mengulas keunikan kayu akasia di Indonesia

Ciri-Ciri Kayu Akasia Beserta Harga & Plus Minusnya 2022

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas fakta menarik tentang kayu akasia, pernah mendengar jenis kayu yang satu ini sebelumnya? Jika belum, yuk kita ulas kelebihan dan kekurangan kayu akasia, beserta karakteristik, manfaat dan harganya.

Kayu akasia sendiri merupakan salah satu jenis kayu yang tergolong memiliki kualitas yang bagus, hampir setara dengan kualitas kayu jati, kayu oak, kayu sonokeling dan jenis-jenis kayu solid lainnya.

Sehingga tak heran, jika kayu akasia saat ini sedang banyak di cari oleh beberapa kalangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di segala bidang. Terutama didalam dunia industri furniture atau mebel, dan tentunya untuk keperluan lainnya.

Mengenal pohon akasia

Pohon akasia mangium yang memiliki nama latin Acacia Auriculiformis yang merupakan termasuk kedalam famili Leguminoceae, Genus Acacia, yang dimana terdapat lebaih dari 1000 spesies pohon dan perdu yang banyak tumbuh di kawasan Amerika, Afrika, Asia, namun paling banyak dijumpai di daerah Australia.

persebaran pohon akasia di Indonesia

Ciri-ciri pohon akasia memiliki bentuk batang yang bulat dan lurus, bercabang banyak, mempunyai kulit bagian luar yang cukup tebal dengan tekstur permukaan yang sedikit agak kasar. Serta memiliki warna coklat muda.

Tinggi pohon akasia bisa mencapai 25-30 meter dan ukuran diameter batang sekitar 90 sentimeter dengan batang bebas cabang 10-15 meter. Jenis tanaman perdu ini tergolong cepat dalam hal pertumbuhannya (Fast Growing Species).

Pohon akasia memiliki daun yang banyak dengan ukuran panjang maksimal mencapai 16 cm, daunnya tebal dan berkulit serta mempunyai lekukan yang begitu khas. Sedangkan bunga akasia mangium sendiri mempunyai warna kekuningan dengan ukuran diameter mencapai 8 cm.

Di Indonesia sendiri, pohon akasia mangium banyak ditemukan di daerah timur, atau lebih tepatnya di kawasan Papua, terdapat pula di wilayah Maluku Selatan, Kalimantan Timur, Jawa. Jenis kayu yang satu ini juga sering disebut kayu pilang, kayu jati mangium atau kayu mangium.

Baca juga : Asal Usul Pohon Trembesi Di Indonesia

Klasifikasi akasia mangium

  • Kingdom : Plantae
  • Famili : Leguminoceae
  • Genus : Acacia
  • Spesies : Acacia Indigenus
  • Ordo : Lamiales
  • Divisi : Rancospermae
  • Kelas : Eudicots, Astrids

Karakteristik kayu akasia

Karakteristik kayu akasia mangium bisa terlihat jelas dari warna kayunya yang berwarna krem, sedangkan warna teras kayunya berwarna coklat muda hingga berwarna coklat tua kehijauan. Dengan tekstur permukaan yang halus dan mempunyai serat kayu yang lurus nan seragam.

mengenal karakteristik kayu akasia

Dengan warna yang kontras dan sedikit agak berbeda, sehingga kesan awal kita melihat kayu akasia ini akan terpukau. Jadi tak heran jika kayu ini sangat cocok dipakai untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture klasik yang mempunyai nilai seni artistik yang cukup tinggi.

Tingkat kekuatan kayu akasia kelas II-III sedangkan tingkat keawetannya kelas III. Memiliki densitas kayu rata-rata 450-600 kg/m3 pada moisture content (MC) 12%, dengan kadar air 15%.

Kualitas kayu akasia memang tergolong sedang, bahkan rendah. Sehingga rentan terkena serangan kutu kayu atau rayap dan kurang dapat bertahan dari area outdoor seperti sinar UV maupun suhu atau cuaca.

Oleh sebab itu kayu mangium ini tidak direkomendasi untuk digunakan pada area outdoor atau luar ruangan, apalagi berdekatan dengan tanah seperti contohnya dijadikan pagar kayu minimalis, dinding lambersering outdoor atau lain sebagainya.

Namun meskipun begitu, jenis kayu yang suka dikenal dengan istilah kayu pilang mangium ini mudah dibentuk sesuai dengan keinginan, kemudahan dalam hal pengolahan inilah yang menjadikan para pengrajin kayu menyukai akasia sebagai bahan dekorasi maupun furniture mebel.

Baca juga : Karakteristik Kayu Oak Yang Mirip Teak Wood

Keunggulan kayu akasia

kelebihan dan kekurangan kayu akasia

Selanjutnya kita bahas kelebihan dan kekurangan kayu akasia, perlu untuk kalian ketahui jika ingin membeli atau memakai jenis kayu mangium yang satu ini untuk digunakan berbagai keperluan. Inilah plus minus akasia mangium :

  • Tergolong kedalam jenis kayu awet
  • Mudah diolah maupun dibentuk
  • Memiliki waktu panen yang cepat (Fast Growing Species)
  • Mempunyai tingkat kekuatan yang sedang
  • Cocok dijadikan pengganti kayu jati untuk furniture
  • Harga kayu akasia sendiri tergolong murah dibandingkan harga kayu mahoni maupun jati

Kekurangan akasia mangium

plus minus akasia untuk furniture
  • Tidak cocok digunakan pada area outdoor
  • Mudah terserang rayap pada lingkungan yang basah
  • Cenderung murah melengkung bila tidak teliti dalam proses pengeringan
  • Dan dalam proses pengeringan tingkat susut kayu akasia bisa besar
  • Proses pengeringan akasia membutuhkan waktu yang cukup lama

Baca juga : Plus Minus Kayu Manglid Untuk Kusen

Itulah beberapa keunggulan dan kelemahan dari kayu akasia mangium, ingin tahu apa saja manfaat yang bisa dihasilkan dari jenis kayu yang satu ini? Simak ulasannya dibawah ini :

Manfaat kayu akasia

manfaat kayu akasia mangium

Salah satu pemanfaatan kayu akasia yang sering dipakai oleh manusia ialah dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas, pulp, papan veneer, kepingan kayu, furniture rumah tangga, elemen dekorasi hunian dan lain sebagainya.

Bahkan tidak jarang wood akasia mangium ini dipakai untuk kusen jendela maupun kusen pintu untuk sebuah hunian atau bangunan. Bahkan beberapa ada yang memanfaatkannya sebagai penutup lantai indoor atau lantai kayu akasia minimalis atau wood floor acacia, namun sangat jarang.

perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu akasia

Uniknya, pengolahan kayu akasia ini tidak terfokus pada pembuatan kertas dan furniture saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pembuatan perabotan rumah lainnya seperti mangkok, piring, talenan, garpu, sendok dan lain-lain.

Selain itu kulit pohon akasia juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sebagai sumber tanin bahan penyamak nabati di dalam dunia industri penyamakan kulit.

Harga kayu akasia mangium

Jual beli kayu akasia di Indonesia harga murah

Walaupun kayu akasia ini tergolong kedalam jenis kayu yang memiliki kualitas yang cukup bagus dan mempunyai karakteristik yang unik, sehingga cocok dibuat menjadi olahan produk furniture yang keren dan terlihat elegan. Namun nyatanya kayu mangium ini lebih sering dipakai untuk kebutuhan membuat kertas dan pulp.

Harga log kayu akasia di pasaran masih tergolong murah yakni sekitar Rp. 800.000 sampai yang paling mahal mencapai Rp. 1.000.000 per meter kubik, namun harganya bisa bervariasi tergantung ukuran dan gradenya. Terdapat pula harga papan dan balok akasia yang dibandrol sekitar Rp. 2.500.000 sampai dengan Rp. 3.000.000.

Baca juga : Harga Kayu Mindi Per Meter Kubik

Bagaimana, tertarik mau pakai kayu mangium akasia ini?

Segitu saja untuk ulasan kita kali ini mengenai wood akasia mulai dari pohon, karakter, sifat, kelebihan dan kekurangan hingga manfaat serta harganya. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya, cukup sekian dan terimakasih.