inilah 6 jenis lantai yang cocok untuk area dapur rumah sederhana

6 Jenis Penutup Lantai Terbaik Untuk Area Dapur Sederhana

 Lantai merupakan material yang amat sangat penting dan wajid ada kehadirannya di dalam sebuah bangunan yang berfungsi untuk menunjang aktivitas kita menjadi lebih nyaman dan aman. Pelapis Lantai sendiri yang gunannya sebagai pijakan lantai dasar di dalam sebuah hunian dapat diterapkan didalam ruangan maupun di luar ruangan.

Selain kamar tidur, ruang tamu dan ruang tengah atau kamar mandi. Area dapur juga sangat penting dalam menentukan material lantai yang akan digunakan, terlebih lagi ruangan dapur akan sangat sering digunakan untuk berbagai keperluan.

Nah berbicara soal lantai dan area dapur, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis penutup lantai yang sangat pas untuk diaplikasikan pada ruangan dapur. Simak ulasannya berikut ini:

Rekomendasi Lantai Untuk Ruang Dapur

Saat ini terdapat beragam jenis lantai yang tersedia dipasaran, akan tetapi jenis lantai yang cocok untuk area dapur hanya beberapa saja, tidak semua jenis lantai dapat kita pakai untuk keperluan diarea dapur hunian.

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya ruang dapur itu relatif dengan aktivitas yang berdekatan dengan air dan kegiatan masak memasak. oleh sebab itu, diperlukanlah material pelapis lantai yang mumpuni dalam kondisi tersebut.

Jenis-jenis lantai apa sajakah yang cocok untuk area dapur?

1. Keramik kesat atau ubin

Sepertinya ketika mendengar jenis lantai yang satu ini tentunya sudah tidak asing kembali ditelinga kita bukan? Karena keramik lantai ini sangat populer diberbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Terlebih lagi penggunannya dapat diaplikasikan diberbagai ruangan, sehingga membuat produk lantai keramik ini cukup banyak diminati dan disukai.

area dapur menggunakan lantai keramik kesat

Keramik & ubin sendiri tentunya sangat cocok untuk dipasangkan pada area dapur, bahkan dari dulu hingga sekarang sudah banyak sekali yang menggunakan lantai keramik kesat untuk digunakan sebagai penutup lantai dasar diruangan dapur, mengingat keramik dan ubin sendiri cukup tahan terhadap noda atau cairan.

Serta kelebihan lainnya yaitu mampu bertahan terhadap suhu panas dan sangat awet, harga dari keramik lantai dan ubin ini bisa terbilang cukup murah sehingga mudah dijangkau oleh semua kalangan. Maka tak heran, jika saat ini rumah-rumah disekitar kita hampir semuannya menggunakan lantai keramik.

2. Lantai batu alam

Selain lantai keramik kesat, terdapat salah satu jenis penutup lantai yang memiliki kesamaan dari segi keawetan dan sangat cocok diterapkan diarea dapur yaitu lantai batu alam. Menggunakan ubin yang terbuat batu alam dapat membuat tampilan dapur tampak terlihat elegan dan menawan.

rekomendasi lantai batu alam untuk area dapur minimalis

Salah satu kelebihan memakai lantai batu alam ini yaitu ketahanannya yang sangat kokoh dan mampu menahan beban berat, sehingga sangat rekomendasi bila dipasangkan sebagai lantai dapur kontemporer dan modern yang merupakan bagian dari denah yang terbuka.

Terdapat beberapa jenis batu alam yang cukup umum dan dapat kita gunakan ialah, travertine, granit, marmer dan batu kapur. Semua jenis ini memiliki tampilan uniknya tersendiri, selanjutnya kita tinggal sendiri yang menentukan sesuai dengan selera.

Baca juga : Inspirasi desain ruang kaman sederhana

3. Pelapis lantai vinyl

Lantai vinyl atau lantai sintetis ini adalah penutup lantai yang terbuat dari bahan kimia sejenis plastik bernama PVC (Poli Vinyl Chloride) yang dimana bahan tersebut membuat vinyl lantai cukup elastis dan mempunyai segi tekstur yang halus.

lantai PVC rekomendasi diterapkan di area dapur

Keunggulan yang paling mencolok dari lantai vinyl ini yakni mudah dipasangkan, mempnuyai motif yang beragam dan dijual dengan harga yang terjangkau. Tak jarang, lantai vinyl ini sering dijadikan sebagai alternatif pilihan terbaik selain keramik, granit atau lantai kayu solid.

Baca juga : Lantai Keramik vs Vinyl

Mengapa vinyl lantai ini sangat rekomendasi untuk dijadikan sebagai pelapis lantai dapur? Karena lantai vinyl dibekali dengan beberapa lapisan didalamnya, slaah satunya layer atau lapisan anti noda dan water resistance. Meskipun tidak sepenuhnya tahan terhadap air, tetapi sangat cocok bila diterapkan untuk ruang dapur, tetapi juga tidak bisa dijadikan sebagai lantai kamar mandi.

Selengkapnya tentang : Harga lantai vinyl pe box dan per meter beserta biaya pemasanganya 2021

4. Lantai beton

Beton merupakan salah satu bahan yang paling tangguh dan dapat bertahan lama, hal ini tentunya menjadi pilihan yang cukup baik bila memilih bahan yang satu ini untuk dijadikan sebagai pelapis lantai di dapur.

ruang dapur menggunakan lantai beton

Dari segi pemeliharaan, lantai benton sendiri terbilang cukup mudah dalam hal perawatannya. Bahkan beton ini juga mudah di bersihkan. Meskipun lantai beton ini sangat kuat, tetapi di perlukan juga segi perawatannya agar dapat bertahan lama dan terjaga kualitasnya terlebih lagi dari kelembaban.

Salah satu keuntungan memakai lantai beton yakni dapat di pasangkan lagi jenis lantai lain di atasnya, sehingga bila mana kita bosan dengan penampilan dari lantai beton, kita hanya perlu menambahkan jenis lantai yang kita inginkan.

Baca juga : Perbandingan lantai kayu solid dengan keramik

5. Parket laminated

Selain lantai PVC atau vinyl, terdapat salah satu jenis lantai yang hampir serupa dengannya yakni lantai kayu laminate. Jenis lantai yang satu ini terbuat dari serbuk kayu plywood yang dicampur dengan bahan kimia resin, dibuat menggunakan mesin berteknologi tinggi HDF (High Density Fiberboard).

lantai kayu laminated bisa diterapkan diruang dapur

Kenapa bisa dibilang mirip dengan lantai vinyl? Karena lantai parket laminate tidak sulit dalam hal instalasi pemasanganya, mempunyai motif kayu yang terlihat realistis dan tampak elegan serta dijual dengan harga yang relatif murah. Lantai kayu tempel ini bisa juga dimanfaatkan sebagai alternatif pilihan selain vinyl, keramik, marmer, granit, lantai kayu solid hingga linoleum.

Baca juga : Perbandingan Laminate & Vinyl

Memangnya bisa lantai laminasi dipasangkan diruang dapur? apakah tahan air? tentu saja lantai laminate bisa kita gunakan untuk keperluan lantai dapur, saat ini juga sudah banyak sekali yang menggunakannya. Hanya saja laminated floor ini kurang begitu tahan terhadap air, tetapi masih bisa diandalkan untuk menutupi lantai diarea dapur.

Selengkapnya tentang : Harga lantai vinyl per meter 2021

6. Lantai SPC (Stone Plastic Composite)

Flooring SPC ini adalah produk lantai hunian yang terbuat dari komponen kalsium karbonat yang di mana bahan tersebut dapat dihasilkan dari batu kapur, stabilizer & bubuk PVC ( Poli Vinyl Chloride ). Lantai SPC sendiri merupakan hasil pengembangan dari produk penutup lantai Luxury Vinyl Tiles ( LVT ).

rekomendasi lantai SPC untuk area dapur minimalis

Jikalau tadi lantai laminate dan vinyl kurang begitu tahan terhadap endapan air, nah jenis lantai yang satu ini sangat berbeda. Pasalnya flooring SPC merupakan lantai yang dapat bertahan dari tetesan air, lantai waterproof ini sangat cocok di aplikasikan untuk keperluan diruangan dapur hunian.

Selengkapnya tentang : Apa itu lantai SPC?

Apakah Lantai Kayu Solid Bisa Dipasangkan Untuk Area dapur?

Lantai kayu merupakan produk penutup lantai yang terbuat dari kayu alami, jenis kayu yang digunakanpun merupakan golongan jenis kayu keras nan berkualitas. Tetapi pertayaannya, apakah lantai parket solid bisa digunakan sebagai pelapis lantai dapur? Mengingat kualitasnya yang sangat tinggi. Apakah bisa? Simak ulasannya dibawah ini :

apakah bisa lantai kayu solid diterapkan diarea dapur?

Sebetulnya bisa-bisa saja lantai kayu dipakai untuk menutupi lantai diruangan dapur, hanya saja kurang pantas atau kurang cocok. Sebab lantai kayu solid mempunyai tampilan yang jauh lebih cantik dibandingkan dengan lantai vinyl motif kayu, laminate atau jenis lantai lainnya. Terlebih lagi harga lantai kayu sendiri cukup tinggi dan cukup sensitif terhadap air, sehingga sangat disayangkan bila parket solid dipasang diarea dapur.

Biasanya para konsumen menerapkannya lantai kayu ini diruangan-ruangan didalam sebuah hunian yang sering dijangkau oleh semua penghuni rumah selain ruang dapur., yaitu ruang kamar tidur, ruang tengah atau ruang keluarga dan ruang tamu.

Baca juga : Harga lantai kayu solid & biaya pasangnya terbaru 2021

Memilih material lantai dapur memang tidak sesulit dan semudah apa yang kita bayangkan, pastikan disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan budget yang kita miliki. Baiklah, segitu saja untuk pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat.