Pentingnya mengetahui cara mengawetkan kayu yang benar

#Hargaparket.com – Negara kita Indonesia terletak di wilayah tropis,disini pentingnya mengetahui cara mengawetkan kayu yang benar sesuai dengan iklim Indonesia. Sebenarnya kondisi tropis sangat tidak baik dalam industri lantai kayu.

Kuncinya terletak pada cara pengawetan kayu yang benar,awet tidaknya kayu tergantung dari langkah-langkah dalam proses pengawetan. Indonesia adalah negara kepulauan dengan garis khatulistiwa yang membelah utara dan selatan,Indonesia beriklim tropis dengan sebutan hutan hujan tropis.

Ciri hutan hujan tropis adalah kecepatan dekomposisi material organik yang cepat yang dipengaruhi oleh faktor biotik dan abiotik. Yang mempengaruhinya adalah suhu dan kelembaban yang selanjutnya dapat meningkatkan metabolisme dan proses biokimia seperti dekomposisi.

Selain suhu dan kelembaban,faktor lain adanya organisme dekomposer seperti jamur,rayap dan binatang pengerat kayu lainnya. Dengan demikian industri kayu sangat rentan mengalami kerugian. Para pengusaha penyedia kayu dan pengolah kayu harus berfikir keras agar tidak terlalu banyak kerugian yang diakibatkan proses alami ini.

Di Indonesia sendiri pengawetan kayu hanya dilakukan oleh perusahaan besar,sedangkan dimasyarakat kurang begitu faham akan pentingnya pengawetan kayu. Proses pengawetan kayu ditujukan supaya kayu tidak rusak oleh proses alami biotik dan abiotik. Ada treatment kayu seperti di negara maju dalam hal pengawetan kayu.

mesin pengawet kayu
Mesin pengawet kayu

Proses pengawetan atau treatment kayu ini selain menambah keawetan juga meningkatkan harga jual seperti di India yang mengalami lonjakan harga jual hingga 20% pada kayu yang sudah di treatment. Kayu yang sudah diawetkan bisa bertahan 4 hingga 8 kali lebih lama.

Dari uraian diatas jelas penting sekali proses pengawetan ini dilakukan yang akan memberikan hasil yang baik. Perlu diketahui bahwa cara pengawetan harus dilakukan dengan benar. Seperti yang sudah dilakukan perusahaan Rajawali Parquet,dan dapat dipastikan bahwa semua produk yang dilepas ke pasaran dijamin kualitas dan keawetannya. Sebaliknya,cara pengawetan yang salah hanya sia-sia yang kita dapat banyak dana dan material yang terbuang percuma.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang proses pengawetan kayu silahkan konsultasikan dengan staff marketing. Yang jelas,dalam proses pengawetan kayu dibutuhkan dukungan dan teknik yang tepat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *