fakta menarik kayu trembesi dari karakteristik, plus minus, manfaat hingga harganya

Kayu Trembesi Adalah Alternatif Kayu Jati Yang Murah & Indah

Pernah mendengar kayu trembesi sebelumnya? Yap, jenis kayu yang satu ini memang cukup populer, terlebih lagi di kalangan para pengrajin atau para produsen kayu di dalam dunia industri furniture atau mebel maupun kontruksi dan elemen dekorasi.

Di indonesia sendiri kayu trembesi ini banyak ditemukan pada daerah hutan hujan tropis seperti, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Hebatnya, ketiga wilayah tersebut menjadi penghasil kayu trembesi terbanyak dan menjadikan negara Indonesia sebagai pemasok kayu trembesi terbanyak di Asia Tenggara.

Apakah benar kayu trembesi ini diyakini sebagai alternatif pilihan terbaik selain kayu jati perhutani? Yuk kita cari tahu tentang kayu trembesi mulai dari, asal muasal pohonya, karakteristik, kelebihan dan kekurangan, serta manfaat dan harganya. Simak ulasannya dibawah ini :

Mengenal Pohon Trembesi

Pohon trembesi yang banyak ditemukan di kawasan hutan hujan tropis ini memiliki nama latin Samanea Saman serta mendapatkan julukan sebagai “Ki Hujan” karena sering meneteskan air dari tajuk-tajuk pohonnya. Tajuknya ini berbentuk seperti kanopi yang cukup lebar dan bisa menjadi peneduh jalan serta mampu menyerap karbon dioksida.

ciri-ciri pohon trembesi mudah dikenali
Pohon trembesi

Pohon trembesi ini dapat tumbuh menjulang tinggi mencapai 20 meter, besar dan kuat dengan permukaan warna batang coklat hitam, beralur dan cenderung agak kasar. Selain itu, mempunyai tajuk yang rindang dan cukup lebar, dengan bentuk dahan yang bercabang-cabang dan terkadang tidak beraturan.

Tidak sampai disitu, bentuk daun pohon trembesi ini bulat memanjang sekitar 2-6 cm dan ukuran lebarnya sekitar 1-4 cm dengan permukaan yang licin dan tepi yang rata. Memiliki warna hijau dan tulang daunnya menyirip.

Kenali Karakteristik Kayu Trembesi Sebelum Membeli!

Olahan kayu solid seperti kayu trembesi memang kerap kali di pakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan dibidang tertentu, salah satunya yaitu digunakan untuk bahan furniture atau mebel.

Namun perlu diketahui, sebelum menggunakan atau membeli kayu trembesi alangkah lebih baiknya kita mengetahui karakteristik nya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

kenali karakteristik kayu trembesi sebelum membeli

Karakteristik kayu trembesi bisa kita lihat dari segi warna, yang dimana pada bagian kulit luar berwarna putih cerah, sedangkan pada bagian dalam kayunya memiliki warna coklat tua. Uniknya, kayu trembesi ini mempunyai alur garis-garis yang berwarna hitam pada bagian kayunya.

Bobot berat kayu trembesi hampir sama dengan bobot berat kayu jati dan akasia, yaitu sekitar 0,6 kilogram per meter. Dengan hal ini menjadikan kayu trembesi tergolong kedalam jenis kayu berat.

Tingkat kekuatan kayu trembesi kelas II dengan didukung tingkat keawetan kelas IV. Meskipun tidak sekuat kayu jati dan tidak seawet kayu merbau atau ulin, namun trembesi wood ini masih bisa diandalkan sebagai elemen kayu yang bermanfaat di berbagai bidang. Seperti contohnya dipakai untuk lantai parket, furniture, papan tangga kayu dan elemen dekorasi lainnya karena bisa mengandalkan tingkat kekuatannya.

Baca juga : Mengenal Karakteristik Kayu Rengas

Plus minus kayu trembesi

Sama seperti jenis kayu kebanyakan, kayu trembesi juga mempunyai sisi kelebihan dan kekurangannya. Penting bagi kalian untuk mengetahuinya sebagai bahan pertimbangan jika hendak memakai kayu trembesi sebagai olahan kayu yang bermanfaat.

Keunggulan trembesi

plus minus kayu trembesi untuk furniture
kelebihan kayu trembesi
  • Diameter batang kayu trembesi bisa mencapai 1,5 meter sehingga dapat diolah menjadi furniture dengan ukuran yang besar
  • Pertumbuhan kayu trembesi tergolong cepat bila dibandingkan dengan kayu jati
  • Mempunyai serat kayu alami yang lurus, padat dan berwarna hitam kecoklatan
  • Cukup mudah dalam hal pengolahan
  • Harga kayu trembesi relatif terjangkau

Kelemahan trembesi

inilah kekurangan yang dimiliki kayu trembesi
Kekurangan kayu trembesi
  • Kayu trembesi kurang bertahan dari serangan rayap, sehingga perlu di suntik cairan anti rayap bila ingin menggunakannya.
  • Tingkat keawetannya tergolong rendah sehingga perlu di rawat dengan baik
  • Tidak dapat bertahan dari kelembaban
  • Gampang lapuk bila terkena lembab

Baca juga : Kelebihan & Kekurangan Kayu Mindi

Manfaat Kayu Trembesi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa kayu trembesi ini meskipun kualitasnya tidak sebagus kayu jati namun masih bisa diandalkan sebagai olahan kayu yang mempunyai sejumlah manfaat yang sering digunakan olah sebagian besar orang. Diantaranya yaitu :

Furniture kayu trembesi

Salah satu pemanfaatan kayu trembesi yang sering dilakukan yaitu dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture atau mebel, seperti kursi, meja, lemari, rak, papan, pintu dan lain sebagainya.

manfaat kayu trembesi untuk bahan furniture atau mebel

Selain mudah diolah, tetapi juga kayu trembesi ini mempunyai segi warna yang unik dengan didukung tampilan corak kayu dan serat kayu alami yang khas. Sehingga menarik perhatian para produsen kayu atau pengrajin untuk dijadikan elemen bahan furniture rumah tangga.

Trembesi wood ini jarang sekali dipakai untuk bahan kontruksi, mengingat tingkat keawetannya yang rendah. Sehingga kayu trembesi ini lebih dominan dipakai untuk bahan furniture sebagai alternatif kayu jati.

Daun trembesi bisa dijadikan obat herbal alami

daun pohon trembesi bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami

Uniknya dari pohon trembesi ini kita bisa memanfaatkan daunnya sebagai olahan obat herbal yang alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, iritasi kulit, radang usus hingga flu.

Cara menggunakan daun trembesi untuk obat alami terbilang cukup mudah, kalian hanya perlu mengeringkan daunnya terlebih dahulu yang selanjutnya di seduh atau bisa juga langsung mengoles ke bagian permukaan kulit yang gatal atau terkena penyakit tertentu.

Biji pohon trembesi bisa dimanfaatkan sebagai olahan makan ringan

biji pohon trembesi bisa diolah menjadi makanan ringan

Pohon trembesi mempunyai bunga berwarna merah kekuningan dan terdapat buahnya yang berbentuk polong dengan warna hitam, panjangnya sekitar 30-40 cm. Nah, didalam buahnya ini terdapat biji keras yang memiliki warna hitam kecoklatan dengan bentuk lonjong berukuran panjang 5 mm.

Biji pohon trembesi inilah yang bisa kita manfaatkan sebagai olahan makanan ringan, semacam kuaci. Tidak hanya itu saja, biji trembesi ini juga berkhasiat untuk mencuci perut dengan cara di seduh dan dicampur dengan air hangat. Sebagai tambahan, akar pohon trembesi juga dapat bermanfaat untuk mencegah terkena kanker.

Baca Juga : Manfaat Kayu Oak

Harga kayu trembesi dipasaran

harga kayu trembesi per meter kubik dan per meter di pasaran

Kayu trembesi di jual dengan ukuran per meter dan ada juga yang per meter kubik dengan harga yang bervariasi. Terdapat harga kayu trembesi sekitar Rp. 1.800.000 dengan ukuran diameter 40 cm. Namun ada pula yang menjual papan trembesi dengan harga sekitar 500 ribuan per meternya.

Olahan produk yang terbuat dari kayu trembesi harganya cenderung murah bila dibandingkan dengan harga kayu jati per meter kubik maupun per meternya, dan dengan harga kayu solid lainnya. Sehingga trembesi kayu ini cocok sebagai alternatif pengganti kayu jati yang notabene harganya mahal.

Baca Juga : Harga Kayu Mahoni

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai kayu trembesi dan perbandingannya dengan kayu jati, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian ya. Cukup sekian dan terimakasih.