jenis-jenis lantai untuk sanggar senam dan studio olahraga indoor

Rekomendasi Material Lantai Untuk Studio Senam & Gym

Studio senam dan tempat gym selain menyediakan berbagai fasilitas tertentu untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna atau anggota club senam maupun anggota gym. Salah satu fasilitas yang paling penting diperhatikan yaitu dari segi lantai.

Pemilihan jenis lantai untuk ruang senam atau studio gym harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini bertujuan agar nantinya para pengguna nantinya bisa mendapatkan kenyamanan dan kebebasan dalam berolahraga di dalam ruangan.

Salah satu faktor penting dalam pemilihan material lantai untuk studio senam atau gym yaitu tidak boleh licin, sebab jika lantai yang digunakan licin maka akan berdampak buruk bagi para anggota club gym atau senam karena tidak bisa bergerak secara leluasa. Bahkan yang lebih buruk akan terpeleset dan mengakibatkan resiko cedera yang cukup fatal.

Jenis-Jenis Lantai Untuk Studio Fitness, Gym & Senam

Selain tingkat kelicinan, dalam pemilihan jenis lantai untuk studio gym dan senam harus mudah dalam hal perawatannya. Lantai yang mudah dirawat biasanya jika dipel tidak akan berpotensi licin. Selain itu, pemilihan motif atau corak juga harus dipertimbangkan dengan teliti agar serasi dengan desain studio senam atau gym yang kalian usung.

Lalu, jenis lantai apakah yang cocok untuk studio senam atau gym yang tidak licin, mudah dirawat dan bisa menyesuaikan dengan konsep ruangan? Simak ulasannya dibawah ini :

Lantai kayu solid

Salah satu jenis lantai yang tepat untuk diterapkan kedalam ruang gym, senam lantai atau fitness yaitu parket lantai kayu solid. Sebab jenis lantai yang satu ini memiliki kualitas yang tinggi, baik dari segi kekerasan, keawetan maupun ketahanannya. Bahkan tidak berpotensi licin, berkesan hangat, empuk ketika dipijak dan ramah lingkungan.

rekomendasi lantai kayu untuk sanggar senam atau studio olahraga

Sehingga lantai kayu solid ini sangat cocok untuk kriteria lantai yang dibutuhkan untuk ruang senam, studio gym dan tempat olahraga indoor lainnya. Tak heran jika lantai kayu sering kali digunakan untuk penutup lantai di lapangan indoor seperti basket dan badminton.

Tampilannya yang khas membuat lantai parket kayu solid ini bisa menyesuaikan dengan desain studio olahraga indoor minimalis. Corak kayu yang disuguhkan begitu natural dan terkesan artistik. Jenis kayu yang dipakai untuk membuat lantai kayu menggunakan olahan kayu solid seperti kayu jati dan kayu merbau.

Harga lantai kayu solid per meter sendiri tergolong cukup terjangkau, tergantung jenis kayu apa yang digunakan dan ukurannya. Mulai dari harga 150 ribu hingga mencapai 300 ribuan. Informasi Selengkapnya bisa cek halaman dibawah ini :

Lantai laminasi

Terdapat salah satu alternatif lantai selain lantai kayu solid untuk studio senam minimalis yaitu lantai laminasi atau lantai sintetis bermotif. Meskipun terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan resin, akan tetapi jenis lantai yang satu ini cukup bagus dari segi kualitasnya.

rekomendasi lantai laminasi untuk studio yoga dan fitness

Hebatnya, lantai laminasi ini mudah pasangkan, mudah dirawat, tidak berpotensi licin dan dijual dengan harga yang jauh lebih lebih murah. Sehingga lantai tempel untuk studio gym atau senam ini dapat di jangkau oleh berbagai kalangan.

Motif lantai laminasi ini sangat beragam dan terlihat begitu realistis, salah satunya lantai laminasi motif kayu yang bervariasi dan tampak elegan. Sehingga akan sangat pas bila diterapkan kedalam studio senam, gym maupun ruang fitness indoor.

Lantai vinyl

Selain lantai laminasi, jenis lantai yang cukup sering digunakan untuk keperluan didalam hunian maupun studio musik atau olahraga yaitu lantai vinyl. Selain fleksibel, lantai vinyl ini mudah diterapkan dan tidak sulit dalam hal perawatannya. Sehingga tak heran jika lantai vinyl sudah cukup sering dipakai untuk studio fitness, gym maupun senam.

rekomendasi lantai vinyl untuk sanggar senam dan studio yoga

Lantai vinyl ini mempunyai beragam motif yang bisa diandalkan seperti, stiker vinyl, motif marmer, bebatuan, keramik hingga yang paling sering digunakan yaitu lantai vinyl motif kayu.

Harga lantai vinyl per meter atau per box ini dijual dengan harga yang cukup murah, 11-12 dengan harga lantai laminasi. Bahkan lebih murah bila dibandingkan dengan harga lantai kayu solid. Sehingga pastinya bisa di jangkau oleh semua kalangan.

Lantai karet

Lantai karet cenderung cocok diaplikasikan sebagai penutup lantai di tempat pusat kebugaran tubuh seperti senam, gym maupun fitness. Sesuai dengan namanya, jenis lantai yang satu ini terbuat dari karet vulkanisir. Terdapat pula jenis lantai karet hasil daur ulang, namun banyak lantai karet daur ulang punya banyak kelemahannya.

inspirasi lantai karet untuk studio senam

Lantai karet vulkanisir mempunyai beberapa lapisan yang terstruktur dari bagian atas hingga bagian bawah. Meskipun lantai karet ini empuk dan nyaman untuk digunakan, namun dari segi tampilan kurang begitu menarik.

Akan tetapi, lantai karet ini mudah diaplikasikan dan mudah dirawat. Sehingga menjadi nilai plus bagi lantai karet, meskipun tampilan dan kualitasnya kurang begitu bagus. Harga lantai karet sendiri relatif murah sehingga bisa di jangkau oleh berbagai kalangan.

Apakah Lantai Keramik Cocok Digunakan Di Lantai Gym?

Apakah keramik lantai bisa dipakai pada sebuah studio gym, fitness, yoga atau senam? Sebetulnya sih bisa-bisa saja, hanya kurang cocok. Mengingat lantai keramik sifatnya keras, berkesan dingin, licin dan mudah retak. Sangat berlawanan dengan kriteria lantai untuk studio fitness, senam, yoga atau gym.

apakah lantai keramik bisa dipakai kedalam studio Gym, yoga, fitness atau sanggar senam?

Lantai keramik memang cukup fleksibel, bisa diaplikasikan di area outdoor, indoor atau semi outdoor. Namun jika dipasangkan pada sebuah ruangan olahraga indoor atau studio senam, gym dan fitness tidak direkomendasikan. Karena permukaan lantai keramik yang cenderung berpotensi licin, keras ketika dipijak dan berkesan dingin.


Itulah beberapa jenis lantai yang cocok untuk diterapkan kedalam sanggar senam, studio gym, yoga maupun fitness. Dari keempat jenis lantai diatas, lantai manakah yang akan kalian pakai?

Bagi kalian yang berminat ingin menggunakan lantai vinyl, lantai kayu dan lantai laminasi untuk dipasangkan kedalam hunian atau studio olahraga indoor, bisa langsung memesan produk tersebut melalui pihak marketing kami dibawah ini : (Free Survei & Konsultasi)

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai jenis-jenis lantai yang cocok untuk diterapkan ke dalam studio gym, fitness, senam lantai, yoga. Semoga dengan pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian ya. Cukup sekian dan terimakasih.