terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa lantai laminated (lantai laminasi). Dari segi materialnya, lantai laminate ini terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin.

Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  Dari segi kekuatan, lantai kayu laminated ini memang tidak sekuat lantai kayu solid.

Artikel terkait : Jual Lantai Kayu Laminated di Yogyakarta

  • Lantai SPC
Ide Dekorasi Ruang Keluarga - menggunakan lantai kayu spc

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang mana materialnya menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu bisa diliat, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

Baca juga : Apa itu lantai Spc?

Untuk kelengkapan informasi produk lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis maupun produk kayu lainnya, silahkan kunjungi : Harga Lantai Kayu Terbaru 2021 & Biaya Pemasangannya

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mendekorasi ruang keluarga, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mempraktekkannya di rumah?