mengenal lantai kayu sonokeling, si hitam yang eksotis

Mengenal Lantai Kayu Sonokeling, Si Hitam Manis Nan Eksotis

Hargaparket.com – Wood flooring specialis,contractor & supplier. Menyediakan informasi terbaru harga lantai kayu sonokeling,si Hitam yang eksotis. More info : Maurin : 081-222-464-280

Akhir-akhir ini banyak sekali yang mencari lantai motif kayu yang elegan dan menawan. Meskipun saat ini sudah banyak produk penutup lantai yang bermotifkan kayu, tetapi tidak sedikit orang yang menyukai dengan lantai kayu solid yang notabene motif kayunya alami dan khas.

Terdapat salah satu produk yang memiliki tampilan yang eksotis yaitu lantai kayu sonokeling. Apakah kalian sudah pernah dengar sebelumnya? yap, jenis lantai yang satu ini memang cukup jarang digunakan karena produksinya yang kurang banyak.

Meskipun begitu, lantai kayu sonokeling ini bisa dijadikan alternatif pilihan terbaik selain lantai kayu merbau atau lantai kayu jati yang kualitas dan tampilannya tidak kalah saing. Berikut inilah dia penjelasannya dibawah ini :

Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling adalah kayu asli Indonesia,warnanya hitam ada sedikit corak putih pada serat kayunya. Orang jawa biasa menyebutnya kayu “sanakeling”. Kayu sonokeling termasuk jenis kayu keras yang mulai langka.

keindahan pohon kayu sonokeling

Kayu mewah asal jawa ini menjadi primadona bersama dengan kayu Jati,namun keberadaannya yang mulai langka, kita tidak bisa menjumpai secara bebas jenis kayu ini. Di habitat aslinya (jawa) kayu sonokeling tumbuh lebih lambat dari kayu Jati,tinggi bisa mencapai 20 – 40 meter dengan diameter 1,5 meter.

Selain pertumbuhannya yang lambat, kayu sonokeling juga di jual dengan harga yang lumayan mahal. Sehingga tak heran jika harga lantai kayu sonokeling di bandrol dengan harga yang mahal juga.

Karakteristik kayu sonokeling

Jenis kayu yang dapat kita jumpai di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini dikategorikan sebagai kayu keras. Berat jenisnya sendiri bisa mencapai 0.77 hingga 0,86 dengan kadar air mencapai 15%. Kayu sonokeling ini mempunyai tekstur yang halus dengan serat kayu alami yang bermacam-macam, terdapat serat kayu yang lurus dan ada juga yang bergelombang.

mengetahui karakteristik kayu sonokeling

Pada bagian tengah kayu sonokeling, terdapat warna cokelat hitam keungu-unguan, beberapa ada yang berwarna cokelat tua dengan corak yang loreng. Sedangkan pada bagian pinggirnya berwarna putih atau putih kekuningan dengan ketebalan kayu mencapai 5 cm.

Meskipun kayu sonokeling dikategorikan sebagai kayu keras, tetapi jenis kayu ini bisa diolah jika menggunakan mesin. Bisa dibubut, dipelitur dan memiliki kelebihan yang dapat mengikat sekrup dengan baik, sehingga tidak akan mudah rusak pada bagian area yang disekrup.

Plus minus kayu sonokeling

Kelebihan kayu sonokeling : 

  1. Serat kayunya indah
  2. Berkualitas tinggi
  3. Warnanya unik
  4. Tidak mudah lapuk
  5. Tahan terhadap rayap

Kekurangan kayu sonokeling : 

  1. Kadar airnya tinggi
  2. Kayunya mulai langka
  3. Harganya mahal, tetapi masih tergolong murah jika dibandingkan dengan harga kayu jati

Rekomendasi lantai Kayu Sonokeling

Lantai kayu sonokeling bisa digunakan untuk area indoor maupun semi-outdoor, rata-rata cocok untuk type desain rumah manapun. Cocok juga untuk semua warna dinding. Warnanya yang hitam tak lekang dimakan waktu.

rekomendasi lantai kayu sonokeling harga murah
Produk flooring sonokeling

Serat kayunya yang hampir menyerupai kayu jati, padat dan lurus, serta memiliki tampilan yang sangat eksotis layaknya lantai kayu merbau, membuat lantai kayu sonokeling ini sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. Terlebih lagi parket sonokeling ini bisa menyesuaikan dengan konsep hunian yang kita pakai.

Ukuran lantai kayu sonokeling. Lantai kayu sonokeling memiliki tebal 1,2 cm, lebar 4,5 cm dan panjang 19 cm s.d 30 cm. Dengan ukuran itu lantai kayu sonokeling tidak mudah melenting, memuai atau menyusut. Dilengkapi dengan pengunci T & G sehingga lebih kuat menempel diatas lantai dan jalinan kuat antara satu parket dengan yang lainnya. Pemasangan seperti fuzzle yang disusun disetiap ujungnya sesuai kunciannya.

lantai kayu sonokeling

Lantai kayu sonokeling bisa dijadikan solusi dan alternatif pilihan selain lantai kayu jati dan lantai kayu merbau. Karena jenis lantai kayu yang satu ini sangat unik dan berbeda dari yang lain. Bakal cocok nih buat kalian yang ingin memiliki tampilan rumah yang beda (Eksklusif) tanpa perlu mengurangi sifat alami pada lantai kayu itu sendiri.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Jati Per meter 2021

Harga Lantai Kayu Sonokeling

 

Jenis lantai kayu Ukuran (cm) harga
Flooring Sonokeling Grade A 1,5 x 9 x 40 – 70 cm Rp. 550.000/M²
 Flooring Sonokeling Grade B 1,5 x 9 x 30 – 90 cm Rp. 420.000/M²
 Flooring FJL 1,5 x 10 x  30 – 90 cm Rp. 350.000/M²

*Harga diatas belum termasuk dengan biaya pemasangan

Keterangan lain-lain : Lantai kayu sonokeling grade B ini tidak semuanya hitam, ada bagian permukaannya yang berwarna putih, dijual dalam kondisi unfinish yaitu tidak 100 % siap pakai, butuh beberapa tahapan lagi pada proses pemasangan sebelum benar-benar bisa digunakan.

Selain itu, dikarenakan produksinya tidak banyak. Diharapkan jika kalian ingin memesan, order terlebih dahulu dari jauh hari.

Informasi Selengkapnya : Harga Lantai Kayu 2021 & Daftar Biaya Pemasangannya

GRATIS SURVEY, PENGUKURAN & KONSULTASI.

Kontak Marketing :
Maurin
Tlp/WA : 081-222-464-280

Alasan Kenapa Harus Memilih Lantai Kayu Sonokeling

rekomendasi flooring parquet sonokeling

Terdapat beberapa mengapa kami merekomendasikan lantai kayu sonokeling ini kepada Anda, diantaranya yaitu :

  • Bila dilihat dari segi kualitas, kayu sonokeling ini tidak jauh berbeda dengan kayu jati. Memiliki tingkat keras dan kuat kelas II dengan tingkat keawetan kelas II.
  • Dari segi tekstur dan tampilannya kayu sonokeling ini mempunyai tekstur yang halus dengan penampilan yang unik dan menarik, berbeda dengan jenis kayu kebanyakan.
  • Dikarenakan kayu yang berasal dari pulau Jawa ini memiliki pola-pola yang indah, berwarna ungu dengan corat-coret hitam dan hitam keungu-unguan dengan campuran warna putih yang sedikit, membuat kayu yang indah nan bernilai tinggi ini sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk keperluan mebel dan dijadikan lantai kayu.
  • Yang membuat harga lantai kayu sonokeling ini mahal karena kayunya yang sudah mulai langka, ditambah lagi produksinya yang tidak banyak serta memiliki tampilan yang berbeda dengan jenis kayu lain yang ada di Indonesia.
  • Sayangnya, untuk saat ini penggunaan lantai kayu sonokeling jarang sekali ditemukan, hanya beberapa saja. Hal ini lantaran kayu sonokelingnya yang sudah langka. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kami masih mempunyai stok lantai kayu sonokeling yang dulu, sehingga Anda masih bisa berkesempatan untuk mendapatkannya. Jangan khawatir juga, bahwa produk kami langsung diambil dari Perhutani dan sudah memiliki surat izin.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai lantai kayu sonokeling beserta harganya, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya, terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *