Mengenal Fungsi dan Macam-macam Jenis Pelapis Kayu

Mengenal Fungsi dan Macam-macam Jenis Pelapis Kayu

Jenis pelapis kayu – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa pada masing-masing jenis material bangunan itu membutuhkan perawatan khusus guna menjaga kualitasnya. Berbeda jenis material, tentu akan berbeda pula cara perawatannya.

Salah satunya berupa material kayu yang memang harus diberi perawatan khusus. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu rentan terhadap berbagai permasalahan, seperti pelapukan, keropos, kusam, memuai, menyusut, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, material kayu membutuhkan bahan pelapis untuk melindunginya dari berbagai permasalahan tersebut.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar fungsi dan macam-macam jenis pelapis kayu. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Fungsi Pelapis Kayu

Penggunaan pelapis kayu menjadi salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk menjaga daya tahan material kayu. Fungsi utama dari bahan pelapis ini untuk merapikan serta melapisi permukaan kayu yang sudah jadi, agar menghadirkan karakteristik berbeda plus melindungi bagian permukaannya dari berbagai permasalahan.

fungsi pelapis kayu

Pada proses pembangunan, biasanya istilah pelapis untuk kayu sering disebut dengan nama finishing. Mengapa demikian? Ya, sebab pengerjaannya akan dilakukan pada tahap terakhir setelah semua elemen konstruksi bangunan selesai dikerjakan.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan dan Kekurangan Kayu Sintetis

Penggunaan bahan pelapis ini dapat membuat kayu yang murahan tampak menjadi mewah dan berestetika. Terdapat beberapa jenis bahan pelapis untuk kayu yang tersedia dipasaran, dimana pada masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri.

Jenis-jenis Bahan Pelapis Untuk Kayu

1. Pernis

Jenis-jenis Bahan Pelapis Untuk Kayu - pernis

Pernis merupakan sebuah bahan yang dapat menghasilkan warna transparan yang keras, serta bisa memberikan lapisan pelindung terhadap material kayu. Disamping itu, pernis kayu juga mempunyai perbedan yang cukup menonjol dengan satin dalam hal tampilan.

Pasalnya, stain dapat memberikan warna transparan dan warna yang menyerupai kayu. Dari segi materialnya, pernis kayu ini terbuat dari campuran bahan resin, drying oil, thinner, dan solvent.

2. Plitur (Politur)

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - plitur

Politur atau yang biasa disebut dengan plitur merupaan bahan finishing yang memang sudah digunakan sejak abad ke-19. Menurut kabar yang beredar, produk litur kayu ini terbuat dari bahan resin alami yang berasal dari serangga.

Nah, karena hal tersebutlah yang membuat hasil dari plitur kayu tampak menguning. Adapun mengenai cat plitur dari bahan shellac yang tersedia dalam bentuk kepingan tipis, yang kemudian akan dilarutkan menggunakan cairan ethanol (spirtus).

3. Nitro Cellulose

acam-macam Jenis Pelapis Kayu - nitro cellulose

Sebenarnya bahan pelapis yang satu ini memang belum terlalu familiar di Indonesia. Perlu anda ketahui, Nitro Cellulose ini memiliki banyak campuran bahan kimia yang kerap digunakan untuk membuat tampilan kayu menjadi lebih mengkilap.

Bukan hanya itu, penggunaan Nitro Cellulose juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada bagian permukaan kayu. Mengingat komposisinya terdiri dari berbagai campuran zat kimia, tentu saja anda harus berhati-hati saat akan menggunakan Nitro Cellulose.

Bahkan, Nitro Cellulose ini memiliki aroma kimia yang sangat menyengat sehingga dapat membahayakan bagi saluran pernafasan. Maka dari itu, anda harus menggunakan masker dan kacamata saat mengaplikasikan Nitro Cellulose untuk melapisi material kayu.

Artikel Menarik Lainnya : Referensi Desain kantor Interior Tema Klasik yang Wajib Dicoba

4. Polyurethane

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - polyutherane

Selain pernis, Polyurethane juga merupakan salah satu bahan pelapis paling umum digunakan untuk material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Polyurethane bisa digunakan pada hampir semua jenis kayu yang berbeda dengan mudah lho.

Polyurethane itu sendiri sering disebut dengan istilah PU, dimana ia kerap digunakan untuk melapisi semua material yang berbahan kayu. Pada umumnya, Polyurethane ini akan diaplikasikan untuk furniture kayu outdoor agar tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

5. Melamin

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - melamin

Masih banyak yang beranggapan bahwa Melamin ini adalah sebuah piring. Padahal, Melamin ini adalah salah satu bahan pelapis untuk melapisi semua furniture ataupun mebel yang berbahan kayu. Fungsi utama dari Melamin ini dapat meningkatkan daya tahan terhadap material kayu itu sendiri.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Melamin menyediakan berbagai opsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi. Menurut kabar yang beredar, salah satu jenis Melamin yang paling banyak diminati itu adalah warna doof. Pasalnya, warna tersebut memiliki kemampuan yang tidak memantulkan cahaya.

6. Wax

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - wax

Apa yang dimaksud dengan Wax? Istilah Wax ini sering juga disebut dengan lilin, dimana ia merupakan salah satu bahan pelapis yang memiliki tekstur berbeda dengan lilin pada umumnya. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan pengaplikasian Wax untuk material kayu.

Kendati demikian, terdapat satu kekurangan dari Wax yang harus anda ketahui. Ya, kekurangan Wax adalah daya tahannya yang tidak terlalu baik, sehingga harus diberi lapisan lagi dalam kurun beberapa waktu tertentu.

7. HPL

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - hpl

Istilah HPL itu sendiri merupakan singkatan dari High Pressure Laminate, yang mana ia berfungsi untuk mempercantik tampilan permukaan kayu. Penggunaan HPL pun merupakan solusi yang paling tepat untuk menyulap tampilan kayu murahan menjadi kayu kelas eksklusif.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena HPL menyediakan beragam desain serta model berbeda. Dengan begitu, anda bisa lebih leluasa lagi dalam memilih jenis HPL yang sesuai dengan kebutuhan konsep hunian.

8. Veneer

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - veneer

Dalam industri perkayuan, Veneer ini merupakan sebuah bahan pelapis berbentuk lembaran-lembaran yang terbuat dari serbuk kayu. Pada umumnya, Veneer tampil dengan ketebalan sekitar 0.2 mm yang kerap digunakan untuk proses finishing terbaik pada material kayu. Adapun mengenai salah satu keunggulan dari Veneer yang harus anda ketahui, yakni dapat digunakan sebagai bahan pelapis dengan desain yang unik.

Baca Juga : Jual Lantai Vinyl Motif Kayu Golden Crown

9. PVC

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - pvc

Lain halnya dengan PVC (Polyvynil chloride), dimana ia merupakan pelapis yang terbuat dari bahan termo plastik bertekstur keras serta memiliki tingkat ketahanan yang sangat bagus terhadap air. Itu sebabnya, mengapa bahan pelapis PVC sangat ideal diaplikasikan pada area ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Bukan hanya itu, pelapis PVC juga menyediakan berbagai desain yang unik dan menarik. Bahkan yang lebih menariknya lag, penggunaan pelapis PVC ini tergolong cukup mudah lho.

10. Minyak Kayu

Macam-macam Jenis Pelapis Kayu - minyak kayu

Jenis bahan pelapis kayu terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Minyak Kayu. Biasanya bahan pelapis yang satu ini sering digunakan untuk memperkuat daya tahan material kayu. Melalui penggunaan Minyak Kayu tersebut, tentu saja furniture yang berbahan kayu menjadi lebih awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Keunggulan dari Minyak Kayu dibanding jenis pelapis lainnya, yaitu memiliki kemampuan yang mudah meresap ke dalam pori-pori kayu. Alhasil, lapisan kayunya dapat terbentuk dengan sempurna dan tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi dan macam-macam jenis bahan pelapis kayu, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi sebelum membelinya.