mengenal kayu mahoni mulai dari karakteristik, plus minus, harga hingga manfaatnya

Fakta Unik Tentang Kayu Mahoni Yang Jarang Orang Ketahui

Mengenal Kayu Mahoni – Kayu merupakan sebuah bahan baku yang sering dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di bidang tertentu, baik kontruksi, furniture hingga interior dan eksterior pada hunian atau bangunan.

Diantara banyaknya jenis kayu yang kita ketahui, terdapat salah satu jenis kayu yang tergolong ke dalam favorit para produsen atau pengrajin kayu berkat kualitas, karakteristik dan harganya yang ekonomis, jenis kayu tersebut yaitu kayu mahoni.

Kayu mahoni memang tidak sekuat seperti kayu jati, namun kualitasnya masih layak untuk dipergunakan sebagai olahan kayu yang bagus. Sehingga kayu mahoni ini sering dijadikan sebagai alternatif pengganti kayu jati yang notabene harganya cukup tinggi.

Pohon Mahoni

Pohon mahoni merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari kawasan Hindia Barat yang kemudian menyebar ke berbagai daerah lainnya seperti India, Sarawak, Fiji, Srilanka dan Indonesia. Pohon mahoni tumbuh di Indonesia pada tahun 1872, banyak ditemukan di pulau Jawa.

mengenal pohon mahoni yang tumbuhnya bisa mencapai 40 meter

Pohon Mahoni dapat tumbuh baik di lingkungan air payau yang dekat dengan pantai dan terkena sinar matahari sepanjang tahun. Uniknya, pohon mahoni ini dapat tumbuh meski tidak disiram selama berbulan-bulan. Tinggi pohon mahoni bisa mencapai 40 meter dengan diameter batangnya 120 sentimeter.

Biasanya pohon mahoni dapat dipergunakan jika sudah menginjak usia 15 hingga 25 tahun. Semakin tua umur kayu mahoni, semakin bagus kualitasnya. Bahkan diameternya bisa mencapai 1,5 meter.

Karakteristik kayu mahoni

Kayu mahoni sendiri memiliki karakteristik yang tergolong cukup unik, yang dimana serat kayu alaminya sangat lurus dan padat hampir menyerupai kayu jati perhutani. Serat lurus pada kayu mahoni tersebut membuatnya mudah diolah menjadi aneka bahan baku kebutuhan furniture atau kontruksi.

mengenal karakteristik kayu mahoni khas Jawa

Warna kayu mahoni akan semakin terang bila umurnya sudah tua. Memiliki warna merah hati yang mencolok dengan tekstur permukaan yang cenderung cukup halus. Sehingga tidak membutuhkan bahan poles yang banyak.

Tingkat kekuatan kayu mahoni kelas II dengan tingkat awet kelas III. Kayu mahoni ini dapat diserang oleh rayap, maka dari itu tidak disarankan penempatan kayu mahoni yang bersentuhan langsung dengan tanah. Meskipun kayu mahoni tahan air, tetapi tidak water resistance seutuhnya.

Kayu mahoni perhutani ini bisanya diberi jenis finishing yang terbuat dari water acrylic based. Bahan finishing tersebut dapat membuat warna kayu mahoni tampak terlihat sangat terang dan kinclong. Pemilihan tipe warna mahogany dapat dipertimbangkan karena warnanya sangat alami.

Ketahui juga plus minus kayu mahoni agar bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan kusen, furniture atau lainnya.

Kelebihan kayu mahoni

keunggulan kayu mahoni memiliki serat kayu lurus dan warna eksotis

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu mahoni perhutani ini, diantaranya yaitu :

  • Daya tahan yang stabil, kayu mahoni tidak mudah memuai atau mengalami penyusutan selama puluhan tahun lamanya.
  • Serat kayu yang lurus, halus dan beragam.
  • Kandungan minyak alami yang sedikit
  • Harga kayu mahoni relatif murah bila dibandingkan dengan harga kayu jati.

Kekurangan kayu mahoni

kelemahan kayu mahoni kurang tahan terhadap rayap

Sebelum membeli kayu mahoni dan menggunakannya, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa poin kelemahan kayu mahoni. Diantaranya :

  • Kurang tahan terhadap rayap. Menemukan kayu mahoni dengan usia yang cukup tua memang sangatlah jarang, biasanya kayu mahoni dipanen semenjak usia 4 hingga 7 tahunan, sehingga kualitasnya tidak terlalu baik. Kualitas kayu mahoni terbaik ialah pada usia tua.
  • Terdapat beberapa tahapan untuk menjaga kualitas kayu mahoni. Sebab bahan bakunya harus disimpan dengan baik, dilarutkan kedalam cairan anti rayap, di oven dalam waktu yang cukup lama dan membutuhkan ketelitian pada saat proses finishing.
  • Mengeringkan kayu mahoni dapat memakan waktu yang cukup lama. Kualitas kayu mahoni dapat sebanding dengan kualitas kayu jati bila tingkat keringnya sudah bagus.

Baca juga : Karakteristik & Plus Minus Kayu Rengas

Manfaat Kayu Mahoni Untuk Interior Hunian

Seperti pada kayu kebanyakan, kayu mahoni pun memiliki segudang manfaat untuk berbagai keperluan di bidang interior rumah. Manfaat kayu mahoni tidak hanya dari bijinya saja, tetapi dari olahan kayunya pun sangat bisa diandalkan sebagai aneka ragam kebutuhan manusia. Contohnya seperti di bawah ini :

Lantai parket mahoni

manfaat kayu mahoni untuk lantai parket

Kayu mahoni bisa dimanfaatkan sebagai lantai parket atau lantai kayu indoor pada hunian atau bangunan. Serat kayu alami yang hampir serupa dengan kayu jati dan kualitasnya terbilang cukup bagus, menjadikan kayu mahoni ini dapat diolah menjadi penutup lantai didalam ruangan.

Lantai kayu mahoni umumnya sering diterapkan pada ruang tamu, kamar tidur hingga ruang keluarga karena lantai kayu mahoni memiliki warna yang eksotis dan cantik. Biasanya lantai kayu mahoni ini digunakan sebagai alternatif pilihan selain lantai parket kayu jati.

Baca juga : Daftar Harga Lantai Kayu

Papan trap tangga kayu mahoni

jual papan tangga kayu mahoni

Selain dimanfaatkan sebagai lantai kayu parket, kayu mahoni juga kerap kali dipakai untuk diproduksi sebagai produk penutup anak tangga dirumah. Tangga kayu mahoni ini dapat bertahan cukup lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun bila dirawat dengan baik.

Papan tangga kayu mahoni banyak dijual dengan harga yang tergolong ekonomis. Tampilannya yang elegan dan terkesan alami ini dapat membuat tangga dirumah kalian terlihat menawan dan natural.

Baca juga : Harga Papan Kayu Jati & Merbau

Furniture

Ketimbang dipakai untuk lantai parket dan papan tangga, kayu mahoni lebih sering dimanfaatkan untuk kebutuhan dibidang industri furniture. Para produsen menyukai kayu mahoni karena mudah diolah, diserut dan diukir.

kayu mahoni sering digunakan untuk membuat furniture

Terdapat beberapa barang furniture yang sering dibuat menggunakan bahan baku dari kayu mahoni, diantaranya :

  • Rak
  • Hiasan dinding
  • Meja & kursi
  • Lemari
  • Pintu
  • Kusen jendela
  • Tempat tidur

Tidak jarang kayu mahoni juga dipakai untuk membuat kerajinan tangan seperti patung dan ukiran-ukiran tertentu yang memiliki kesan artistik dan bernilai seni yang cukup tinggi. Serta, kayu mahoni juga dapat digunakan untuk membuat peti.

Baca juga : Macam-Macam Furniture Yang Terbuat Dari Kayu Jati

Harga Kayu Mahoni

daftar harga kayu mahoni per meter

Harga kayu mahoni umumnya lebih terjangkau bila dibandingkan dengan harga kayu jati per meter atau per kubik. Sehingga kayu mahoni mudah didapatkan karena harganya lebih ekonomis.

Harga log kayu mahoni sekitar 500 ribu hingga 600 ribuan, sedangkan harga kayu mahoni per lembar sekitar 24 ribu hingga mencapai 72 ribu. Dengan harga segitu, tentunya mudah di jangkau oleh berbagai kalangan untuk memenuhi kebutuhan interior hunian mereka.

Baca juga : Harga Kayu Bengkirai

Bagaimana, tertarik ingin menggunakan kayu mahoni?

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai karakteristik kayu mahoni, kelebihan dan kekurangan, harga hingga manfaatnya dan perbandingan kayu mahoni dengan mahogany. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi kalian ya. Cukup sekian dan terimakasih.