Begini jadinya Jika lantai kayu dipasang ditepi kolam renang

Memiliki kolam renang pribadi tentunya sangat menyenangkan. Kita dapat bersenang-senang bersama keluarga sepuasnya kapan saja. Namun harus diperhatikan juga tingkat safety-nya. Kolam renang berhubungan dengan air,dan air dapat membuat lantai menjadi licin, solusi tepat adalah menutupi lantai dengan decking kayu kolam renang.

lantai kayu samping kolam renang

Decking kayu kolam renang sudah banyak beredar di pasaran. Harga lantai kayu kolam renang bergantung dari jenis kayu yang dipilih (silahkan baca postingan saya sebelumnya tentang jenis kayu untuk lantai outdoor).

Ada banyak model kolam renang seperti model pada umumnya kotak segi empat memanjang atau bulat, penempatannya pun tidak hanya di area halaman belakang rumah namun ada yang disamping rumah atau didalam rumah. Pemasangan pool deck kolam renang disesuaikan dengan model kolam renang itu sendiri baik yang segi empat, bulat atau kombinasi.

ketahui juga jenis lantai kayu yang cocok untuk di pasang di area luar ruangan (outdoor), berikut inilah dia ulasannya:

Produk lantai kayu untuk kolam renang

Decking kayu Merbau

decking kayu merbau
decking kayu merbau

untuk mendesain suatu tepi kolam renang menggunakan decking kayu harus memiliki kualitas yang cukup baik, karena decking kayu yang di pasang di luar ruangan akan menghadapi paparan sinar matahari dan perubahan suhu atau cuaca.

maka dari itu, jenis kayu merbau lah yang cocok untuk sebagai material penutup lantai pada tepi kolam renang. Karena merbau memiliki kualitas yang cukup baik dari tingkat kekerasan serta tingkat keawetannya.

Karakter kayu sangat keras tidak mudah keropos,namun jika terkena air suka mengeluarkan getah merah yang terus menerus, tapi jangan khawatir lama kelamaan getah alami tersebut akan habis. Jenis kayu Merbau untuk tepi kolam renang tidak begitu direkomendasikan karena getah tersebut jika netes ke kolam akan membuat kolam menjadi kotor dan berwarna kemerahan.

Decking kayu Keruing

decking kayu keruing
decking kayu keruing

Selain kayu merbau, ada juga yang tak kalah cocok untuk penutup lantai pada tepi kolam renang yaitu kayu keruing. Kayu yang berasal dari jawa dan sumatera ini memiliki tingkat kekerasan kelas 2 dan tingkat keawetan kelas 3.

Kakuatan kayu Keruing dibawah kayu Merbau, namun cocok pula dijadikan penutup lantai kolam renang. Kayu ini tidak mengeluarkan getah seperti kayu Merbau.

Decking kayu Ulin Kalimantan

decking kayu ulin
decking kayu ulin

Kayu yang mendapat julukan “kayu besi” ini berasal dari kalimantan dan memiliki kualitas yang cukup baik.

Jenis decking kayu yang satu ini paling bagus diantara jenis kayu lainnya. Tingkat kekerasan kelas 1,tingkat kekuatan kelas 1,tingkat keawetan kelas 1 dan harganya paling tinggi diantara jenis decking kayu lainnya.

Decking kayu Bengkirai

decking kayu bengkirai
decking kayu bengkirai

Tingkat kekerasan dan kekuatan kayu hampir setara dengan decking kayu Ulin, tingkat keawetan dibawah kayu Ulin namun harganya sedikit lebih murah dari decking kayu Ulin.

Jenis kayu diatas sudah memiliki kualitasnya masing-masing dan ciri khas yang berbeda-beda, tentunya jenis kayu diatas mampu bertahan di area luar ruangan serta mampu bertahan dari serangan serangga dan rayap. Akan tetapi karena lantai kayu untuk dipakai di luar ruangan, Anda harus rutin merawatnya.

Harga pasang lantai kayu kolam renang dihitung berdasarkan ukuran dan tingkat kesulitan, untuk kolam renang yang bulat dan kombinasi bulat memanjang memiliki tingkat kesulitan berbeda.

tips kolam renang lebih indah

Sedikit tips bagi Anda yang hendak membuat kolam renang, agar kolam renang terkesan mewah, selain menambahkan lantai kayu pada bibir kolam tersebut, juga pemilihan keramik yang tepat. Memilih keramik untuk kolam renang adalah faktor penting untuk memberikan rasa elegan. Untuk kolam renang dengan keramik type mozaik biasanya berukuran lebih kecil dengan warna polos, dengan demikian tampilan kolam renang menjadi berkelas namun harganya lebih mahal.

Demikian ulasan Kami tentang jenis lantai kayu luar ruangan (outdoor) semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari lantai kayu untuk area luar ruangan. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: