lantai kayu lapangan badminton indoor

Jenis Lantai Kayu Untuk Lapangan Badminton

Badminton merupakan cabang olahraga yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Akan tetapi, banyak yang tidak tahu atau tidak menyadari soal badminton itu sendiri. Dimulai dari bentuk ukurannya, aturannya hingga jenis lantai yang digunakan.

Jenis olahraga yang satu ini sangat lah berbeda dari cabang olahraga pingpong ataupun tenis, meskipun sama-sama menggunakan alat pemukul dan menggunakan bola juga.

Mengenal Cabang Olahraga Bulu Tangkis

Badminton atau yang lebih dikenal dengan sebutan bulu tangkis ini merupakan cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 pemain hingga 4 pemain, yang dimana terdapat ketentuannya seperti tunggal putra, tungga putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

mengenal cabang olahraga bulu tangkis

Cara bermain jenis olahraga yang satu ini terbilang susah-susah gampang, kita harus mencetak poin sebanyak 21 untuk satu pertandingan. Menggunakan alat pemukul bernama racket dan bola yang digunakan bernama shuttlecock.

Jenis olahraga ini juga memiliki ketentuan servis yang berbeda bila dimainkan secara tunggal atau ganda. Pada permainan tunggal jarak servis dapat dilakukan dengan garis pinggir 0.46m, Sedangkan pada permainan ganda jarak service bagian belakang dapat dilakukan pada garis 0.76m.

Berapakah tinggi tiang net lapangan badminton? tinggi tiang net pada sebuah lapangan badminton atau bulu tangkis yaitu 1.55m.

Ukuran lapangan bulu tangkis

Seperti yang sudah tergambarkan di atas, bahwasanya lapangan badminton ini berbentuk kotak persegi yang cukup memanjang dan terbagi menjadi 2 bidang yang berlawanan. serta, diberi pembatas pada bagian tengahnya yang sudah kita kenali yaitu bernama tiang net.

ukuran panjang dan lebar lapangan badminton

Ukuran panjang yang dimiliki lapangan badminton yaitu 13,40m dengan di dukungan ukuran lebar sekitar 6,10, kedua ukuran ini di bagi menjadi 2 bidang yang berlawanan yang akan di tempati oleh para pemain atau atlet.

Type Lantai Kayu Yang Cocok Untuk Lapangan Badminton

Pemilihan material lantai pada sebuah lapangan sarana olahraga merupakan hal yang amat sangat penting sebab, kita tidak bisa sembarangan memilih jenis lantai yang akan digunakan setidaknya harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Terlebih lagi jika, memilih jenis lantai untuk lapangan badminton.

lantai kayu lapangan bulu tangkis

Tentunya hal ini bertujuan agar lapangan badminton yang akan kita gunakan nantinya dapat berfungsi sebagai mestinya dan dapat memberikan segi kenyamanan, keamanan dan keindahan. Sehingga nantinya para atlet atau pemain dapat bermain dengan maksimal dan para penonton dapat merasakan tampilan yang sangat menyenangkan yang dihadirkan di dalam sebuah lapangan badminton.

Bahan-bahan material lantai yang akan di aplikasikan di dalam sebuah lapangan badminton indoor harus harus lebih di pertimbangkan dengan teliti guna meminimalisir tingkat kelicinan, tidak keras, memiliki daya pantul yang pas dan memiliki daya serap cahaya yang sempurna. Dengan begitu, gor bulu tangkis akan sangat nyaman ketika digunakan.

Nah, jenis lantai yang cukup sering di gunakan di dalam sebuah arena lapangan badminton yaitu lantai kayu atau parket lantai. Jenis kayu yang di gunakan pun merupakan jenis kayu yang termasuk ke dalam golongan kayu keras contohnya seperti:

Lantai kayu jati

Lantai parket jati merupakan produk pelapis lantai yang di peruntukan di terapkan di dalam sebuah ruangan (indoor). Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Bahkan kayu jati ini sudah sangat populer dari zaman terdahulu dan hingga sekarang pun kayu jati kepopulerannya tidak lekang oleh waktu.

gor bulu tangkis lantai kayu

Penerapan lantai kayu di dalam sebuah arena lapangan badminton merupakan keputusan yang sangat tepat. Kenapa begitu? karena lantai kayu itu sendiri di bekali dengan subfloor pada bagian permukaannya, yang dimana hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya resiko cedera fatal pada para pemain atau atlet.

Dengan kualitasnya yang mendukung serta terdapat kelebihan tersendiri, membuat lantai kayu jati ini tidak usah di ragukan kembali soal karakteristiknya. Sangat rekomendasi pemakaian lantai kayu jati pada sebuah arena lapangan bulu tangkis karena dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan memilik tampilan yang menarik.

Informasi selengkapnya tentang: Kayu Jati

Kelebihan Menggunakan Lantai Kayu Di Dalam Gor Bulu Tangkis

Tahukah anda, bahwasanya lantai kayu ini terdapat beberapa kelebihan yang cukup signifikan. Terlebih lagi jika di terapkan di dalam sebuah arena lapangan badminton, terdapat keuntungan yang akan di dapat. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

Awet/tahan lama

lantai kayu jati dapat bertahan lama

Seperti yang sudah kita ketahui, lantai kayu memiliki kualitas tingkat tinggi baik dari segi kekerasan, ketahanan hingga keawetannya. Yang membuat kita tidak perlu menggantinya setiap tahun. Bahkan, lantai kayu itu sendiri dapat bertahan selama puluhan tahun jika di rawat secara intens dan teratur.

Terlihat indah dan mewah

biaya pemasangan lantai kayu lapangan badminton

Lantai kayu memiliki tampilan visual yang cukup tinggi. Jika anda pernah melihat sebuah pertandingan badminton, yang dimana arena lapangan tersebut menggunakan lantai kayu. Pasti pandangan kita akan tertuju pada lantai kayu tersebut, serat kayu dan warna yang khas membuat lantai kayu ini memiliki tampilan yang memukau dan berkesan alami.

Baik Bagi kesehatan

lapangan badminton lantai kayu

Banyak yang tidak mengetahui akan hal ini, bahwa lantai kayu dapat mengeluarkan senyawa ION negatif di dalam sebuah ruangan yang dimana kandungan ION negatif tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Terlebih lagi jika di terapkan di dalam sebuah hunian tempat tinggal atau lapangan badminton, maka akan sangat bagus untuk pernafasan para atlet.

Berkesan hangat dan empuk

lantai parket lapangan badminton

Lantai kayu memiliki suatu kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para pemakainya, seperti contohnya lantai kayu berkesan hangat dan cukup empuk ketika di gunakan. Sifat empuknya ini sangat bermafaat untuk para atlet atau pemain, karena agar meminimalisir terjadinya resiko cedera yang cukup fatal bila terjatuh ke bawah lantai.

Dapat di perbaharui

Tahukah anda, bawahsanya lantai kayu itu dapat di perbaharui. Di perbaharui bagaimana? warna permukaan lantai kayu lambat laun akan memudar atau kusam, solusinya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara di perbaharui atau di coating ulang. Dengan begitu, lantai kayu akan seperti baru kembali.

Perlu di ketahui

Biasannya para pemilik gor bulu tangkis yang memaki lantai kayu, sering melapisi kembali permukaan lantai kayunya dengan penutup lantai jenis karpet lining atau matras. Bisa di lihat pada gambar di bawah ini:

pelapis lantai karpet lining di atas lantai kayu lapangan badminton

Peran penutup lantai jenis matras atau mart court ini sebagai pelapis tambahan untuk lantai utama seperti lantai beton atau lantai kayu di dalam sebuah arena lapangan badminton. Bisa dikatakan pelapis tambahan ini hampir menyerupai jenis lantai vinyl karena terdapat beberapa kesamaan dari cara pembuatan dan bahan dasarnya, hanya yang membedakannya jenis bahan apa yang digunakan.

KISARAN BIAYA PEMASANGAN LANTAI KAYU UNTUK LAPANGAN BADMINTON

Jika anda benar-benar berminat ingin memasang lantai kayu di dalam sebuah gor bulu tangkis, maka siap-siap untuk mengeluarkan budget yang cukup tinggi. Dibawah ini kami akan memberikan ulasan estimasi biaya pemasangan lantai kayu untuk lapangan badminton, simak ulasan berikut ini:

Panjang dan lebar ukuran lapangan badminton yaitu 13,41 x 6,1m itu standar ukurannya, tapi biasannya di beri jarak tiap pinggiran rata-rata min 0cm, jadi ukurannya sekitar 14,01m x 6,7m = 102.3m2 x harga lantai kayu.

Biasannya lantai kayu yang di pakai untuk lapangan badminton menggunakan lantai kayu solid jati grade A dengan ukuran 1,2cm x 5cm x 30cm dengan harga sekitar Rp. 280.000/m2.

  • Untuk sebuah 1 lapangan: 14.01 x 6,7m = 93,867 x 280.000 Hasilnya adalah Rp. 26.282,760
  • Untuk 2 lapangan: 14.01 x 6,7m x2 = 187.734 x 280.000 hasilnya adalah Rp. 52.565,520
  • Untuk 3 lapangan: 14.01 x 6,7m x3 = 281.601 x 280.000 hasilnya adalah Rp. 78.848,280
Begitu pun seterusnya.

Perlu di ingat, estimasi biaya pemasangan lantai kayu untuk lapangan bulu tangkis indoor di atas merupakan belum termasuk dengan biaya pemasangan. Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang produk dan beserta harganya, anda bisa langusng saja menghubungi pihak marketing dari kami. (Konsultasi Gratis)

Produk lantai kayu yang kami sediakan merupakan high quality.

Bagi anda yang ingin mengetahui daftar harga lantai kayu terlebih dahulu, anda bisa kunjungi halaman di bawah ini:

Baca juga: Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Baik itulah dia pembahasan kita kali, semoga ulasan diatas dapat membantu anda dalam menentukan jenis lantai yang akan digunakan di dalam sebuah arena lapangan badminton dan bermafaat untuk keperluan lainnya. Terimakasih