langkah mudah mendekorasi rooftop hunian

Tips Mempercantik Rooftop Hunian Menjadi Elegan

Mempunyai rooftop di sebuah rumah merupakan dambaan bagi setiap orang karena tempat tersebut bisa kita gunakan untuk berbagai macam kegiatan, biasanya rumah yang bertingkat 2 sampai 3 memakai atau membuat sebuah rooftop guna menunjang segala macam bentuk aktivitas manusia.

Rooftop pada sebuah gedung atau hunian dapat kita sulap menjadi tempat untuk kita bersantai di kala weekend atau dijadikan sarana untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga tercinta, bisa juga untuk keperluan lainnya.

Apa Itu Rooftop Pada Sebuah Hunian?

Roof house atau rooftop ini merupakan sebuah area datar yang berada pada bagian paling atas pada sebuah bangunan atau hunian, perlu di ketahui bahwa tidak semua jenis bangunan dapat di buat rooftop, hanya beberapa saja yang menggunakan rooftop sebagai bagian paling atasnya.

fungsi rooftop pada sebuah hunian yaitu?

Arti kata dari rooftop sendiri menurut kamu besar Indonesia yaitu bubungan atap, tetapi terdapat pula arti lain dari kata rooftop yakni nok. Rooftop masuk ke dalam bahasa Inggris yaitu bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di negara Inggris pada abad pertengahan awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di hampir seluruh belahan di dunia.

Rooftop berfungsi untuk? Fungsi dari rooftop itu sendiri sangatlah beragam, pada awalnya roftoop digunakan untuk menjemur pakaian, menyimpan barang atau menaruh AC. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, di era yang modern rooftop ini kini menjadi sebuah tempat yang bisa di jadikan sebagai sarana tempat olahraga, bersantai, nongkrong bersana teman dekat bahkan bisa di sulap menjadi area kolam renang sederhana.

Tahukah kalian, bahwa terdapat beberapa tatacara dalam mempercantik area rooftop pada sebuah hunian agar pada saat digunakan kita terasa nyaman dan betah.

7 Cara Percantik Tampilan Rooftop Rumah Menjadi Cozy & Indah

Dalam merubah tampilan sebuah rooftop hunian membutuhkan beberapa elemen dekorasi yang mumpuni agar konsep atau desain yang kita inginkan benar-benar terbentuk dan terwujud, karena untuk kenyamanan pada saat digunakan dan untuk sebuah tampilan memerlukan hal tersebut. Mempercantik area rooftop bisa di katakan susah-susah gampang, tergantung konsep apa yang akan kita bangun.

Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena di bawah ini terdapat beberapa langkah dalam menghiasi area rooftop menjadi lebih indah & mewah, yang pastinya akan sangat nyaman pada saat digunakan. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

1. Hadirkan kursi, meja & ayunan untuk bersantai

hadirkan kursi, meja hingga ayunan di sebuah rooftop hunian

Agar nyaman pada saat bersantai, hadirkan beberapa furniture fleksibel seperti meja, kursi hingga ayunan sederhana. Bila perlu, tambahkan juga payung pantai untuk menutupi diri dari sinar matahari secara langsung atau curah hujan.

Dengan begitu waktu bersantai Anda di area rooftop akan terasa nyaman dan betah sembari menikmati secangkir kopi/teh dengan membaca koran atau melihat berita-berita terkini lewat gadget.

2. Percantik rooftop dengan lampu-lampu

percantik tampilan rooftop hunian dengan lampu-lampu

Menghiasi area rooftop menggunakan lampu-lampu kecil yang cantik dapat menghasilkan tampilan yang mewah dan indah, selain itu kehadiran lampu-lampu ini juga mampu memberikan kesan yang romantis dan terkesan hangat. Sehingga sangat cocok bila rooftop tersebut di gunakan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan atau keluarga.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup beberapa saja yang sekiranya pas dan cocok. Kita bisa menaruhnya di setiap sudut area rooftop, tidak lupa juga untuk menambahkan beberapa elemen dekorasi pendukung lainnya seperti meja dan kursi.

3. Agar tampilan rooftop tidak membosankan, hadirkan taman kecil

bila area rooftop luas hiasi dengan taman minimalis

Rooftop pada sebuah bangunan atau hunian tentunya memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang luas dan adapula yang ukuran rooftopnya minimalis. Bila area rooftop yang kita miliki ukurannya cukup besar, nah untuk mengisi kekosongan space pada sebuah rooftop kita bisa menghadirkan taman kecil sederhana.

Menghiasi ruang kosong di area rooftop dengan menghadirkan taman minimalis merupakan keputusan yang sangat tepat, selain membuat tampilan rooftop tersebut menjadi lebih baik, tetapi membuat suasana menjadi sejuk dan terkesan alami.

Baca juga : Tips mendekorasi taman depan rumah

4. Membuat gazebo minimalis bila lahan rooftop memungkinkan

membangun sebuah gazebo minimalis di area rooftop

Salah satu cara membuat tampilan rooftop menjadi terkesan mewah dan terlihat indah yakni dengan membuat sebuah gazebo berukuran sedang hingga kecil. Akan tetapi, bila rooftopnya mempunyai space yang luas. Nantinya gazebo tersebut dapat kita manfaatkan untuk bersantai sambil rebahan dan dijadikan area favorit keluarga.

Dengan kehadiran sebuah gazebo minimalis pada area rooftop, kita tidak perlu mengkhawatirkan akan terkena hujan atau pancaran sinar matahari secara langsung karena gazebo di desain untuk mencegah hal tersebut. Disarankan pembuatan gazebo menggunakan aksen kayu, kenapa? karena elemen kayu sangat cocok untuk membuat gazebo.

Baca juga : Cara mengubah tampilan rumah

5. Mempercantik tampilan rooftop dengan lantai kayu outdoor yang terkesan natural

area rooftop menggunakan lantai kayu outdoor

Agar memperkuat karakter sebuah rooftop, elemen kayu tentunya menjadi solusi terbaik untuk dijadikan pelapis lantai area rooftop tersebut. Karena sifat kayu sendiri cukup adaptif terhadap tumbuhan, sehingga kita bisa mengkombinasikannya lantai kayu outdoor dengan tanaman hias.

Dengan begitu tampilan rooftop akan terlihat indah dan terkesan natural, decking kayu sendiri terbilang sangat kuat karena terbuat dari kayu pilihan terbaik seperi kayu ulin, bengkirai, keruing dan merbau. Selain kuat tetapi karakteristiknya cukup unik, sehingga lantai kayu outdoor ini menjadi alternatif pilihan terbaik selain decking wpc.

Baca juga : 3 jenis decking terbaik

6. Buat kolam ikan sederhana

membuat kolam ikan minimalis di area rooftop

Meskipun rooftop berada di bagian paling atas pada sebuah hunian atau bangunan, tidak mustahil bila kita membuat sebuah kolam ikan kecil di area rooftop tersebut. Desain rooftop yang satu ini dapat menjadi elemen yang alami & asri membuat rooftop yang kita miliki terkesan menyegarkan, terasa berada di alam terbuka.

Ditambah lagi jika kita menghadirkan air mancur di bagian tengah-tengah kolam ikannya, karena suara gemercik dari air mancur tersebut dapat membuat kita yang mendengarnya terasa tenang dan nyaman, nuansa yang alami akan benar-benar terbentuk di dalam sebuah rooftop hunian.

7. Selain kolam ikan, membuat kolam renang minimalis bisa dijadikan alternatif pilihan

selain membuat kolam ikan, kolam renang bisa dijadikan alternatif pilihan

Memanfaatkan lahan yang luas pada sebuah rooftop tidak hanya bisa dibuat kolam ikan dan gazebo saja, tetapi kita bisa membuat kolam renang sederhana. tampilan dan kesan yang dihasilkan hampir serupa dengan membuat kolam ikan minimalis di bagian rooftop yakni terkesan alami dan menyegarkan.

Membangun sebuah kolam renang minimalis menjadi solusi yang cukup tepat bila kita mempunyai lahan yang luas di area rooftop, selain gazebo minimalis dan kolam ikan.

Baca juga : Tips mempercantik kolam renang

Percantiklah tampilan rooftop hunian yang kita miliki agar pada saat kita gunakan terasa nyaman dan terlihat indah, beberapa poin-poin di atas dapat kalian Aplikasikan ke area rooftop.

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai tatacara mempercantik tampilan sebuah rooftop bangunan rumah, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Cukup sekian & terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.