9 Cara Merawat Lantai Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

9 Cara Merawat Lantai Kayu Agar Awet Tahan Lama – mengkilap dan enak dipandang. Tips dan trik yang akan kami share ini bisa dilakukan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Penting untuk mengetahui cara merawat lantai kayu terutama bagi mereka yang sudah memasangnya. Dengan mengetahui cara perawatannya maka lantai kayu akan awet,tahan lama,mengkilap alami,menarik,enak dipandang,sejuk dan menyehatkan.

Cara merawat lantai kayu

Merawat lantai kayu bisa dikatakan gampang-gampang susah,pasalnya jika tidak dilakukan secara rutin maka lantai kayu akan kusam,cepat rusak dan kotoran semakin menumpuk disela-sela kayu. Jadi, jangan hanya memakainya namun malas untuk merawat. Sesuatu hal yang dirawat dengan baik maka manfaatnya bukan buat siapa-siapa. dan akan memberikan nilai yang baik pula sebagai timbal baliknya.

Lantai kayu yang terawat dengan baik akan mempercantik area indoor maupun outdoor rumah Anda. Parket yang terpasang di ruang keluarga akan menjaga kesehatan Anda dan keluarga tercinta.

Cara merawat lantai kayu parket
Gambar : Lantai kayu yang terawat dengan baik akan terlihat bersih,rapih,mengkilap dan sejuk.

Berikut ini 9 cara merawat lantai kayu agar tetap awet,tahan lama,mengkilap dan enak dipandang.

  1. Lantai kayu yang sudah terpasang,jangan terkena sinar matahari langsung. Sinar UV yang terdapat pada Matahari akan merusak lapisan terluar dari lantai kayu parket.
  2. Lakukan perawatan secara berkala setiap hari,setiap minggu,setiap bulan bahkan setiap tahun. Masing-masing rentang waktu ada schedul nya apa saja yang harus dirawat.
  3. Lakukan coating ulang jika lantai kayu sudah terlihat buram.
  4. Coating ulang biasanya dilakukan setiap setahun sekali atau dua tahun sekali bergantung situasi dan kondisi lantai kayu Anda.
  5. Lakukan penggantian parket yang rusak hanya oleh ahli yang mumpuni. Seperti kita ketahui bahwa pemasangan lantai kayu dilakukan seperti menyusun fuzle,jangan sampai niat mengganti parket yang rusak malah semuanya ikut terbongkar.
  6. Hindari dari tumpahan air atau mengepel lantai kayu dengan air.
  7. Segera bersihkan jika ada genangan air,jangan tunggu air hilang karena merembes. Menghindari genangan air diyakini akan menambah umur parket,pastikan untuk selalu kering,baik di permukaannya maupun dibagian dasarnya.
  8. Sekali-kali lakukan pengecekan secara menyeluruh. Pastikan lantai kayu Anda tidak ada yang rusak,keropos,termakan rayap,atau warnanya kusam.
  9. Perhatikan lokasi,suhu dan kelembaban ruangan. Untuk area kamar tidur yang lembab dapat dilakukan penyesuaian suhu dengan membukan jendela lebar-lebar dipagi hari. Pastikan sinar matahari tidak langsung menyentuh permukaan parket.

Dapat disimpulkan bahwa cara merawat lantai kayu diatas dapat dilakukan sendiri secara rutin,semoga artikel ini menjadi referensi dalam merawat lantai kayu agar tetap awet terjaga. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai dengan selesai,semoga bermanfaat.

Baca Juga :

KONSULTASI GRATIS !
Hubungi Bapak NANDANG Tlp. 081-2204-1996

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *