dekorasi desain ruang makan modern mewah

Inspirasi Dekorasi Ruang Makan Minimalis Yang Stylish

Ruang makan merupakan sebuah tempat yang cukup penting, bahkan wajib ada di dalam hunian rumah. Memiliki area dapur atau ruang makan yang minimalis atau sederhana memang dambaan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia ini, kita harus menatanya dengan baik dan bila perlu mendekorasi ulang desain tersebut agar tampak terlihat lebih rapih dan menambah semangat untuk bermasak hidangan untuk keluarga tercinta.

Untuk mempererat kedekatan atar anggota keluarga, ruang makan menjadi salah satu solusinya. Kenapa?karena di ruangan tersebut lah kita bisa bercengkrama bersama keluarga sambil menyantap hidangan makanan kesukaan yang di sediakan. Maka dari itu, sudah saatnya kini kita merubah tampilan ruang makan di dalam rumah menjadi lebih indah dan tertata dengan rapih.

3 Langkah Mudah Menciptakan Dapur Sederhana

Terdapat beberapa tips mudah membuat dapur yang kita punya terkesan sederhana dan lebih mengedepankan atas dasar fungsi dapur tersebut, setidaknya terdapat 3 cara untuk mewujudkan dapur rumah sederhana. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Memilih warna cat tembok untuk dapur sesuai selera

warna cat dapat menentukan karakter ruangan

Salah satu elemen dekorasi yang mendukung area dapur terasa lebih hidup dan terkesan ceria yaitu dengan cara menggunakan warna cat tembok yang cerah atau bisa juga memakai warna cat yang lembut (Soft). Akan tetapi, kita bisa menentukan sendiri pilihan warna cat yang akan digunakan untuk area dapur.

Warna cat tembok dapat menentukan karakter sebuah ruangan

2. Mengatur ulang pencahayaan di area dapur

mengatur pencahayaan di ruang makan sederhana

Membuat suasana dapur terasa lebih hidup dengan mengandalkan dari warna cat saja akan sangat kurang rasannya, tetapi bila di dukung dengan pencahayaan yang baik maka area dapur tersebut, bukan hanya terasa lebih hidup tetapi juga berkesan hangat dan menciptakan suasana yang menyenangkan.

3. Memakai furniture multifungsi

solusi agar alat-alat memasak tersusun rapih

Area dapur merupakan tempat yang memiliki kegiatan masak-memasak, sudah hal yang wajar apabila ruangan dapur terdapat beberapa benda atau lat memasak yang cukup banyak. Akan tetapi, kedapatan alat-alat memasak yang cukup banyak di dalam dapur akan terkesan ribet. Agar ruangan dapur tidak memakan space yang luas, di usahakan menggunakan furniture atau alat memasak yang multifungsi.

Baca juga : Tips membuat hunian sehat & ramah lingkungan

Inspirasi Desain Ruang Makan Modern

Selain membuat dapur sederhana, kita juga akan membahas desain ruang makan. Saat ini konsep ruang makan minimalis kian di gandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, sebab desain tersebut mengedepankan kesederhaan, simple dan tidak memerlukan lahan yang luas. Selain desain ruang makan minimalis, terdapat juga salah satu desain yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan yaitu desain ruang makan modern mewah.

Bangun suasana menyegarkan dengan menaruh sejumlah tanaman hijau

Salah satu langkah mudah dalam mewujudkan konsep ruang makan yang menyegarkan dan terkesan alami nan asri yakni dengan cara menempatkan sejumlah tanaman hias di sudut ruang dapur, atau agar terlihat rapih dan estetik kita bisa menaruhnya di dinding/pinggir ruang makan. Berbagai macam jenis tumbuhan, tanaman hingga bunga dapat kita jadikan pilihan.

menaruh tanaman hijau di ruang makan

Tidak usah banyak-banyak, cukup beberapa saja. Asalkan ruang kamar tersebut terkesan segar dengan kehadirannya sejumlah tanaman hijau. Tidak lupa juga untuk merawat tanaman hijau tersebut agar dapat bertahan lama dan dapat menghasilkan energi yang positif di dalam desain ruang makan modern.

Hiasi area dinding ruang makan agar terkesan lebih modern

Memberikan hiasan di area dinding ruang makan dapat menghasilkan ruangan yang terkesan modern nan mewah, hiasan ini bisa berupa tulisan mengandung unsur makanan atau gambar-gambar minuman/makanan dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan tanaman hijau pada area dinding ruang makan.

dekorasi dinding ruang makan modern

Mungkin hal ini terdengar cukup sederhana, akan tetapi hasilnya akan sangat memukau dan terkesan modern, terlebih lagi kita dapat merasakan sensasi atau suasana yang baru di dalam ruang makan tersebut.

Baca juga : Tips mudah mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah & mewah

Wujudkan kesan yang hangat menggunakan elemen kayu

Mungkin hampir sebagian orang menyukai akan kehangatan di dalam sebuah ruang makan, untuk mewujudkan hal tersebut tentunya terbilang cukup mudah. Kita hanya cukup menggunakan aksen kayu, baik itu berupa meja, kursi, dinding kayu hingga lantai kayu. Semuanya yang berhubungan dengan elemen kayu dapat menghasilkan kesan yang hangat dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

kesan hangat dapat di hasilkan dengan menggunakan elemen kayu

Agar kesan hangatnya benar-benar terasa baik di malam hari maupun ketika siang hari, menggunakan lambersering atau media penutup atap plafon kayu di area ruang makan. Karena pada umumnya, sifat kayu dapat meredam suhu di dalam ruangan. Sehingga bila mana ingin mendapatkan kesan hangat baik itu di kamar tidur, ruang tamu hingga ruang makan sangat rekomendasi menggunakan aksen kayu.

Hiasi meja makan menggunakan taplak yang unik & menarik, tambahkan juga vas bunga di tengahnya

Selain poin-poin diatas, membangun suasana yang terkesan modern di dalam ruang makan keluarga di dalam rumah, kita hanya cukup menambah beberapa elemen dekorasi di bagian mejanya, dengan cara menaruh vas bunga yang cantik di tambah lagi dengan alas meja yang membuat menarik perhatian.

dekorasi meja makan dengan taplak meja & vas bunga

Dengan begitu, kita akan mendapatkan harmoni kebersamaan bersama anggota keluarga sambil menyantap hidangan masakan kesukaan yang di sediakan dengan penuh rasa suka cita, dengan hiasan yang sederhana tetapi memberikan efek positif yang cukup signifikan untuk mempererat kedekatan antara orang orang terdekat di dalam rumah.

Baca juga : Langkah-langkah membuat rumah bernuansa alami

Ruang makan di dalam rumah memang sudah seharusnya di buat sedemikian rupa agar terlihat menarik dan menggugah selera makan, dengan cara menambahkan beberapa elemen dekorasi ruang makan dan desain yang memukau, berbeda dari sebelumnya. Hal ini tak lain bukan untuk kesengan semata atau hiasan semata, karena momen kebersamaan antara anggota keluarga di dalam ruang makan perlu di dukungan dengan dekorasi yang indah dan mewah.

Cukup sekian untuk pembahasan kita kali ini mengenai dekorasi ruang makan keluarga, semoga ulasan di atas dapat berguna & bermanfaat untuk Anda. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir penutupan.