Ini Dia Keunggulan dan Kekurangan Kayu Sintetis

Ini Dia Keunggulan dan Kekurangan Kayu Sintetis

Keunggulan dan Kekurangan kayu Sintetis – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir berbagai jenis material bangunan yang bahannya terbuat kayu olahan atau kayu sintetis. Ya, mulai dari, plafon, lantai, kusen, dan lain sebagainya.

WPC pun menjadi salah satu jenis kayu olahan yang paling banyak diminati dipasaran. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat WPC wood memiliki tingkat kekuatan yang cukup bagus. Bahkan, tingkat keindahan WPC wood juga hampir menyerupai kayu solid lho.

Nah, sebelum membahas seputar keunggulan dan kekurangannya, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan material WPC wood tersebut. Maka dari itu, simaklah abaik-baik ulasannya di bawah ini.

Mengenal Material WPC Wood

Pada dasarnya, nama material lantai WPC memang tidak sepopuler lantai kayu parket maupun lantai keramik. Perlu kalian ketahui, istilah WPC ini merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite. Dengan kata lain, WPC adalah gabungan antara bahan plastik dan kayu.

mengenal wpc wood

Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material baru yang bernama WPC. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat biaya produksi dalam pengolahan material kayu asli yang begitu tinggi, sehingga WPC pun menjadi salah satu alternatif pengganti terbaiknya.

Menurut informasi yang didapat, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli. Material WPC umumnya diaplikasikan untuk berbagai produk interior maupun ekesterior, seperti lantai, dinding, plafon, pagar, dan decking.

Keunggulan WPC Wood

1. Cukup Kuat dan Tahan Lama

Keunggulan PVC Wood - kuat dan tahan lama

Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang mulai beralih untuk menggunakan WPC wood sebagai pengganti kayu solid. Ya, meski materialnya berupa kayu sintetis, namun WPC wood sudah terbukti cukup kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Alhasil, WPC wood kerap dijadikan sebagai dekorasi interior untuk mempecantik tampilan rumah, seperti lantai parket, dinding, plafon, dan lain sebagainya. Menurut informasi yang didapat, tingkat ketahanan WPC wood ini bisa mencapai 10 tahun lho.

Baca Juga : Plus Minus Lantai Kayu Tempel Beserta Harganya

2. Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus

keunggulan wpc wood - Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus

Tak seperti material kayu solid yang membutuhkan perawatan khusus, justru proses perawatan pada WPC wood ini sangatlah mudah. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material utamanya berupa bahan polyvinyl chloride yang memang memiliki sifat anti korosi dan tahan terhadap serangan rayap.

Mengenai perawatannya, material WPC wood ini hanya perlu di pel dan disapu seperti biasa. Lain halnya dengan perawatan kayu solid yang dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari coating, sanding, plitur, dan lain sebagainya.

3. Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

keunggulan wpc wood - Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

Selain proses perawatannya yang mudah, ternyata proses pemasangan WPC wood juga terbilang cukup mudah lho. Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa kita bisa memasangnya seorang diri. Dengan kata lain, proses pemasangan lantai WPC wood ini harus tetap dilakukan oleh tukang yang profesional untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga : Macam-macam Teknik Pemasangan Lantai Kayu!

4. Tahan Air dan Anti Noda

keunggulan wpc wood - Tahan Air dan Anti Noda

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa air merupakan musuh terbesar bagi material kayu solid. Pasalnya, guyuran air secara terus-menerus akan memicu terjadinya pelapukan yang dapat membuat tampilan kayu menjadi tidak indah lagi hingga mengalami keropos.

Namun, permasalahan tersebut tidak akan berlaku untuk WPC wood. Mengapa demikian? Ya, hal ini dikarenakan sifat WPC wood yang tahan terhadap air maupun noda cairan. Itu sebabnya, mengapa material WPC wood bisa diaplikasikan pada ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi, seperti dapur dan kamar mandi maupun area outdoor.

5. Menyuguhkan Warna yang Variatif

keunggulan wpc wood - Menyuguhkan Warna yang Variatif

Meski temanya adalah kayu sintetis, namun material WPC wood ini menyediakan berbagai tampilan warna yang sangat bervariasi. Tentu saja hal tersebut akan membuat kita lebih leluasa lagi dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan konsep rumah.

6. Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Keunggulan PVC Wood - menawarkan harga yang lebih murah

Keunggulan berikutnya dari material WPC wood yang akan dibahas, yakni menawarkan harga yang lebih murah. Meski menawarkan harga yang lebih murah ketimbang kayu solid, namun tingkat kekuatan dan keawetan pada material WPC ini tidak bisa dianggap remeh. Nah, karena hal itulah yang menjadikan material WPC wood sebagai pilihan paling tepat untuk menggantikan peran kayu solid.  

Kekurangan WPC Wood

Dibalik berbagai keunggulannya, tentu saja terdapat juga berbagai kekurangannya. Kekurangan pertama dari material WPC wood yang harus anda ketahui, yakni  tidak sepenuhnya tahan terhadap air. Dengan kata lain, penggunaan WPC wood (khususnya lantai) tidak cocok diaplikasikan pada hunian di daerah yang rawan banjir.

Bukan hanya itu, material WPC wood juga tidak boleh langsung terkena sorotan sinar matahari secara terus-menerus. Itu sebabnya, mengapa material WPC wood tidak cocok diaplikasikan di area outdoor alias luar ruangan.

Pada penggunaan di area-area indoor tertentu seperti jendela atau balkon, sebaiknya anda menggunakan tirai untuk melindungi lantai vynil dari paparan sinar matahari secara langsung. Menurut informasi yang didapat, ternyata penggunaan material WPC wood ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Mengapa bisa demikian? Ya, hal itu dikarenakan materialnya berupa bahan polyvynil chloride yang memiliki kandungan VOC. Apabila zat VOC tersebut sampai terhempas ke udara, maka ia akan berubah menjadi zat racun sehingga dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

Perbandingan Material WPC Wood Vs Kayu Solid

Sebenarnya material WPC wood dengan kayu solid itu tidak perlu dibandingkan. Pasalnya kayu solid unggul secara mutlak ketimbang WPC wood entah itu dari aspek kekuatan, keawetan, hingga keindahan warna dan motifnya.

Artikel Menarik Lainnya : Perbandingan Flooring SPC dan WPC

Demikianlah ulasan singkat mengenai keunggulan dan kekurangan dari material WPC wood, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.